Oleh: hurahura | 27 Januari 2011

Seminar Sehari: Rencana Sertifikasi Tenaga Arkeologi

Sebagian peserta seminar berfoto bersama di akhir acara (koleksi Nusi LE)

Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) bekerja sama dengan Direktorat Jendral Sejarah dan Purbakala menyelenggarakan seminar sehari ‘Rencana Sertifikasi Tenaga Arkeologi’ di Museum Nasional, Rabu, 26 Januari 2011. Kegiatan ini diikuti sekitar 70 arkeolog, termasuk perwakilan dari beberapa komda di Jawa dan luar Jawa.

Diberlakukannya Undang-undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya, membawa konsekuensi hukum dalam penanganan dan pelaksanaan pekerjaan pelestarian terhadap cagar budaya. Sesuai dengan ketentuan umum dalam beberapa pasal, maka harus terdapat tenaga profesional yang memiliki sertifikat.

Tenaga profesional yang dimaksud adalah tim ahli cagar budaya dan tenaga ahli pelestarian. Tim ahli cagar budaya adalah kelompok ahli pelestarian dari berbagai bidang ilmu yang memiliki sertifikat kompetensi untuk memberikan rekomendasi penetapan, pemeringkatan, dan penghapusan cagar budaya. Sementara tenaga ahli pelestarian adalah orang yang karena kompetensi keahlian khususnya dan/atau memiliki sertifikat di bidang perlindungan, pengembangan, atau pemanfaatan cagar budaya. Hal-hal itulah yang melatarbelakangi diadakannya seminar.

Seminar dibuka oleh Dirjen Sejarah dan Purbakala Aurora Tambunan. Lima makalah disajikan dalam forum ini, yakni Marsis Sutopo (Sertifikasi Tenaga Pelestari Cagar Budaya), Surono (Mekanisme dan Prosedur Sertifikasi Kompetensi), Karnaya (Sertifikasi Keahlian Arsitek), Ani Insani (Penyusunan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Pariwisata), dan Rohadi (Sertifikasi di Himpunan Desain Interior).

Pembacaan kesimpulan seminar dilakukan oleh Direktur Purbakala, Junus Satrio Atmodjo. Ketua Umum Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia, Hari Untoro Drajat, berkenan menutup seminar sehari ini.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: