Oleh: hurahura | 3 September 2010

Tiga Kemungkinan Pencuri Koleksi Emas Museum Sonobudoyo

Antara, Sabtu, 21 Agustus 2010 – Ketua II Badan Musyawarah Musea Yogyakarta Raden Mas Donny Megananda memperkirakan ada tiga kemungkinan atau kategori pelaku pencurian koleksi perhiasan emas di Museum Sonobudoyo Yogyakarta beberapa waktu lalu.

“Pencurian koleksi emas tersebut diduga kuat bermotif ekonom, Ada tiga kategori untuk mengetahui siapa pencuri nekad tersebut,” katanya di Yogyakarta, Sabtu.

Donny Megananda mengatakan kemungkinan pertama adalah kolektor, meskipun tidak berperan langsung sebagai eksekutor pencurian karena menggunakan tangan orang lain.

“Sedangkan kemungkinan kedua adalah orang yang ingin sekedar mendapatkan keuntungan dan melakukan pencurian untuk menjual koleksi emas itu karena mengetahui bahwa barang tersebut laku dijual dan mahal,” katanya.

Kemungkinan ketiga adalah orang yang memanfaatkan keadaan karena mengetahui kelemahan dari sisi keamanan di Museum Sonobudoyo Yogyakarta ini.

“Orang yang memanfaatkan keadaan itu bisa saja melibatkan orang dalam dan orang lain di sekitarnya,” katanya.

Donny mengatakan, yang jelas pencuri koleksi emas tersebut merupakan orang yang memiliki pemahaman tentang benda-benda bersejarah.

“Kasus pencurian ini harus menjadi pemicu agar masalah keamanan museum lebih diperhatikan dan pemerintah memiliki peran penting dalam optimalisasi pengamanan museum yang ada di Yogyakarta,” katanya.

Donny mengatakan, selama ini pengamanan museum memang sesuai pengelola masing-masing karena tidak ada standar baku.

“Kami harapkan pemerintah jangan hanya memperhatikan museum milik negara, museum milik swasta juga ingin mendapat perhatian,” katanya.

Ia mengatakan, di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta setidaknya ada 40 museum dan dari sisi pengamanan yang semuanya masih belum memadai.

“Pengamanan yang tidak optimal ini disebabkan pihak museum kesulitan pendanaan kalau harus menggunakan pengamanan sesuai standar. Sebab, selama ini pengelola masih mengandalkan pendapatan dari pengunjung, tetapi jumlah pengunjung museum masih sedikit,” katanya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Yogyakarta Herni Pramastuti mengatakan sangat besar kemungkinannya, bahwa kasus pencurian koleksi emas itu berlatar ekonomi.

“Kami tidak bisa memprediksikan siapa pelaku pencuriannya, namun yang jelas pelaku pencurian sangat profesional dan memahami betul seluk-beluk museum,” katanya.


Responses

  1. Does your blog have a contact page? I’m having trouble locating it but, I’d like to shoot you an e-mail.
    I’ve got some creative ideas for your blog you might be interested in hearing. Either way, great blog and I look forward to seeing it expand over time.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: