Oleh: hurahura | 25 Januari 2011

Bangunan Bersejarah Terancam di Kiev

erabaru.net, Minggu, 23 Januari 2011 – Sekelompok masyarakat melakukan reli didepan gedung Departemen Kebudayaan Ukraina, atas tuduhan pihak berwenang yang tidak melestarikan bangunan tua. Mikhail Andreev, adalah pemandu di Kiev, dan telah memotret kota itu selama tiga puluh tahun. Menurutnya, banyak gedung-gedung tua yang telah hilang dari ingatannya.

[Mikhail Andreev, Peserta Aksi]:
“Mereka mulai mengusir orang secara bertahap, kemudian memasang jaring disekitar bangunan, sampai bangunan itu mati. Semua komunikasi terputus, jelas segalanya jadi dingin. Dindingnya retak, lantainya jebol, dan bangunan mati dalam sunyi.”

Menurut pengunjuk rasa, cara-cara menyingkirkan bangunan antara lain adalah dengan menyegelnya, atau menghapusnya dari daftar contoh arsitektur.

[Eugene Carp, Peserta Aksi]:
“Ada prosedur gelap tertutup, yang tidak diketahui baik oleh wartawan maupun warga Kiev. Yaitu saat para arsitek berkumpul dan memutuskan bangunan mana yang harus dipertahankan. Mereka berkumpul setahun sekali, menentukan yang ini adalah contoh arsitektur, yang itu tidak.”

Reli kali ini adalah untuk memprotes penghancuran bangunan tahun 1909 di Podil, salah satu distrik tertua di Kiev. Bangunan ini diratakan ke tanah pada 31 Desember lalu, dan para aktivis menyalahkan Mentri Kebudayaan yang tidak mendaftarkan bangunan itu ke daftar contoh arsitek. Namun, seorang kepala arsitek berkata, ada alasan lain.

[Sergei Tselovalnik, Kepala Arsitek Kiev]:
“Tidak mungkin untuk memberikan solusi teknik demi konservasi dan stabilisasi bangunan itu, karena letaknya di lereng. Lerengnya sendiri harus dirombak agar tidak terjadi pergeseran bukit, dan bangunan itu mengganggu. Jika bangunan itu tetap ada, harus dilakukan beberapa pekerjaan teknik, dan saya tak tahu ia harus dinaikkan atau diturunkan. Apapun yang dilakukan, akan mempengaruhi keberadaan rumah ini.”

Peserta reli berkata, setiap bangunan tua berisiko dihancurkan. Mereka menyerukan diadakannya pertemuan umum, demi menentukan berhak tidaknya sebuah bangunan didaftarkan ke daftar contoh arsitektur.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori