Oleh: hurahura | 22 September 2010

Tiga Perahu Kuno Ditemukan di Bengawan Solo

Kompas Jawa Timur, Senin, 20 Sep 2010 – Tiga perahu yang diduga kuno ditemukan terpendam di dasar Bengawan Solo, tepatnya di Desa Panjunan, Kecamatan Kalitidu, dan Kecamatan Malo, Bojonegoro.

“Kami masih belum bisa mengangkat tiga perahu di dasar Bengawan Solo yang diperkirakan kuno itu karena terbentur dana,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bojonegoro Djindan Muhdin di Bojonegoro, Minggu (19/9).

Satu perahu yang terpendam tersebut ditemukan Dewan Purbakala Bojonegoro pada musim kemarau ini, sedangkan dua perahu lain ditemukan penambang pasir di wilayah Kecamatan Malo. Diperkirakan tiga perahu tersebut berusia ratusan tahun dilihat dari perkiraan panjang perahu.

Dari identifikasi awal yang bisa dilakukan, diperkirakan panjang perahu mencapai 30 meter dengan lebar empat meter. Menurut dia, perahu tersebut lebih panjang dibandingkan dengan temuan perahu kuno pada tahun 2006 di Desa Padang, Kecamatan Malo, yang diketahui berasal dari Thailand pada tahun 1312.

Perahu kuno tersebut berbeda dengan perahu sekarang yang biasa dimanfaatkan masyarakat di Bengawan Solo yang panjangnya tidak lebih dari 10 meter. “Kalau sekarang ujung perahu tidak kelihatan karena Bengawan Solo airnya sedang naik,” ujar Djindan.

Dia mengatakan belum bisa memastikan kemungkinan pada musim kemarau mendatang, tiga perahu kuno temuan tersebut bisa diangkat. “Kalau memang ada dana kemungkinannya bisa saja temuan itu langsung diangkat dari Bengawan Solo,” ucapnya. (ANTARA)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: