Oleh: hurahura | 14 Oktober 2011

Batu Berukir : Dugaan Peninggalan Kerajaan Galuh Diteliti

KOMPAS, Selasa, 11 Oktober 2011 – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya meminta Balai Arkeologi Bandung meneliti nilai sejarah kompleks batu berukir di Desa Linggaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya. Dugaan sementara, batu berukir tersebut peninggalan Kerajaan Galuh di Tasikmalaya.

Sejumlah batu berukir ditemukan terbenam dalam tanah di kebun milik warga. Batu terbesar berukuran sekitar 180 cm x 50 cm, sedangkan batu terkecil berukuran sekitar 50 cm x 20 cm dengan banyak ukiran atau simbol.

Cerita lisan masyarakat setempat menyebutkan, di kawasan itu pernah berdiri Kerajaan Galuh Sanghyang dan Kerajaan Saung Gentong. Keberadaan kompleks bebatuan itu hanya sekitar 5 kilometer dari Situ Sanghyang, sebuah danau seluas 16,7 hektar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya Endang Alfian, Senin (10/10), mengatakan belum bisa memastikan apakah kompleks batuan itu adalah peninggalan kerajaan yang pernah ada di Tasikmalaya atau bukan. Harus ada penelitian intensif yang dilakukan peneliti dari Balai Arkelogi Bandung. Hal itu harus dilakukan agar tak terjadi salah pemahaman masyarakat tentang keberadaan kompleks batu itu. Namun, apabila benar kompleks batu itu bisa memberikan bukti ada kerajaan besar, pihaknya akan menjaga dan melestarikannya sebagai aset Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

”Kami sudah menurunkan tim untuk berkoordinasi dengan Balai Arkeologi Bandung untuk melakukan penelitian kawasan itu,” katanya.

Hal yang sama dikatakan pengelola kawasan Situ Sanghyang, Kabupaten Tasikmalaya, Asep Zamzam Noor. Menurut dia, penemuan batu tersebut diharapkan dapat mengungkap sejarah Kerajaan Galuh Sanghyang dan keberadaan Situ Sanghyang yang hingga kini minim bukti tertulis. (CHE)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori