Oleh: hurahura | 17 November 2010

Robot Mini Jelajahi Terowongan Teotihuacan Meksiko

[Robot yang diberi nama ‘Tlaloque 1’ ini diturunkan ke dalam terowongan pada situs arkeologi Teotihuacan, dekat Meksiko City, 10 November lalu. ‘Tlaloque 1’ akan membantu meneliti terowongan yang ditemukan tahun ini di bawah reruntuhan kuil pada situs tersebut. (Ronaldo Schemidt/Getty Images)]

Erabaru.net, Senin, 15 November 2010 – Situs bersejarah Teotihuacan di Meksiko adalah terowongan yang oleh para ilmuwan tidak pernah mampu dijelajahi karena ukurannya yang sangat kecil. Para ilmuwan telah menjelajahi terowongan itu dengan robot mini, menurut National Institute of Anthropology and History 10 November lalu.

Ilmuwan yang memimpin operasional itu mengatakan bahwa terowongan tersebut kemungkinan telah tertutup sejak 250 M, dan robot inilah yang pertama kali menjelajahinya sejak saat itu. Terowongan itu telah dipenuhi oleh batu karang serta batu-batu besar.

Robot ‘Tlaloque 1’ ini diturunkan ke dalam terowongan yang terletak di bawah candi kuno Quetzacoatl. Terowongan ini lebarnya sekitar 13 kaki dan memiliki lengkungan yang hanya cukup bila berjalan merayap.

Tlaloque lebarnya hanya sekitar 30 inci dengan tinggi 20 cm, memiliki sumber cahaya sendiri serta mampu mengirimkan gambar ke komputer yang berada di luar.

“Semua tempat, panjangnya lebih dari 100 meter yang digali dari bebatuan secara sempurna. Dan dibeberapa tempat anda dapat melihat beberapa tanda-tanda peralatan yang digunakan rakyat Teotihuacan,” ujar arkeolog Sergio Gomez kepada Associated Press.

Sejumlah gambar menunjukkan bahwa terowongan tersebut cukup aman dimasuki, menurut laporan AP.

Lembaga yang memesan terciptanya robot tersebut mengatakan, penjelajahan dengan menggunakan robot pernah dilakukan di situs terpencil di Mesir. Namun penjelajahan Teotihuacan belum lama ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan di Meksiko dan Amerika. (EpochTimes/sua)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: