Oleh: hurahura | 4 Juli 2010

KITLV Gudang Ilmu Indonesia di Belanda

Banyak orang mengatakan, kota Leiden adalah gudang ilmu tentang Indonesia. Sebenarnya apa maksudnya? Salah satu gudang ilmu terpenting adalah KITLV, singkatan dari Koninklijk Instituut voor Taal en Volkenkunde yang dalam bahasa Inggris sering disebut Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Carribbean studies, Lembaga studi Asia Tenggara dan Karibia Kerajaan Belanda.


Bukan hanya perpustakaan

KITLV memiliki sekitar 600 ribu buku dan lebih kurang 320 judul. Hampir semua buku tentang Indonesia ada di lembaga yang beralamat di Reuvensplaats 2, Leiden itu. “Tentang sejarah, tentang bahasa, tentang sastra Indonesia/Melayu. Terus tentang bahasa Jawa, Sunda, Batak dst, “tandas Willem van der Molen, staf KITLV. Menurut mantan dosen bahasa Indonesia di fakultas sastra Universitas Leiden ini, buku-buku dan tulisan-tulisan itu bukan hanya dalam bahasa Indonesia saja tapi juga dalam bahasa asing, misalnya bahasa Belanda. Selain itu banyak buku berbahasa Belanda dan Spanyol tentang Karibia, kawasan bekas jajahan Belanda di Amerika Latin.

Meski dikenal sebagai perpustakaan, tapi lembaga ini bukan hanya perpustakaan saja. Karena, KITLV tidak hanya mengumpulkan buku, tapi juga melakukan penelitian dan menerbitkan buku dan majalah mengenai hasil penelitian itu. KILTV yang berkantor pusat di Leiden dan memiliki kantor perwakilan di Jakarta ini juga menerbitkan jurnal ilmiah yang disebut Bijdrage Tot de taal, land en volkenkunde.


Digitalisasi

KITLV berusaha menyelamatkan buku-buku tua dan tulisan-tulisan lain dengan menyimpannya dalam bentuk mikrofilm atau mikrofiche dan digitalisasi. “Semua artikel, semua jilid, semua terbitan dari awal sampai sekarang didigitalisasikan,” jelas Willem van der Molen. Daya buku-buku dan tulisan itu tidak hanya ditentukan oleh umurnya saja tapi terutama oleh jenis bahan yang dipakai. Kertas berkualitas koran misalnya tidak begitu kuat dibanding daun lontar.

Untuk mengakses bahan-bahan yang sudah didigitalisasi, di masa depan orang tidak perlu lagi datang mengunjungi perpustakaan. Jadi seorang mahasiswa Indonesia nanti bisa mengakses karya-karya ilmiah di KILV melalui internet. ” Orang tinggal mencari nomor atau memasukkan beberapa istilah dan melalui internet bisa mencari artikel, “tandas Van der Molen. Namun supaya bisa mengakses itu semua, orang harus menjadi anggota KITLV.

Pada saat ini orang sudah bisa menjadi anggota online. Tapi untuk sementara orang belum bisa mencari informasi sepenuhnya, karena semuanya belum selesai didigitalisasi. “Yang sudah didigitalisasi adalah bagian tertentu saja. Misalnya majalah Bijdrage tot de taal en volkenkunde tadi, “tutur Van der Molen.

Namun, kalau misalnya seorang mahasiswa di Sumatera ingin mencari buku tentang adat di Sumatera, dia belum bisa melakukannya lewat internet. Untuk itu, Van der Molen mengaku, para peminat masih harus datang ke Leiden. Bagi yang mau berkenalan dengan lembaga ini lewat internet bisa membuka: www.kitlv.nl. Dan yang mau membaca jurnal ilmiah lewat internet bisa membuka www.kitlv-journals.nl.

(ranesi.nl)

Iklan

Responses

  1. apakah saya bisa mendapatkan data lengkap tentang perkebunan2 yang dulu sempat sangat jaya di wilayah jawa

  2. pusing , belanda ke indonesia , indonesia ke belanda .
    bodokatotoloyo

  3. bisakah saya tahu dimana saya bisa membaca atau hanya sekedar melihat manuskrip2 berbahasa belanda?

    • Di Arsip Nasional, Jalan Ampera, Jakarta Selatan

  4. bagaimana caranya kami bisa mendapatkan buku silsilah raja-raja tradisional toraja seperti Raja Kanna Rante Ballah Ulusalu,Raja Sanda Boro Buntu Borrong gunung sinaji, Raja-Raja Luwu palopo sulawesi selatan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori