Oleh: hurahura | 23 Agustus 2012

Makam Air Kuno Ditemukan Di Peru

erabaru.net, Rabu, 22 Agustus 2012 – Belum lama ini para arkeolog menemukan sebuah makam air di Peru Utara, yang merupakan bagian dari kebudayaan penting Lambayeque, yang terkubur sejak abad 12 sampai 13 Masehi.

Makam ini ditemukan di lokasi penggalian Chotuna-Chornancap, sekitar delapan mil kota Chiclayo di pantai utara Peru.

Masih belum diketahui sosok yang dikubur dengan puluhan persembahan, termasuk plat hiasan dada yang terbuat dari emas, perak dan perunggu, menunjukkan jabatan tinggi di kebudayaan Lambayeque.

Sosok ini dikubur di bawah satu-satunya figur wanita yang dikenal dari kebudayaan unik dan rumit, figur pemuka agama yang dikenal sebagai pendeta Chornancap.

Keturunan dalam kebudayaan yang paling terkenal adalah Lord of Sipan, yang dijuluki “Tutankhamen dari Amerika”, ditemukan hanya beberapa km dari sini, pada tahun 1987 dan berasal dari kebudayaan kuno Moche, yang berkembang luas di pantai Peru, sekitar abad 100 sampai 600 masehi.

Makam yang baru ditemukan ini dilapisi logam mulia dan bebatuan seperti lapis biru lazuli, dan kerang Karibia yang berharga dalam budaya kuno dan sejumlah keramik.

Semua artefak ini menunjukan hirarki tapi mungkin yang lebih menarik, bahwa tokoh ini juga dimakamkan bersama tiga sosok lainnya.

[Fausto Saldana, Arkeolog]:
“Kami temukan tiga sosok lainnya dibawah kaki tokoh itu. Termasuk plat dada yang terbuat dari tiga material seperti kerang spondylus, batu pirus dan lapis lazuli yang dikenal sebagai batu biru yang berasal dari Chili.”

Peru adalah sebuah negara yang kaya akan harta karun kuno. Ada ratusan lokasi yang berumur ribuan tahun dan puluhan macam kebudayaan termasuk kerajaan Inca kuno yang sangat kuat saat penjelajah Spanyol tiba, pada awal tahun 1500-an.


Lihat video:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori