Oleh: hurahura | 21 Oktober 2012

Trowulan Mendesak Jadi Cagar Budaya

*Kawasan Seluas 99 Hektar Butuh Perlindungan

KOMPAS, Jumat, 19 Oktober 2012 – Kawasan Trowulan yang berisi situs peninggalan Kerajaaan Majapahit mendesak dijadikan kawasan cagar budaya. Alasannya, peninggalan Majapahit di Trowulan sudah banyak yang rusak dan hilang sehingga ke depan perlu perlindungan.

Guru Besar Arkeologi Universitas Indonesia Mundardjito mengatakan hal itu di sela-sela acara Temu Pusaka Indonesia di Pusat Informasi Majapahit, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (18/10). ”Dengan ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya, tidak ada lagi campur tangan dan gangguan dari pihak luar. Saat ini, sekitar 75 persen tanah yang merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit ini sudah rusak,” ujar Mundardjito. Kini, di sekitar Trowulan berkembang usaha pembuatan batu bata rakyat. Saat menggali tanah untuk batu bata itulah, warga sering menemukan barang-barang kuno yang diduga beks peninggalan Kerajaan Majapahit.

Penetapan kawasan cagar budaya ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Dengan adanya landasan hukum, situs bersejarah yang berada di dalam kawasan tidak boleh diganggu, baik oleh pembangunan maupun aktivitas warga.


Seluas 99 hektar

Mundardjito mengusulkan daerah Trowulan yang dijadikan kawasan cagar budaya seluas sekitar 99 kilometer persegi, mulai dari Bukit Anjasmoro di selatan hingga Daerah Aliran Sungai Kali Brantas di sebelah utara.

Setelah Trowulan ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya, menurut dia, perlu diterapkan sistem zonasi untuk menata kawasan tersebut, seperti zona inti yang berisi situs dan bangunan yang benar-benar dilindungi, kemudian zona penyangga, dan zona pendukung.

Wakil Ketua Badan Pelestarian Pustaka Indonesia Hashim Djojohadikusumo menilai, untuk melindungi kawasan bersejarah Trowulan, diperlukan semacam badan otoritas khusus yang bertanggung jawab terhadap perlindungan dan pengelolaan di dalam kawasan. (ILO)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori