Oleh: hurahura | 21 November 2013

PENINGGALAN BERSEJARAH: Bangkai Kapal Selam Jerman di Karimunjawa

Hitler-01Temuan arkeologi dari dasar laut (Koleksi Pusat Arkeologi Nasional)

Kompas, Kamis, 21/11/2013 – Kapal selam Jerman dari jenis U-Boat (unterseeboot) bernomor U-168 ditemukan di wilayah perairan Taman Nasional Karimunjawa. Temuan itu memunculkan tanda tanya, apa peran Jerman di wilayah perairan Nusantara pada masa Perang Dunia II.

Temuan berawal dari laporan para penyelam lokal tahun lalu. ”Kami menemukan identitas itu bangkai kapal selam Jerman,” kata Ketua Tim Peneliti dari Pusat Arkeologi Nasional Bambang Budi Utomo, Rabu (20/11), di Jakarta. Lokasi bangkai kapal sekitar 96 kilometer dari Karimunjawa di kedalaman 19 meter.

Literatur Pemerintah Jerman menyebut, pada masa PD II ada dua kapal tenggelam di perairan Indonesia. Kapal U-168 tenggelam tahun 1944, sedangkan U-183 tenggelam tahun 1945.

Data misi U-Boat menyebutkan, armada kapal selam Jerman pernah berada di perairan Laut Jawa, Laut Australia, dan Samudra Hindia. ”Misi Jerman terkait persekutuan Jepang-Jerman menghadapi sekutu,” katanya.

Kajian Pusarnas, Jerman punya ”pangkalan” di Pulau Penang Malaysia, Jakarta, dan Surabaya.

Kapal selam tenggelam akibat torpedo. Lubang bekas torpedo berada di ruang kontrol.

Menurut Bambang, bangkai kapal itu temuan besar. Sejumlah artefak ditemukan, seperti piring makan, cangkir, kacamata, teropong, aki, dan alat selam.


Terkait Nazi?

Kapal U-Boat itu diduga armada kapal perang Nazi Jerman meski belum ditemukan lambung kapal. Dugaan ada dari beberapa sampel berciri simbol Nazi, seperti lambang burung mencengkeram lambang swastika. Lambang itu ditemukan di bagian dasar piring makan.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama Untung Surapati mengatakan, pihaknya belum dihubungi pihak Pusarnas terkait temuan itu. U-Boat itu bagian dari gugus tugas Monsoon yang berpangkalan di Penang, Singapura, Batavia, dan Surabaya.

Kompas pernah menulis ”Hitler dan Kapal Selam Jerman di Nusantara”. Ditulis kiprah U-Boat di Nusantara semasa penjajahan Jepang. Fasilitas rekreasi bagi awaknya di perkebunan teh Arcadomas di Gadog, Jawa Barat. Kini, Kedutaan Besar Jerman di Jakarta baru akan membahas temuan itu. (IND/ONG/DHF)

Iklan

Responses

  1. Reblogged this on mangga sumping di kota hujan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori