Oleh: hurahura | 31 Desember 2016

Gua-gua Hunian pada Masa Prasejarah Di Sarolangun, Jambi

goa-01Figur antropomorfik di Gua Sungai Lului
(Dok. Sandi)

Wilayah Jambi telah menarik minat para peneliti prasejarah sejak ditemukannya artefak litik dari batuan obsidian di Gua Ulu Tiangko (di sejumlah literatur asing disebut Ulu Chanko ) oleh A. Tobler pada 1913 (Heekeren, 1972). Berbekal kedua investigasi prasejarah paling awal di wilayah Jambi tersebut, pada 1974 B. Bronson dan T. Asmar melakukan ekskavasi di sebuah gua yang menurut mereka merupakan lokasi J. Zwierzycki mengumpulkan artefak obsidian, yaitu Gua Tiangko Panjang (Bronson dan Asmar, 1975). Pada 2015 Balai Arkeologi Palembang melakukan survei arkeologis di wilayah Kabupaten Sarolangun. Sejumlah data baru yang sangat menarik bagi kajian prasejarah berhasil diidentifikasi selama survei.

Survei arkeologi menghasilkan data keletakan 22 lokasi gua yang tiga di antaranya dapat dikategorikan sebagai situs prasejarah. Situs yang dimaksud berdasarkan tinggalan arkeologis di antaranya Gua Air Lului, Gua Kerbau, dan Gua Mesiu.


“Rock Art”

Situs Gua Air Lului terletak di Desa Napal Melintang, Kecamatan Limun, Kabupaten Sarolangun. Di celah gua bagian tengah terdapat rock art berbentuk figur dan geometris berwarna hitam. Tanah di bagian dalam gua ini mempunyai tekstur lepas berpasir halus dan tidak basah.

Situs kedua adalah Gua Kerbau. Namanya memang aneh. Dikabarkan sejak lama masyarakat sekitar menggunakan gua ini sebagai tempat peristirahatan (kandang kerbau). Pada Gua Kerbau juga ditemukan rock art dengan gambar figur dan hewan dengan warna hitam dan putih. Gambar ini terdapat di mulut bagian langit–langit gua.

goa-02

Figur antropomorfik di Gua Kerbau
(Dok.  Sandi )

Situs ketiga adalah  Gua Mesiu.  Berbagai artefak batu berhasil dikumpulkan dari lantai gua, terdiri atas 169 artefak obsidian dan 22 artefak dari batuan lainnya. Keseluruhan artefak merupakan bekas aktivitas penyerpihan ekstraksi (debitage). Metode penyerpihan yang muncul terbatas pada pola ekstraksi volume batu inti secara sederhana melalui pangkasan satu arah dan segala arah. Pola debitage tersebut cukup dominan ditemukan pada situs-situs gua di Nusantara (e.g. Forestier 2007; Simanjuntak 2015; Simanjuntak et al. 2004; Guilland 2006).

Tampaknya gua ini pernah didatangi masyarakat masa sekarang.  Terlihat adanya berbagai coretan dan  sisa bekas burung walet.


Daftar Pustaka

Bronson, Bennet, dan Teguh Asmar. 1975. “Prehistoric investigations at Tianko Panjang Cave, Sumatra,” Asian Prespectives 18 (2): 128-45.

Fauzi, Muhammad Ruly. 2016. “Beberapa hasil awal penelitian arkeologi di kawasan kars Bukit Bulan, Sarolangun.” Jurnal Arkeologi Siddhayatra volume 21 (1): hal 1-17.

Prasetyo, Sigit Eko. 2014. “Survei Potensi Gua di Provinsi Jambi.” Laporan Penelitian Arkeologi. Palembang: Balai Arkeologi Palembang.

Wiradnyana, Ketut. 2011. Prasejarah Sumatra Bagian Utara: Kontribusinya pada Kebudayaan Kini. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Fauzi, Muhammad Ruly, Sigit Eko Prasetyo, M. Fadhlan S. Intan, Wahyu Andhifani, dan Ade Oka Hendrata. 2015. “Survei Arkeologis Potensi Gua di Provinsi Jambi Tahap ll,” Laporan Penelitian Arkeologi. Palembang: Balai Arkeologi Palembang.

Simanjuntak, Truman, Bagyo Prasetyo, Anjarwati Sayekti, Harry Widianto, Etik Mahaereni, M. Fadhlan S. Intan, dan Retno Handini. 2004. Prasejarah Gunung Sewu. Diedit oleh Truman Simanjuntak, Retno Handini, dan Bagyo Prasetyo. Jakarta: Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia.

Laksamana, Esa Erlangga. 2005. Stasiun Nol ” Teknik-Teknik Pemetaan Dan Survey Hodrologi Gua”. Megalith Books Dan Acintyacunyata Speleological Club Jogjakarta.

Forestier, Hubert. 2007. “Les eclats du passe prehistorique de Sumatra: une tres longue histoire des techniques.” Archipel, Archeologie a Sumatra, 74 : 15-44.

**********

Penulis: Kurnia Sandi
Mahasiswa Jurusan Arkeologi Universitas Jambi

Tinggalkan Balasan

Kategori

