Oleh: hurahura | 12 Agustus 2010

Radar Ungkap Luas Kota Mesir Kuno

Gambar peta kombinasi berlapis tanpa tanggal ini dirilis oleh Dewan Tertinggi Kepurbakalaan Mesir pada Minggu, 20 Juni 2010. (AP Photo/Supreme Council of Antiquities)

Era Baru News, Kamis, 22 Juli 2010 – Gambar peta kombinasi berlapis tanpa tanggal ini dirilis oleh Dewan Tertinggi Kepurbakalaan Mesir pada Minggu, 20 Juni 2010. (AP Photo/Supreme Council of Antiquities)
Sebuah tim arkeolog dari Austria telah menggunakan gambar radar untuk menentukan luas reruntuhan sebuah ibukota Mesir kuno yang usianya 3.500 tahun yang kini terkubur, ujar departemen kepurbakalaan.

Mesir diperintah selama se-abad (1664–1569 SM) oleh Hyksos, seorang prajurit Asia, Semit, yang ber-ibukota di wilayah Delta Utara.

Irene Mueller, kepala tim arkeolog Austria mengatakan, tujuan utama dari proyek ini adalah untuk menentukan seberapa jauh bentang kota bawah tanah itu.

Gambar radar tersebut menunjukkan garis-garis dari beberapa ruas jalan, rumah dan kuil di bawah ladang pertanian dan kota modern Tel al-Dabaa.

Kepala arkeologi, Zahi Hawass mengatakan dalam pernyataannya bahwa tekhnik non-invasif merupakan cara terbaik untuk menentukan luas sebuah situs. Delta Mesir merupakan wilayah pertanian luas dengan penduduk yang padat, sehingga menyulitkan penggalian, tidak seperti di Mesir Selatan.

Tim arkeolog Austria telah bekerja di situs tersebut sejak 1975. (Erabaru/sua)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori