Oleh: hurahura | 12 April 2012

Mangkok Dinasti Song Dilelang 26 Juta Dolar AS

NTD NEWS, Selasa, 10 April 2012 – Pada lelang musim semi Sotheby di Hong Kong, sebuah mangkuk keramik kuno memecahkan rekor. Mangkuk 900 tahun ini terjual dengan harga 26-juta dolar AS, tiga kali nilai awalnya.

Apa yang membuat mangkuk ini berharga?

[Nicolas Chow, Wakil Ketua Sotheby Asia]:
“Di abad ke-11, sebuah tungku untuk pertama kalinya membuat mangkuk khusus untuk kaisar. Tungku pembakaran ini dibuka selama 20 sampai 30 tahun dan membuat peralatan yang paling halus. Secara estetika ia terlihat sederhana, dan ini mencerminkan nilai kerendahan hati dan kesederhanaan yang lazim pada masa neo-Konfusianisme.”

Mangkuk kuno inilah yang paling dicari diantara koleksi Ru yang terdiri dari 79 buah, lima diantaranya adalah koleksi pribadi. Ia memiliki sejarah kepemilikan kerajaan yang panjang dan diturunkan ke generasi kerajaan selanjutnya selama enam abad.

[Nicolas Chow, Wakil Ketua Sotheby]:
“Mangkuk ini dibuat untuk digunakan secara pribadi oleh Kaisar Song Huizong. Selanjutnya mangkuk ini diturunkan kepada kalangan istana, dan setelah itu mungkin sempat dijadikan koleksi pribadi kaisar Qianlong pada abad ke-18.”

Mangkuk ini lalu digunakan untuk membersihkan sikat oleh seorang pejabat, dan dibuat diantara tahun 1106 dan 1186 Sesudah Masehi di ibukota Song Kaifeng. Ia adalah legenda di kalangan pecinta seni Tiongkok. Nicholas Chow berkata pada Bloomberg, “Bahkan di abad ke-12 ada referensi kepada Ru dalam karya sastra yang berkata karya Ru sangat sulit dicari 100 tahun seteleh mereka dibuat.”

Setelah 15 menit, mangkuk ini dijual kepada seorang penawar melalui telepon yang tidak diketahui identitasnya.


Lihat lebih lanjut di video ini:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori