Oleh: hurahura | 20 Maret 2017

Rangka Manusia Purba Ditemukan di Gua Pawon

Pawon-02Temuan rangka manusia purba di Gua Pawon. Karena sudah rapuh perlakuannya harus secara khusus (Foto-foto: Lutfi Yondri)

Ekskavasi (penggalian arkeologi) di Gua Pawon hingga Senin, 20 Maret 2017 masih berlangsung. Ekskavasi ini dilakukan oleh Balai Arkeologi Jawa Barat. Menurut Dr. Lutfi Yondri, pada ekskavasi kali ini ditemukan rangka manusia purba yang kondisinya sudah rapuh. Ini merupakan temuan rangka yang ke-6 sejak ekskavasi 2003 lalu.

Diperkirakan manusia prasejarah menghuni Gua Pawon 5.600 hingga 9.500 tahun lalu. Usia mereka berkisar 17-35 tahun dengan gigi lengkap. “Diduga, akibat pola makannya, rata-rata usia mereka tidak sampai setua manusia sekarang,” kata Lutfi.

Sampai saat ini Gua Pawon merupakan satu-satunya gua di kawasan Jawa bagian barat yang memiliki temuan paling lengkap tentang penghidupan prasejarah. Gua ini terletak di kawasan batu gamping Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, atau dalam skala kawasan yang lebih luas berada di bagian barat Dataran Tinggi Bandung yang dulunya melingkungi kawasan Danau Bandung Purba.

Pawon-01

Ekskavasi di Gua Pawon

Secara berurutan ekskavasi di Gua Pawon dilakukan pada Juli dan Oktober (2003), April dan Mei (2004), Oktober (2005), dan April (2009). Selain penelitian oleh tim Balai Arkeologi,  penelitian Gua Pawon juga dilakukan bekerja sama dengan Balai Pengelolaan Peninggalan Purbakala, Sejarah dan Nilai Tradisional Jawa Barat. Bahkan dilakukan dalam rangka praktikum arkeologi mahasiswa Jurusan Sejarah Universitas Pajajaran.

Dalam penelitian tersebut ditemukan berbagai bentuk peralatan berupa alat-alat serpih  yang terbuat dari bahan obsidian, jasper, kalsedon, alat tulang, taring berupa lancipan dan spatula, perkutor, sisa-sisa moluska, jejak perhiasan dari gigi ikan (hiu), taring hewan, serta rangka manusia berupa tengkorak, atap tengkorak, dan  rangka yang cukup lengkap yang ditemukan terkubur  dalam posisi terlipat.***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: