Oleh: hurahura | 27 Juli 2010

Menyingkap Misteri Stonehenge Kuno

Erabaru News – Jumat, 03 April 2009

Stonehenge yang Telah bersejarah 5.000 tahun dan di sisinya terukir wajah manusia 4.000 tahun silam.

Menurut laporan BBC tanggal 16 Oktober, dengan menggunakan scanning laser berteknologi tinggi Stonehenge yang berada di Provinsi Wilshire, Inggris, yang sejarahnya telah 5.000 tahun lebih, ditemukan dua benda ukiran yang semula tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Pada masa tahun 1950-an di sana pernah ditemukan benda ukiran yang mirip, namun arkeolog mengatakan, bahwa sekarang sangat sulit untuk dapat dilihat karena telah terkorosi. Stonehadge secara total ada 83 buah batuan, saat ini hanya 3 buah yang telah di-scanning, tim pemeriksa memastikan bahwa setelah semua di-scanning mungkin akan ditemukan semakin banyak benda ukiran. Mereka mengatakan, dengan menggunakan laser berdaya rendah men-scanning tidak akan merusak struktur batu.

Arkeolog Wessex, Tom Goskar mengatakan bahwa Scanning laser telah membuka cara yang baru untuk kita dalam melihat Stonehadge. Tidak hanya menemukan semakin banyak benda ukiran, bahkan masih bisa melihat kontur dengan jelas yang dulu tidak bisa dilihat secara jelas. Membantu orang-orang memahami bangunan kuno itu.

Tahun 2000 Stonehenge menemukan sebuah kerangka manusia pada 2100 tahun silam. Tahun 1999 arkeolog Inggris menemukan ada sebuah wajah manusia 4.000 tahun silam di sisi sebuah batu raksasa.

Batu-batu terkenal yang setiap tahunnya dikunjungi jutaan orang tersebut, dibangun pada 5.000 tahun silam. Berat rata-rata tonggak batu tersebut mencapai 26 ton, yang paling tinggi mencapai 10 meter, ketinggian rata-rata di atas 4 meter, ditata dengan bentuk bundar, di atas 2-4 buah tonggak batu yang berdiri tegak yang berdekatan melintang sebuah batu. Sebenarnya apa kegunaan Stonehenge? Apakah kuil? Ramalan cuaca? Tempat mengubur? Atau digunakan orang dahulu untuk memastikan musim matahari, atau almanak astronomi yang digunakan untuk menghitung periode gerhana matahari dan bulan? Masih merupakan misteri yang tak terpecahkan. Namun, ada setitik keterangan, yakni jika dalam sejarah manusia raksasa itu ada, maka bagi manusia-manusia raksasa akan mudah sekali mendirikan batu-batu yang besar dan mahaberat itu.(erabaru.or.id)*

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori