Oleh: hurahura | 26 September 2010

Talud di Situs Liyangan Diperkirakan Bendungan

Kompas Jawa Tengah, Kamis, 23 Sep 2010 – Bangunan talud yang ditemukan di Situs Liyangan yang berada di Dusun Liyangan, Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, diperkirakan sebuah bendungan air. “Kemungkinan bangunan talud tersebut sebuah bendungan. Namun, kami akan memastikan dengan terus melakukan penggalian,” kata Baskoro Daru Cahyono, Peneliti dari Balai Arkeologi Yogyakarta di Temanggung, Rabu (22/9).

Menurut dia, Situs Liyangan sangat kompleks dan cukup modern. Untuk melindungi rumah-rumah sudah dibuat talud. Diperkirakan talud ini dibangun antara abad VII hingga abad IX Masehi. Tim dari Balai Arkeologi Yogyakarta dan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta kini mulai melakukan penggalian di kompleks Situs Liyangan.

Penggalian situs tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah bangunan yang berada di sebelah selatan candi itu merupakan bendungan atau talud biasa. “Penggalian ini juga untuk mengetahui sejauh mana talud penyangga tebing tempat berdirinya rumah-rumah kayu itu berfungsi, seperti apa bentuk dan seberapa panjang talud tersebut,” katanya.

Menurut Baskoro, penelitian ini juga merupakan langkah awal untuk mengetahui jenis dan karakter Situs Liyangan. (antara/son)


Responses

  1. KOK LAMA PENGGALIAN SITUS LIYANGAN, APA TIDAK SEBAIKNYA MEMINTA BANTUAN LUAR NEGERI SUPAIA CEPAT SELESAI.

  2. Memang biasanya luar negeri lebih tertarik dengan penelitian2 arkeologi di Indonesia. Kita harapkan perusahaan atau konglomerat Indonesia tertarik dengan hal2 seperti ini.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: