Oleh: hurahura | 14 Juli 2011

Kamera Kecil Tembus Makam Suku Maya

dailymail.co.uk

tempointeraktif.com, Jumat, 24 Juni 2011 – Sebuah kamera kecil yang dikendalikan dari jarak jauh berhasil menembus makam seorang pemimpin suku Maya kuno. Kubur itu sudah terpendam selama 1.500 tahun.

Kamera itu berhasil memotret berbagai peninggalan di dalam makam. Di antaranya lukisan dinding, tembikar, dan kain kafan yang dilengkapi perhiasan batu permata hijau dan mutiara.

Makam itu pertama kali ditemukan pada 1999 di dalam sebuah piramida di antara reruntuhan kota Maya Palenque. Lokasi ini ada di bukit di selatan kota Chiapas, Meksiko. Tapi sampai sekarang Arkeolog belum bisa mengakses ke dalamnya.

Para ahli percaya, makam itu adalah milik seorang penguasa Maya yang hidup antara tahun 431 dan 550 Masehi. Demikian dirilis oleh Institut Antropologi dan Sejarah Nasional pada Kamis (23/6) kemarin.

Namun, dengan mengirimkan kamera ke kedalaman 16 kaki melalui sebuah lubang kecil di puncak piramida, peneliti akhirnya berhasil mengungkapkan apa yang ada di dalam makam untuk pertama kalinya.

“Karakteristik situs pemakaman menunjukkan bahwa tulang belulangnya kemungkinan milik seorang penguasa suci dari Palenque, kemungkinan adalah satu dari pendiri dinasti,” kata arkeolog Martha Cuevas.

Dinding makam dilukis dengan lukisan yang kaya dengan gambar orang-orang Maya berwarna merah. Suku Maya mencapai masa keemasannya antara tahun 250-900 Masehi.

DEDDY SINAGA | REUTERS

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori