Oleh: hurahura | 20 April 2010

Arkeolog Mesir Temukan Makam Abad ke-3 SM

Selasa, 13 April 2010 – KAIRO–Tim arkeolog Mesir menemukan 14 makam dari abad ke-3 sebelum Masehi (SM) yang salah satunya adalah mumi perempuan yang mengenakan perhiasan yang rumit dan indah. Makam dari zaman Yunani-Romawi yang ditemukan ini terletak di Oase Bahariya, 300 kilometer barat daya Kairo.

Penemuan ini diindikasikan hanya sebagian kecil dari pemakaman yang lebih besar lagi. Pada penggalian yang hasilnya diumumkan pada Senin (12/4) ini pun ditemukan mumi wanita setinggi 97 cm di bawah tangga dan yang dikubur dengan perhiasan berwarna-warni.

Selain mumi, tim arkeologi juga menemukan sejumlah barang berharga lainnya. Pemerintah Mesir rencananya akan mengubah status area tersebut, dari pusat kegiatan pemuda menjadi situs bersejarah Mesir.

“Awalnya, penggalian hanya menemukan empat topeng anthropoid (menyerupai manusia) yang terbuat dari plester, kepingan yang berukirkan gambar empat anak Horus, beberapa koin uang logam, serta tanah liat,” kata kepala tim peneliti, Zahi Hawass.

Empat topeng wajah yang ditemukan dipercaya merupakan wajah dari Imsety, Duamutef, Hapi, dan Qebehsenuef, yang merupakan dewa kuno Mesir. Sementara ukiran yang ditemukan di makam menunjukkan adanya pengaruh religi Mesir dalam periode Yunani-Romawi.

Para dewa itu dipercaya melindungi berbagai organ tubuh mumi seperti perut, hati, lambung, usus, dan paru-paru. Adapun Oase Bahariya juga dikenal sebagai Valley of the Golden Mummies. Pada 1996 di sana ditemukan 17 makam dengan 254 mumi.

(republika.co.id)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori