Oleh: hurahura | 29 Agustus 2013

BANTEN LAMA: PKL di Sekitar Situs Mengganggu Penelitian

Kompas, Kamis, 28 Agustus 2013 – Keberadaan pedagang kaki lima di sekitar Situs Banten Lama di Kabupaten Serang, Banten, kerap menimbulkan ketidaknyamanan bagi para peneliti. Banyaknya PKL menimbulkan suara bising sehingga mengganggu proses penelitian.

Peneliti dari Pusat Arkeologi Nasional yang intens meneliti Situs Banten Lama, Naniek Harkantiningsih, Rabu (28/8), di Jakarta, mengatakan, pedagang kaki lima (PKL) yang sangat banyak di sekitar Situs Banten Lama sebaiknya dikelola agar memberikan manfaat bagi pengunjung tanpa mengganggu penelitian yang tengah berlangsung.

November tahun ini, Naniek bersama tim dari Singapura dan Boston, Amerika Serikat, akan kembali melakukan penggalian di sekitar Benteng Speelwijk, salah satu bagian Situs Banten Lama.

Selain gangguan akibat keberadaan PKL, Naniek mengatakan, penelitian juga kerap terganjal oleh warga yang merasa memiliki lahan di lokasi situs. Mereka bahkan tidak sungkan meminta sejumlah uang untuk memuluskan penelitian.

”Karena itu, penggalian yang dilakukan selama ini hanya dilakukan di atas tanah milik pemerintah,” katanya.

Sonny Wibisono, peneliti dari Pusat Arkeologi Nasional yang juga intens meneliti Situs Banten Lama, menuturkan, pemerintah setempat memiliki peran besar dalam pengelolaan situs, termasuk masyarakat di sekitar situs.

Situs Banten Lama terdiri dari kompleks Keraton Surasowan, kompleks Masjid Agung, Masjid Pacinan Tinggi, kompleks Keraton Kaibon, Masjid Koja, Benteng Speelwijk, Kelenteng China, dan Watu Gilang, tempat pelantikan sultan-sultan Banten.

Luas keseluruhan Situs Banten Lama diperkirakan mencapai 10.000 meter persegi. (DOE)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori