Oleh: hurahura | 23 November 2013

Komputer Telah Digunakan Bangsa Yunani Kuno 2.000 Tahun Lalu

Yunanierabaru.net, Minggu, 02/06/2013 – Perangkat ini dimuat di sebuah kapal Romawi yang rusak antara 80 dan 60 SM. Kapal itu diyakini telah berlayar ke Semenanjung Anatolia (juga disebut Asia Kecil) atau sekarang dikenal sebagaiTurki dan membawa beberapa karya seni terbaik jaman itu. Para penyelam menemukan lebih dari 200 amphorae, atau guci keramik, yang masih utuh di dasar laut.

Setelah perangkat itu ditemukan, tidak sampai 50 tahun kemudian seorang arkeolog Australia menggunakan sinar-X mulai menemukan bahwa ada lebih banyak bagian misteri dari apa yang kita kira. Namun, karena teknologi terbatas pada waktu itu, fungsi sebenarnya dari Mekanisme Antikythera tidak diketahui sampai dekade kemudian.

Pada tahun 2005, dengan menggunakan perangkat lunak dan teknologi canggih, akhirnya menemukan bahwa Mekanisme Antikythera adalah perangkat astronomi, dan dengan menggunakannya, orang bisa menavigasi posisi seseorang di laut dengan memetakan bintang-bintang di langit.

Itu juga merupakan perangkat astrologi. Dengan menseting fakta-fakta hari tertentu, seperti tanggal kelahiran seseorang, orang bisa melihat bagaimana bintang-bintang dan planet-planet akan berbaris untuk orang tersebut. Menggunakannya sebagai garis waktu, seseorang bisa mengatakan masa depan orang itu dengan melihat keselarasan planet ‘selama beberapa dekade yang akan datang.

Perangkat ini juga bisa memprediksi fase lunar, gerhana bulan, serta posisi matahari dan bulan selama bertahun-tahun. Kemudian ditemukan juga bahwa perangkat tersebut bisa memprediksi gerakan planet, dan horoskop untuk perencanaan pesta atau acara di masa depan di dunia kuno.

Mathias Buttet, direktur Penelitian dan Pengembangan pada pembuatan jam dari perusahaan Hublot Swiss, mengatakan, “Ini termasuk fitur cerdas yang tidak ditemukan dalam pembuatan jam modern.” Buttet telah berhasil menciptakan versi yang lebih kecil dari perangkat ukuran rata-rata jam tangan.

Secara keseluruhan, Mekanisme Antikythera menggunakan sekitar 30 roda gigi, dengan bagian-bagian yang sangat canggih dan rumit yang semuanya interkoneksi. Para peneliti masih belum yakin siapa yang menciptakan perangkat atau apa tujuan sebenarnya .

Mekanisme Antikythera, dengan sejumlah artefak lainnya yang ditemukan di kapal karam, bisa dilihat dalam pameran “The Antikythera Shipwreck: the Ship, the Treasures, the Mechanism,” yang akan terus dilanjutkan di Museum Arkeologi Nasional di Athena, Yunani, dari sekarang hingga 31 Agustus 2013. (EpochTimes/sua)

Lihat video kunjungi laman ini

Iklan

Responses

  1. Kalau sama sekarang canggih mana ya teknologinya ? #salam sejahtera

  2. Reblogged this on mangga sumping di kota hujan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: