Oleh: hurahura | 26 April 2010

Tulisan Kuno Dewanagari dan Pallawa

Di Indonesia banyak ditemukan prasasti yang beraksara Dewanagari dan Pallawa. Kedua aksara ini berasal dari India. Pengaruh India memang begitu kuat di Indonesia pada awal abad Masehi. Di samping itu ada juga aksara Sansekerta, yang juga berasal dari India.

Ketiga tulisan kuno ini dipelajari oleh para epigraf, sebutan untuk pakar yang mempelajari tulisan kuno. Di Indonesia bidang epigrafi menjadi subdisiplin dari ilmu arkeologi.

Tulisan kuno juga dipelajari oleh para filolog, sebutan untuk pakar naskah kuno. Di negara kita filologi merupakan bagian dari Sastra Nusantara.

Sebenarnya epigrafi dan filologi tidak jauh berbeda. Kedua ilmu sama-sama mempelajari tulisan kuno. Yang membedakan hanya sarana untuk menulis. Epigrafi mempelajari tulisan kuno yang dipahatkan pada batu dan logam. Sementara filologi mempelajari tulisan kuno yang diterakan pada daun tal (rontal, dikenal sebagai lontar), daluwang, bambu, dan sebagainya.

Kita belum memiliki website tentang tulisan-tulisan kuno. Namun ada sejumlah website dari mancanegara yang menyediakan hal tersebut. Kita bisa belajar dari website ini. Apalagi mengingat jumlah epigraf dan filolog yang kita miliki, sangat sedikit. Sebaliknya prasasti dan naskah yang memerlukan penanganan, sangat banyak jumlahnya.

Untuk belajar aksara Dewanagari, Anda bisa membuka website ini, www.avashy.com. Banyak penjelasan berguna terdapat di dalamnya.

Untuk belajar aksara Pallawa, silakan lihat gambar-gambar di bawah.

(sumber: skyknowledge.com)


Aksara Pallawa dari Sumber Lain






Responses

  1. susah jua ya…

  2. TULISAN PADA BATU NISAN KRT. JAYADININGRAT I DI MAKAM GUNUNG AMBALAN BANTUL TIDAK MIRIP HURUF PALLAWA INI, BERARTI HURUF JAWA KUNO, TAPI SULIT JUGA…..NGGAK RAPI/SUNU WONOGIRI

  3. di nusantara prasasti,dsb yg braksara pallawa itu lebih banyak di bandingkn di india bagian slatan,di bagian2 india lainnya devanagari yg mirip aksara jawa kawi,nusantara lebih tua pradabannya.

  4. nusantara itu pusat pradaban sblum n ssudah masehi trmasuk aksaranya. Aksara2 di dunia itu trmasuk aksara latin adalah ‘modifikasi’ dan atau pnyederhana bentuk dari brmacm2 varian aksara2 nusantara.

  5. oleh pakr2 pnjajah pndiri krajaan salakanagara rajany dari india selatan namun tidak ada bukti adanya prkmpungan lama india,kalau prkmpungan lama arab dan cina itu ada,termasuk ada di kotaku. Apakah tidak ada orang salakanagara waktu itu yang layak jadi raja sehingga repot2 ambil menantu orang india pendatang?. Capeee dech..

  6. link download font pallava ada tidak mas

  7. Font untuk aksara pallawa nya ada gak?, soalya saya sudah mencarinya tapi tidak ada


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: