Oleh: hurahura | 22 Juni 2011

Pameran “Selamatkan Bukti Sejarah”

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Arie Budiman didampingi Kepala Balai Konservasi Candrian Attahiyyat (Foto: Koleksi Rio Baruna di FB)

Akhir-akhir ini bermunculan komunitas pencinta sejarah, pencinta bangunan tua, pencinta heritage dan komunitas lainnya yang intinya mengusung pelestarian sejarah. Kondisi seperti ini sangat membantu pemerintah dalam upaya melaksanakan Undang-undang Cagar Budaya No. 11 Tahun 2010. Dalam undang-undang tersebut memang diamanatkan bahwa pelestarian cagar budaya merupakan tanggung jawab pemerintah dan masyarakat. Untuk menjaga semangat para pencinta heritage ini, Balai Konservasi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menyelenggarakan “Conservation: Save Our Cultural Heritage” .

Kegiatan diawali dengan pameran yang diberi tema “Selamatkan Bukti Sejarah”. Menurut Kepala Balai Konservasi Candrian Attahiyyat, dalam pameran tersebut disajikan selusin artefak dari temuan arkeologi di Jakarta yang selama ini tidak pernah dipamerkan di mana pun karena kondisinya sudah rusak parah dan memerlukan penanganan konservasi.

Artefak-artefak yang dipamerkan adalah model patung dirgantara, kayu cerucuk, jangkar, rel trem, kayu tiang, pintu penjara wanita, brankas, batu 1639, atap menara gedung, dan balok kayu penyangga. Pameran ini dibuka pada 18 Juni 2011 oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budiman dan berlangsung hingga 18 Juli 2011.

Selain pameran, setiap Sabtu dan Minggu diselenggarakan workshop untuk mendapatkan pengetahuan populer tentang tips bagaimana merawat koleksi benda kenangan pribadi. Setiap kelas workshop akan dibatasi maksimal 20 peserta.

Masih dalam rangkaian Pekan Museum Jakarta, Museum Sejarah Jakarta menampilkan pameran “Jakarta: Evolusi Kota yang Menakjubkan”. Sementara Museum Seni Rupa dan Keramik mengusung tema “10 Warna Jakarta”. Pameran juga diikuti Museum Wayang dan Museum Bahari. Khusus Pekan Museum Jakarta ini berlangsung hingga 25 Juni 2011. (djulianto susantio)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori