Oleh: hurahura | 7 Agustus 2010

Diduga Situs Benteng Kuno Kota Tua

KOMPAS – Kamis, 5 Agustus 2010 – Sebuah sumur tua di Jalan Tiang Bendera Raya, Kelurahan Roa Malaka, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, diduga menjadi bagian dari sebuah benteng kuno. Pemilik sumur, Zaidin, Rabu (4/8), menuturkan, susunan batu bata yang sudah berlumut dan batu andesit yang terdapat di dalam sumur menunjukkan adanya struktur suatu bangunan.

“Sumur itu sudah ada sejak zaman ayah saya kecil. Usia ayah saya sekarang 75 tahun,” ujar Zaidin. Menanggapi temuan itu, Kepala Seksi Penataan, Pengembangan, dan Publikasi UPT Kota Tua Norviadi S Husodo mengatakan, dugaan temuan itu akan ditindaklanjuti dengan penelitian untuk mengkaji perlu tidaknya dilakukan penggalian.

“Kami akan menyesuaikan dulu antara peta baru dan peta lama untuk mengetahui apakah bangunan di dalam sumur itu bagian dari benteng Kota Tua atau obyek bersejarah lainnya,” kata Norviadi. Salah satu acuan yang akan digunakan adalah buku Historical Sites of Jakarta karangan Adolf Heuken. Melihat lokasinya, bangunan itu bisa jadi bagian dari sisi barat benteng Kota Tua Jakarta. Namun, dilihat dari peta kuno, lokasinya agak jauh dari benteng yang mengitari kawasan itu.(FRO)


Responses

  1. wew..makin banyak temuan ya…asal jgn terlalu ekskavasinya, malah mencurigakan hehehe

  2. Malam pak,sumur tsb mungkin hubg dgn sisa reruntuhan keraton? Pangeran Jayakarta yg menurut peta Belanda kuno berada. Dekat jln Malaka? Dan literatur menjebutkan di dekat sungai ,pas belakang jln Tiang bendera ada sungai,yg mengalir ke Muara Baru dan berada di sepanjang “gedong panjang”.nama Tiang Bendera apakah dulu disana ada Tiang pengibaran bendera??Tqu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: