Oleh: hurahura | 1 Agustus 2011

Observatorium Kuno Jantar Mantar di India

Salah satu objek wisata di India adalah observatorium kuno Jantar Mantar. Karcis masuknya adalah 100 INR per orang. Dalam bahasa Hindi, Jantar berarti “alat” dan Mantar berarti “instrumen atau perangkat”. Di dalam observatorium banyak dijumpai bangunan arsitektur tentang perangkat astronomi. Jantar Mantar yang terletak di Jaipur ini adalah salah satu dari 5 Jantar Mantar yang dibangun di kota lainnya, seperti New Delhi, Ujjain, dan Varanasi. Sedangkan satu di Mutra telah runtuh.

Jantar Mantar di Jaipur ini merupakan Jantar Mantar terbaik dan terlengkap perangkatnya. Tak hanya piawai menjadi seorang pemimpin kerajaan, konon Maharaja Sawai Jai Singh II dikenal juga sebagai seorang astronom. Keterampilannya membaca ilmu perbintangan dituangkannya dalam taman ini.

Observatorium yang dibangun pada 1727 hingga 1734 ini, diresmikan menjadi Bangunan Nasional India sejak 1948. Sebelumnya pada 1901 diadakan konstruksi pemulihan secara besar-besaran. Bangunan observatorium terbuat dari batu lokal dan marmer yang juga beralaskan marmer. Setiap instrumen mengandung skala khusus untuk perhitungan astronomi. Konon keakuratannya berasal dari pengaruh material perunggu yang terdapat di dalam marmer tersebut.

Observatorium ini memiliki 14 jenis instrumen atau perangkat geometris utama, yang mayoritas fungsinya adalah untuk mengukur waktu, melacak lokasi bintang sebagai orbit bumi ketika mengelilingi matahari, memprediksikan gerhana, memastikan deklinasi planet-planet, bahkan untuk menentukan ketinggian surgawi dan ephemerides yang terkait.

Observatorium ini masih digunakan oleh para petani desa, meski keakuratannya masih menjadi pertanyaan. Bisa dikatakan, observatorium ini merupakan salah satu peninggalan jejak ajaran Weda yang masih bertahan. Banyak mahasiswa astronomi dan astrologi diwajibkan mengadakan penelitian di observatorium ini. [berbagai sumber/djulianto susantio]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori