Oleh: hurahura | 1 Januari 2013

Tengkorak “Alien” Ditemukan di Kuburan Meksiko

AlienSalah satu dari 13 individu dengan deformasi tengkorak ditemukan di sebuah pemakaman Meksiko. (DM)

erabaru.net, Sabtu, 29 Desember 2012 – Ini adalah gambar menakjubkan yang kemungkinan datang langsung dari cerita film Ridley Scott. Sejumlah arkeolog di Meksiko mengungkapkan bahwa tengkorak menakjubkan ini berasal dari seseorang yang menderita kerusakan tengkorak.

Diyakini berusia 1.000 tahun, ditemukan dekat desa kecil Onavas, Meksiko. Temuan ini diyakini menjadi yang pertama di wilayah yang menunjukkan praktek pengikatan tengkorak untuk mengubah bentuknya.

“Perubahan bentuk tengkorak dalam budaya Mesoamerika digunakan untuk membedakan satu kelompok sosial dari yang lain untuk tujuan ritual,” kata arkeolog Cristina Garcia Moreno, direktur proyek penelitian ini.

Pemakaman ini terdiri dari 25 individu, 13 diantaranya memiliki perubahan bentuk tengkorak dan lima mengalami mutilasi gigi.

“Temuan ini unik, menunjukkan campuran tradisi dari berbagai kelompok di Meksiko utara,” kata Moreno.

Penggunaan ornamen yang terbuat dari kerang laut dari Teluk California belum pernah ditemukan sebelumnya di wilayah Sonora dan penemuan ini memperluas batas pengaruh masyarakat Mesoamerika lebih jauh ke utara daripada yang telah dicatat sebelumnya, “katanya dalam sebuah video yang diposting ke YouTube.

Beberapa orang memakai ornamen seperti gelang, cincin hidung, anting-anting, dan liontin yang terbuat dari kerang, ditemukan di Teluk California, dan satu pemakaman berisi cangkang kura-kura, dengan hati-hati ditempatkan di atas perut, menurut Past Horizons.

Garcia Moreno melakukan pekerjaan ini atas nama Arizona State University dengan persetujuan dari Institut Nasional Antropologi dan Sejarah (Inah).

Mutiliasi gigi yang ditemukan diyakini sebagai suatu upacara peralihan.

“Mutilasi gigi dalam budaya seperti Nayarit itu dilihat sebagai suatu upacara peralihan menjadi remaja, ” kata Moreno.

Hal ini ditegaskan oleh temuan di pemakaman Sonora di mana lima mayat dengan gigi mutilasi adalah seluruhnya berusia 12 tahun.

Namun, dia melanjutkan, “Dalam hal ini, Anda tidak dapat mengenali perbedaan sosial karena semua penguburan tampaknya memiliki karakteristik yang sama.”

Lebih lanjut ia mengatakan, “Kami juga tidak bisa menentukan mengapa beberapa memakai ornamen dan yang lain tidak, atau mengapa dari 25 kerangka hanya satu adalah perempuan.”

Tim mengatakan jumlah bayi dan pre-pubescents bisa menunjukkan risiko tinggi yang terlibat dalam perubahan bentuk tengkorak, yang bisa membunuh kekuatan yang berlebihan dari perasan tengkorak.

Temuan ini diperkirakan terjadi pada 943 tahun Masehi dari sampel yang diambil dari salah satu individu. (Erabaru/dm/sua)

Iklan

Responses

  1. Reblogged this on intanpurbaarkeologiugm2012.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori