Oleh: hurahura | 26 Juli 2010

Mahakarya Kapal Laut Swedia di Museum Vasa

KAPAL Vasa yang menjadi saksi bisu keunggulan Angkatan Laut Swedia pada abad 17 masih tersimpan di Museum Vasa. Selain melihat mahakarya kapal Vasa, Anda juga bisa melihat benda-benda peninggalan lainnya yang berhasil ditemukan setelah kapal ini diangkat dari laut.

Kapal Vasa baru diangkat ke permukaan pada bulan April 1961 setelah di berada di bawah air selama sekitar 333 tahun. Ribuan artefak dan setidaknya sisa-sisa 15 orang yang tewas ditemukan di dalam dan di sekitar lambung kapal.

Cerita mengenai kapal ini dimulai pada tanggal 10 Agustus 1628 pada saat peluncuran. Pada pelayaran perdananya, kapal ini berhasil berlayar sejauh kurang dari satu mil untuk kemudian tenggelam.

Sebenarnya sebelum kapal ini karam, masalah konstruksi di awal pembuatannya menunjukkan stabilitas kapal itu dalam bahaya terbalik. Meskipun demikian, di bawah tekanan dari istana, kapal itu diselesaikan pada jadwal yang sangat ketat.

Beberapa penyelamatan awal gagal dilakukan untuk mengangkat kapal yang tenggelam sedalam 32 meter ini dan lokasi tenggelamnya akhirnya hilang. Lokasi ini kemudian ditemukan pada 1950-an oleh arkeolog amatir Anders Franzen dan pada 1961 berhasil diangkat.

Hingga saat ini, Vasa masih dianggap kapal kayu bersenjata yang paling baik dengan berat gabungan dari amunisi menembak di satu sisi perahu sekitar 588 pon.

Persenjataan yang ada di dalam Vasa adalah 48 meriam ringan, dua meriam besar dengan desain tua, delapan three-pounders dan enam howitzer besar. Semua senjata berat ini penuh sesak di lantai bawah dan atas kapal.

Museum yang diresmikan pada 1990 buka setiap hari. Dari 1 Juni-31 Agustus, buka mulai pukul 8.30-18.00 waktu setempat sedangkan dari 1 September-31 Mei mulai pukul 10.00-17.00 waktu setempat.

Biaya masuk ke museum yang berada di Galarvarvsvagen 14 , Stockholm, Swedia ini 9 euro (sekitar Rp103 ribu) untuk orang dewasa sedangkan anak-anak gratis.(*/X-12)

(mediaindonesia.com)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori