Oleh: hurahura | 4 Juni 2012

Museum Terbaik di Jakarta dalam “Museum Awards” 2012

Tidak dimungkiri, apresiasi terhadap museum dan pekerjaan di bidang permuseuman di Indonesia masih sangat rendah. Di lain pihak, kinerja dan fasilitas di museum belum dikelola secara maksimal. Banyak potensi museum sebenarnya belum tergali dan masih menjadi kekayaan yang belum dapat dinikmati masyarakat umum.

Tahun 2011 lalu Komunitas Jelajah melakukan penelitian tentang minat pengunjung terhadap museum. Berawal dari kegiatan itulah, pada tahun 2012 ini Komunitas Jelajah menyelenggarakan Anugerah Purwakalagrha atau Museum Awards.

Museum Awards 2012 merupakan serangkaian kegiatan yang diselenggarakan untuk menyemarakkan Hari Museum Internasional (Museum Day) setiap 18 Mei, menyukseskan program Gerakan Nasional Cinta Museum (2010-2014), sekaligus menyambut ulang tahun Jakarta setiap 22 Juni. Tujuannya untuk memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap museum. Juga kepada tokoh permuseuman yang telah mendedikasikan diri untuk kemajuan dunia permuseuman. Selain itu dilakukan penunjukan Duta Museum Jakarta.

Di Jakarta terdapat tidak kurang dari 63 museum. Museum-museum itu dikelola oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi DKI Jakarta, swasta, dan pribadi. Dari jumlah itu, pada tahap awal Tim Seleksi berhasil menentukan 18 museum yang memenuhi kriteria sebagai nominator untuk satu atau lebih kategori. Dari ke-18 museum inilah Dewan Juri melakukan penilaian. Sebagai catatan, Museum Nasional sengaja tidak dimasukkan dalam penilaian karena merupakan museum umum dan ikon Indonesia. Dewan Juri terdiri atas Prof. Dr. Yasmine Shahab (Antropolog), Dr. Suprawito, Msi (Praktisi Komunikasi), Yunus Arbi, MA (Arkeolog/Museolog), Yudhistira ANM Massardi (Wartawan/Budayawan), dan Drs. H. Yoyo Mochtar (Tokoh Masyarakat Betawi).


Berikut ini adalah museum-museum yang terpilih:

Museum Terbaik dari segi Penataan Koleksi: Museum Harry Darsono

Museum Harry Darsono

Museum Terbaik dari segi Pelestari Bangunan Cagar Budaya: Museum Katedral

Museum Katedral, terletak di balkon gereja

Museum Terbaik dari segi Sarana dan Fasilitas Pengunjung: Museum Art:1 Mondecor

Museum Art:1 Mondecor

Museum Terbaik dari segi Kreativitas dan Inovasi Layanan: Museum Wayang

Museum Wayang

Museum Terpopuler: Museum Sejarah Jakarta

Museum Sejarah Jakarta

Museum Terbaik (secara keseluruhan): Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

Sementara dua tokoh yang terpilih adalah:

Duta Museum Jakarta: Andien

Andien

Pengabdian Sepanjang Hayat: Moh. Amir Sutaarga

Moh. Amir Sutaarga

Museum Awards 2012 baru pertama kalinya diadakan. Tidak heran namanya belum populer. Akibatnya beberapa kepala museum yang diundang ragu-ragu untuk datang, bahkan tidak datang. Kepala Museum Art1 Mondecor atau perwakilannya enggan datang karena takut dimintai uang oleh panitia. Museum Sejarah Jakarta juga tidak ada wakilnya karena sebelumnya ingin tahu museumnya terpilih atau tidak.

Betapapun masih ada kekurangan di sana sini, Museum Awards 2012 tetap memberikan arti penting bagi pemerintah, museum, dan masyarakat. Semoga pada pelaksanaan mendatang, Museum Awards 2013, akan berlangsung lebih meriah dengan pemilihan yang lebih beragam. (Djulianto Susantio)

[Sebagian sumber foto: internet]

Iklan

Responses

  1. Apa nggak ada penjelasan sebelumnya tentang tujuan Museum Awards sampai-sampai Ka Museum Art1Mondecor nggak datang takut dimintai sumbangan ? Yang lebih lucu lagi MSJ nggak ngirim wakil gara-gara takut museumnya nggak menang ! Aya aya wae !


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: