Artefak


CANDI

Candi Badut

Candi Batujaya

Candi Brahu

Candi Cangkuang

Candi Ijo

Candi Jabung

Candi Jedong

Candi Kedulan

Candi Borobudur

Candi Canggal

Candi Prambanan (Loro Jonggrang)

Candi Miri

Candi Panataran

Candi Pegulingan

Candi Pringapus

Candi Kimpulan

Candi Lumbung

Candi Retno

Candi Risan

Candi Samberan

Candi Sari

Candi Sewu

Candi Singosari

Candi Tengaran

Candi Gedongsongo

Candi Plaosan Lor

Candi Watugudig

Candi Muara Takus
(kiriman Almoexco Moex)



PRASASTI

Prasasti Kalasan

Prasasti Ngrawan

Prasasti Yupa

Prasasti Plumpungan-Hampran

Prasasti Gondosuli

Prasasti Anjukladang

Prasasti Bukit Gombak

Prasasti Kawali

Prasasti Munduan

Prasasti Sangkhara

Prasasti Saruaso

Prasasti Wurudukidul

Prasasti Gajah Mada

Prasasti Talang Tuo

Prasasti Kamalagyan

Prasasti Cunggrang II
(Koleksi Trigangga)

Prasasti Dinaya II

Prasasti Ukir Negara I (Pamotoh)
(Koleksi Ferry Riyandika)


(Sebagian besar foto CANDI dan PRASASTI diambil dari berbagai website dan Facebook. Sebagian kecil kiriman dari pengakses blog, mohon maklum)

Responses

  1. Kok Candi Muarajambi ga ada ya?

    • Nanti dikit2 saya masukkan candi2 di seluruh Indonesia

      • bang sekalian alamat ditemukan dan thnnya dunk..

      • Coba kunjungi indonesiakuno.com. Di situ ada tulisan banyak candi. Situs itu saya kelola bersama teman. Meskipun harus mengeluarkan dana dari kantong sendiri, saya harapkan masyarakat terbantu.

  2. Candi Samberan daerah mana ya kang ? Foto candinya dibanyakin dan nambah keterangan dan juga di sendiriin aja……….

  3. mantap…tapi kurang banyak candinya….

    • Sedikit demi sedikit yah. Percayalah, suatu saat blog ini akan menjadi besar. Sedang diusahakan penulisan ttg candi, prasasti, keramik, arca, naskah, dan berbagai benda arkeologi lain. Harap dimaklumi, blog ini hanya dibuat dgn idealisme semata. Belum ada dukungan dari pihak mana pun. Blog ini dikerjakan jika ada wkt senggang.

  4. Buat Semua:
    saya punya warisan 3 buah Kapak Lonjong. yang pasti saya ada niat untuk jual. kalo di jual harhanya berapa yah ?

    thanks

    081210800782

  5. maaf pak….prasasti mundulan itu seperti prasasti yang di pamerkan di museum sono budoyo ya pak…
    dan prasasti2 yang pernah di temukan di yogyakarta dan sekitarnya seringnya di pamerkan di mana…soalnya saya senang ngeliatnya dan mw serta ingin bealajar tentang pembacaan prasati…trima ksih

  6. bagus… perlu di pertunjukan ke anak cucu kita

  7. sudah jarang anak cucukita yang tau, apa itu candi….!!!

  8. memang indonesia tetap indonesia, bukan amerika bukan pula austarali, kita banya suku2 di indonesia, banyak pula anekaragam adat N iatiadat,,, ada pula candi yg telah membuat nama indonesia basar di dunia luar sana,,, tetapi kenapa …… anak cucu kita lupa… akan siap kah N bagai anakah bangsa ini dulu nya…….

  9. Djoe, antara gambar prasasti Wurudu Kidul dan prasasti Talang Tuo (Sriksetra) itu bukan prasasti Canggal, melainkan prasasti Gajah Mada. Thanks atas perhatiannya.

    • Ok, tks Ga

  10. Mana Gambar Candi Yang di Sumatera?

    • Sedang menunggu kiriman foto terbaru

  11. Di desa Sadon, kec Plaosan, kab Magetan Jawa Timur, ada candi jaman empu Sindok, penduduk bilang namanya candi reyog, bentuknya memang kaya reyog, dalam sebuah komplek, ada makaranya dll.

    • infonya sudah saya sampaikan ke Balai Arkeologi dan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala, tks.

  12. Mau tanya info.. , katanya ada ekskavasi baru yang dekat candi muara takus ?
    Apa benar..?

    • Nanti saya tanyakan kepada pihak terkait…kalau April lalu ekskavasi di Sumbar untuk menguak peran Adityawarman

  13. mau tanya pak? prasasti Ngrawan berasal dari mana dan angka tahunnya berapa?

    • saya sedang minta info ke teman2 yang pernah ke sana, tapi belum dapat balasan…

  14. apa mampu pak membuat daftar indeks (katalog) candi2 di seluruh indonesia??? jumlahnya buanyak sekali lho ,, mungkin sebanyak greja atau mesjid di era sekarang ini lho ,,,,

    • Sebenarnya kalau ada sponsor bisa cepat jadi. Skrg hanya kerjaan sambilan, jadi mengumpulkannya dikit2. Apalagi saya gak punya kantor, shg masih memikirkan nafkah. Kalau teman2 arkeo mempunyai tulisan ttg candi, boleh saja kirim ke saya. Kita usahakan bikin buku candi2 Hindu dan candi2 Buddha dalam bahasa populer

  15. pak hurahura apkah anda hanya menunggu d rumah saja tidak ikut serta dalam pencarian?
    klu bgt bkan anda dong yang mengerjakan anda tidak berhak mengeluarkan blog tas nama anda tp nama orang yang mencari jg hrus ikut

    • Maksudnya apa, saya tidak ngerti? Setiap orang boleh mengeluarkan blog atas namanya sepanjang mengikuti etika penulisan. Membuat blog tidak harus mencari sendiri, bisa saja tulisan orang asalkan menyebut nama atau sumbernya.

  16. Pendatang baru ini PAK HuraHURA ,Wahh senangnya lihat banyak gambar candi ,tapi mana yah gambar candi di Sumateranya?????Penasaran saya

    • Saya sedang mencari sponsor untuk melakukan perjalanan ke candi2 di Sumatera. Kalau menulis dan memotret sendiri terasa lebih memuaskan.

  17. masih banyak lagi candi2 dan prasasti yang masih belum di ketahui masyarakat..

  18. Memang benar, bahkan masih ada yang terpendam. Saya masih kesulitan untuk mendapatkan foto candi dan prasasti. Juga foto artefak lain.

  19. kekaya an indonesia memang gak ada habisnya
    apa mungkin masih banyak yang terpendam

  20. Saran pak,
    Kalau bisa, terakan alamat lengkap lokasi masing2 tsb !
    Syukur2 ada keterangan singkat data2 pentingnya.

    Artikelnya bagus banget.
    Mdh2 bs dijadikan acuan.

    • Sedang diusahakan pembuatan tulisan candi secara lengkap, termasuk latar penemuan, latar sejarah, dan uraian deskriptif. Tulisan prasasti yang sedang diusahakan adalah alih aksara dan terjemahan.

  21. Saya ingin lebih mengetahui sejarah candi Jiwa yang ditemukan di Kabupaten karawang, dan apakah selanjutnya akan ada rekontruksi untuk candi tersebut, Selanjutnya usaha apa saja yang sudah dan akan dilakukan baik pemerintah maupun lembaga lembaga arkeologi Indonesia dalm upaya mengembalikan artefak-artefak yang jumlahnya ratusan yang sekarang ada di negeri belanda
    terimakasih;

  22. Mudah2an arkeolog di bidang penelitian dan birokrat bisa memberikan jawaban ttg Candi Jiwa…masalah pengembalian artefak dari mancanegara, terutama Belanda, setau saya sudah menjadi pemikiran sejak lama…bbrp artefak spt naskah nagarakretagama, arca prajnaparamita, gong dari sumedang sudah dikembalikan…namun ironis, pemeliharaan di sini kurang serius karena dananya minim…menurut saya utk sementara biarkan dulu di sana karena utk menampung banyak artefak perlu museum yang besar…

  23. pak hurahura punya info tentang prasasti gegurit/guritan yang ditemukan di jombang?terima kasih sebelumnya

    • Saya tidak punya, mungkin teman2 lain bisa membantu

  24. di dekat daerah kami, di desa sengi dan sewukan kecamatan dukun kab. magelang ada 3 candi yang jaraknya berdekatan, namanya Candi Asu, Candi Pendem, dan Candi Lumbung. Waktu SD dan SMP kami pernah berwisata kesana

  25. melayu/mulia you /asal kata ,urang yang di muliakan,sebagai pembuktian, mereka memuliakan serta menjunjung tinggi allah subhanahuataala dengan menyembah tuhan yang satu ,inilah buktinya urang yang di muliakan……..melayu….

  26. urang yang di muliakan ,sudah tentu yang di terima taubatnya ,meskipun sebelum itu mungkin juga ada melakukan kesalahan ,jadi bila minta ampun serta bertaubat kepada allah subhanahuataala sesuai dengan petunjuk tuhan itu sendiri,maka di terima taubat nya,maka kembalilah ia mulia semula serta di muliakan ,ya siapa yang memuliakan nya sudah tentu tuhan yang menjadikan nya,mulia semula ,hanya tuhan yang ada hak memuliakan se seorang ,pembuktian nya urang itu di muliakan sudah tentu ia hanya menyembah tuhan yang satu ,tuhan yang berdiri dengan sendiri nya serta tiada sekutu baginya ,itulah allah subhanahuataala.

  27. di sumatra adalah asal usul dari bangsa melayu ,asal kata melayu ialah mulia/mulia you/jadi urang yang mulia hanya menyembah allah subhanahuataala cuma/jadinya urang menyembah allah subhanahua taala tidak meninggalkan candi /cuma candi di tinggalkan di sumatra sewaktu ady tawarman di beri kesempatan tinggal di pagaruyung waktu itu cuma /sebelum ady tiawarman/selepas ady tiawarman penggunaan candi tidak ada di sumatra,itu sebabnya di panggil bangsa melayu /bangsa yang mulia /sebab nya di hanya menyembah allah subhanahuataala cuma sebagai tuhan yang esa/sebagai bangsa yang langsung di turunkan dari surga …………..itulah raja pagaruyung ,4 patah perkataan , 1 pagar 2 ruyung 3 batu 4 sangkar ,artinya bangunan ,batusangkar/sangkar batu /bangunan batu yang di buat seperti sangkar ,pada asalnya, yang membuatnya adalah raja dan kerajaan pagaruyung sebelum menebar keseluruh penjuru alam belahan lainya /seluruh dunia,ya inilah yang di sebut ber guru ke alam takambang falsafah asal alam minang kabau tempat nya undang undang dunia di karang yang di tuang langsung dari dalam surga……..

  28. bagus juga sih….

  29. (y)

  30. Tadi aq liat ada patung lembu, kalo gak salah itu patung “nandiswara” ya?? di taman kampusku ada patung nandi yg sama dengan gambar tadi, tapi sayang ga keurus,dan kayaknya itu patung asli,bukan replika…

  31. blog ini sangat bermanfaat dan memberi info yang jelas bagi orang yang masih awal trhadap pnelitian arkeologis seperti saya. juga menginpirasi para peneliti lain yang sudah profesional supaya terbuka membagi infonya tntang ilmu arkeologi, sehingga setiap orang dapat menyempurnakan pnelitian tingkat lanjut dan demi kmajuan ilmu arkeologis indonesia.Joss dan jempolan buat anda…Aminn

  32. mnng bedanya apa “.. artefak . candi . prasasti, om mau tahu nich …bisa tau tu candi peninggalan dari kerajaan majapahit ….tau dari mana ya ?

  33. siap jadi relawan….saya adalah arkeolog yang gak kesampaian….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.700 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: