Oleh: hurahura | 13 Januari 2011

Tempat Pembuatan Wine Tertua di Dunia Ditemukan di Armenia

Foto : REUTERS/GREGORY ARESHIAN/rj

m.mediaindonesia.com, Rabu, 12 Januari 2011 – TEMPAT pembuatan minuman anggur tertua di dunia ditemukan di dalam gua di pegunungan Armenia, Turki. Pembuka botol, guci tempat fermentasi, bahkan cangkir dan mangkuk minuman ditemukan di kompleks gua oleh tim peneliti internasional dari University of California.

Mereka mengklaim penemuannya itu berusia sekitar 6.000 tahun. “Temuan ini menandakan awal produksi wine,” kata Gregory Areshian, kepala direktur penggalian.

Penemuan itu diumumkan pada Selasa (11/1), oleh National Geographic Society dalam edisi online Journal of Archaeological Science. Menurut para arkeolog, di dalam gua terdapat lembah dangkal sedalam 3 kaki untuk mengalirkan cairan anggur ke dalam tong.

Ada juga kolam yang digunakan untuk memeras anggur dengan cara diinjak-injak dengan kaki. Metode Areshian ini termasuk metode tradisional untuk membuat wine selama berabad-abad.

Mereka juga menemukan biji anggur, sisa-sisa anggur yang ditekan dan puluhan anggur kering. Anehnya, fasilitas pembuatan anggur yang ditemukan itu dikelilingi kuburan. Disinyalir pada jaman dahulu pembuatan minuman anggur ini dimaksudkan untuk ritual upacara pemakaman.

Wilayah Armenia juga terkenal sebagai lokasi penemuan sepatu kulit tertua di dunia berumur 5.500 tahun. Lokasi penemuannya dikenal sebagai Arena-1. (AP/OL-9)

Iklan

Responses

  1. good info

    purwati
    http://purwatiwidiastuti.wordpress.com
    http://purwati-ningyogya.blogspot.com
    http://purwatining.multiply.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori