Oleh: hurahura | 30 Oktober 2012

Ekskavasi Jambangan Lacak Migrasi

KOMPAS, Sabtu, 27 Oktober 2012 – Ekskavasi goa Jambangan di Kecamatan Kademangan, Blitar, Jawa Timur, berakhir Kamis (25/10). Goa Jambangan salah satu titik ekskavasi dalam usaha studi paleoantropologi Universitas Gadjah Mada dan Universitas Airlangga menemukan jawaban atas pertanyaan penduduk asli atau sejarah hunian Indonesia.

”Jawa dan umumnya Nusantara dikenal sebagai perlintasan ras-ras manusia kuno, sebelum akhirnya bisa menghuni dan menetap setelah mengembangkan permukiman dan domestikasi pertanian,” kata Rusyad Adi Suriyanto dari Laboratorium Bioantropologi dan Paleoantropologi UGM di Blitar, kemarin. Hasil riset, termasuk dari masa penelitian zaman kolonial, meyakini bahwa kepulauan Nusantara merupakan titik temu dua kelompok ras Asia daratan dengan ras penghuni kepulauan Pasifik.

Ekskavasi di Kademangan, Blitar, dilakukan 21 mahasiswa Program Studi Antropologi FISIP Unair selama tiga hari. Goa Jambangan sepanjang 50 meter dan tinggi belasan meter diyakini tempat manusia kuno Jawa masa 10.000-7.000 tahun silam.

”Mereka manusia modern seperti kita, tetapi hidup dengan kebudayaan sederhana. Bisa dikategorikan dari masa akhir kebudayaan paleolitikum (zaman batu tua) atau awal paleometalik (peradaban logam). Selain peralatan kebudayaan, tim juga menemukan sisa makanan dari flora dan fauna,” kata Rusyad.

Pengajar pada studi Paleoantropologi FISIP Unair, Toety Koesbardiati, mengakui, banyak hal bisa dijelaskan dari temuan itu, tapi perlu studi lanjut.

Goa kapur di Blitar, Malang, dan Tulungagung telah menjadi sasaran riset karena temuan tumpukan bekas makanan dan alat manusia kuno. (ODY)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori