Oleh: hurahura | 23 Februari 2011

Di Manakah Tambang Garam Pertama di Dunia?

KOMPAS – Minggu, 20 Feb 2011 – Garam merupakan mineral pertama yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Bukan saja untuk mengawetkan makanan, garam juga dibutuhkan untuk penyedap makanan. Di masa lalu, garam menjadi alat perdagangan sekaligus alat pembayaran.

Di zaman kuno, sumber utama garam adalah garam batu, batu kristal yang ditambang sama seperti batu bara, dan endapan garam kering yang ditemukan di area dekat laut, seperti rawa-rawa.

Garam batu umum ditemukan di berbagai lokasi di dunia. Namun, tambang garam tertua di dunia tampaknya yang ada di Lembah Araxes di Azerbaijan.

Dikenal dengan nama area endapan garam Duzdagi, area ini ditemukan oleh para arkeolog pada tahun 1970-an, sebagai peninggalan milenium kedua sebelum Masehi.

Eksplorasi arkeologi di sekitar terowongan yang runtuh di wilayah Duzdagi menemukan benda-benda keramik dan palu yang berasal dari periode milenium kelima sebelum Masehi. Bila perkiraan waktu tersebut tepat, maka tambang garam ini merupakan yang tertua di Bumi. Sampai saat ini, penambangan garam masih berlangsung di wilayah itu.

Temuan peralatan kuno di wilayah itu menunjukkan bahwa masyarakat pada era itu sudah lebih dulu mengembangkan tradisi menulis.

Dekatnya wilayah penambangan garam Duzdagi dengan rute Jalan Sutera yang menghubungkan belahan Eropa dengan dunia Timur menunjukkan bahwa produksi garam sangat mungkin menjadi alat perdagangan di wilayah Kaukasus.

Iklan

Responses

  1. Kunjungan pagi hehehe :D, membaca tulisan ini menambah inspirasi dan pengetahuan. Sekalian saya share ke taman-teman, mogo-moga bermanfaat untuk yang lainnya.

    • Silakan, mudah2an semakin timbul cinta sejarah dan budaya Indonesia…

  2. Selamat malam 🙂 blokwalking nih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: