Oleh: hurahura | 12 Juni 2014

Prasasti Era Airlangga Ada di Lamongan

Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, memiliki 31 benda cagar budaya yang telah ditetapkan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Trowulan, Mojokerto. Dari 31 benda cagar budaya, 10 di antaranya berhasil dikenali berasal dari era Raja Airlanggga, penguasa Kerajaan Kahuripan, sekitar tahun 1.000-an Masehi. Kesimpulan itu berdasar dari palaeografis—yaitu analisis gaya dan bentuk aksaranya—dan secara morfologis, yaitu berdasarkan bentuk prasasti.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lamongan Eko Priyono, di Lamongan, Selasa (10/6), mengatakan, prasasti Sendangrejo, di Kecamatan Ngimbang, berbentuk akolade atau kurawal dengan garis tajam dari bahan batu kapur. Tulisannya menggunakan aksara dan bahasa Jawa Kuno pada keempat sisinya. Di sisi depan terdapat 22 baris, sisi belakang telah aus, sementara di sisi kanan dan kiri terdapat 14 baris.

Pada tulisan yang masih bisa dibaca menyebutkan Airlangga dan I Hino Sri Sangramawijaya. Prasasti memuat angka tahun 965 Saka atau 1043 Masehi. Pada bagian bawah terdapat goresan garis mendatar sebagai penutup bagian akhir prasasti.

”Intinya, prasasti ini berisi tentang anugerah raja kepada penduduk Pata’an atas jasa mereka,” kata Eko.

Arkeolog Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Trowulan, Wicaksono, menyebutkan, Desa Pata’an merupakan kawasan sima atau tanah perdikan yang didarmakan kepada Raja Patahunan.

Dilihat dari sisa bangunan di kawasan tersebut diduga terdapat kompleks candi dan situs lainnya. Ini dibuktikan dengan adanya sisa pagar batu, sungai yang dilengkapi dam kuno, serta pecahan keramik tembikar.

Selain itu, prasasti Sumbersari I di Desa Sumbersari, Kecamatan Sambeng, Lamongan, diperkirakan juga dari masa Airlangga. Prasasti berbentuk kurawal ini meski permukaannya telah aus dan berlubang, sisa aksaranya masih bisa dikenali berasal dari masa Airlangga. Pada bagian bawah prasasti terdapat tonjolan berbentuk padma ganda atau bunga teratai merah. (ACI)

(Sumber: Kompas, Kamis, 12 Juni 2014)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: