Oleh: hurahura | 13 Maret 2011

The Mystery of Batavia: Petualangan Menguak Sejarah Jakarta

Video Mapping dengan layar Gedung Museum Sejarah Jakarta (Foto: Nusi LE/Museum Nasional)

Petualangan “The Mystery of Batavia” bermula dari sebuah mural tak selesai dalam kamar rahasia di salah satu ruangan Museum Sejarah Jakarta. Ditemukan secara tak sengaja oleh sekelompok seniman Inggris dan Indonesia pada 2010. Dari situ, selama sekitar setahun penuh, para kolaborator antarbangsa, lintas-profesi, dan multi-generasi ini, yang terdiri dari seniman Inggris-Indonesia, sejarawan, penulis, artis, animator, desainer game, dan aktor teater, mencoba menerjemahkan misteri lukisan yang memotret penduduk multietnik Batavia di zaman pemerintahan Belanda yang tergambar pada mural sekitar 200 meter persegi karya Harijadi Sumodidjojo.

Dan hasilnya adalah cerita petualangan detektif abad ke-19 yang melibatkan mitos Pedang Pangeran Jayakarta yang hilang. Pedang yang dipercaya membawa tuah tak terhingga pada sesiapa yang menguasainya atau menjadi penjaga kota dari segala malapetaka. Empat seteru: Bek Cina, Rompak Arab, Bangsawan Eropa, dan Marsose Maluku ada di pusaran seteru. Apakah mereka yang akan menyeret Batavia pada bencana atau justru jadi penyelamat kota?

“Cerita silat peranakan gaya baru” ini dieksplorasi kembali dan disajikan dengan sentuhan kreativitas dan teknologi masa kini untuk generasi baru penikmatnya. Dalam bentuk seni perpaduan video mapping projection, interactive animated performance, komik digital, game online, dan permainan interaktif macam treasure hunt event.

Ramuan multibentuk ini adalah pengalaman baru dalam menikmati seni dan benda peninggalan budaya bagi penonton abad ke-21. Petualangan epik interaktif Mystery of Batavia ini dibuka secara resmi pada Sabtu, 2 Maret 2011 malam di halaman Museum Sejarah Jakarta, kawasan Kota Tua Jakarta. Acara ini terselenggaran berkat kerja sama British Council dengan Pemerintah Kota Jakarta dan Logika Interaktif.

Selanjutnya petulangan interaktif “The Mystery of Batavia” akan dibuka untuk umum setiap Sabtu dan Minggu. Selain menikmati langsung di Kota Tua Jakarta, masyarakat juga bisa menikmati sensasi petualangan “The Mystery of Batavia” melalui internet: www.mysteryofbatavia.com.


Glosari

Video Mapping Projection: Proyeksi visual bisa berupa teks, foto, animasi, gambar bergerak, pada bidang bangunan apa pun. Elemen dan tekstur bidang ini dimanfaatkan seniman proyeksinya untuk mendapatkan sensasi visual yang baru, hingga tampak nyata dan hidup. Video Mapping Projection dikembangkan oleh para DJ video di klub-klub di Inggris dan Jerman sekitar tiga tahun lalu.

Interactive Animated Performance: Seni pertunjukan yang melibatkan teknologi gambar bergerak, seni pertunjukan teater, dan interaksi aktif penontonnya. Penonton bukan cuma penikmat, tapi juga partisipan aktif dalam pertunjukan.

Online Games: Permainan digital yang bisa diakses/dimainkan di layar komputer lewat medium Internet.

Komik digital: Gambar bercerita yang terbit, didistribusi, dan dinikmati lewat internet di layar komputer.

Treasure Hunt Event: Permainan mencari dan merangkai petunjuk-petunjuk untuk memecahkan teka-teki yang mengantarkan pada tujuan, menemukan harta berharga yang hilang.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori