Oleh: hurahura | 23 Juni 2011

Seminar “Tradisi Perawatan Pusaka”

Balai Konservasi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Kamis, 23 Juni 2011 menyelenggarakan seminar ’Tradisi Perawatan Pusaka’ yang diikuti berbagai kalangan akademis, termasuk sejumlah staf dan pengelola museum. Tiga makalah disajikan dalam seminar tersebut.

Makalah pertama disampaikan oleh Hartanto berjudul “Arca Dewa pada Wihara Toasebio”. Menurut penuturan Hartanto, perawatan arca, perlengkapan sembahyang, dan bahan bangunan masih menggunakan cara-cara tradisional, yakni disiram dengan air. Perawatan dilakukan setahun sekali menjelang tahun baru Imlek. Untuk benda-benda logam hanya dilakukan dengan lap.

Makalah kedua disampaikan oleh Arief Djoko Budiono, koordinator museum-museum di Taman Mini. Diuraikan pengertian pusaka, yang meliputi pusaka alam, pusaka budaya, dan pusaka saujana. Arief mengatakan, pusaka yang diterima dari generasi-generasi sebelumnya sangat penting sebagai landasan dan modal awal bagi pembangunan masyarakat Indonesia di masa depan. Karena itu harus dilestarikan untuk diteruskan kepada generasi berikutnya dalam keadaan baik, tidak berkurang nilainya, bahkan perlu ditingkatkan untuk membentuk pusaka masa datang.

Makalah ketiga disampaikan Haryono Haryoguritno, seorang pakar keris. Menurut Haryono, pada dasarnya keris mempunyai tujuh unsur, yakni sejarah, tradisi, sosial, seni, falsafah, simbolisme, dan mistik. Penilaian terhadap keris yang baik tergantung pada sejumlah unsur, seperti keutuhan, kualitas besi, cara mengerjakan, pamor, dapur, tingkat kenyaringan, kelangkaan, dan nama empu pembuatnya. Pada kesempatan itu dilakukan juga demo cara-cara perawatan keris menggunakan cara-cara tradisional, seperti jeruk nipis, air, dan minyak. (djulianto susantio)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori