Oleh: hurahura | 16 September 2012

Filologi: Ribuan Naskah Kuno Terabaikan

KOMPAS, Kamis, 13 September 2012 – Ribuan naskah kuno yang tersimpan di Indonesia terabaikan, tak terawat, dan rusak. Masyarakat Pernaskahan Nusantara berupaya menyelamatkan dengan menyimpan naskah secara digital, yang saat ini sekitar 5.000 di antaranya berhasil dibuat dalam bentuk digital.

Demikian diungkapkan Ketua Umum Masyarakat Pernaskahan Nusantara Oman Faturahman dan pengajar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, Sudibyo, di sela-sela simposium ”Peran Istana dalam Tradisi Pernaskahan Nusantara” di Yogyakarta, Rabu (12/9).

Menurut Sudibyo, penyebab terbesar telantarnya naskah Nusantara adalah perhatian minim pemerintah. ”Saat ini penyelamatan naskah kuno justru banyak dilakukan lembaga asing. Digitalisasi naskah kuno juga dilakukan universitas di Jerman,” katanya.

Cara memperlakukan naskah lampau di Indonesia, menurut dia, memang tak seperti di negara Barat. ”Orientasi kita masih praktis dan pragmatis, selalu berpikir memperoleh uang secara langsung. Naskah-naskah kuno tak memberikan itu,” ujarnya.

Oman Futurahman menyatakan, pelestarian naskah kuno tak hanya fisik berupa digitalisasi, tetapi juga melestarikan isinya dengan pembacaan dan penelaahan isi yang tak bisa diingkari bisa menjadi teladan hidup pada masa kini.

”Misalnya ajaran Astabrata yang sudah diterjemahkan Puro Paku Alam. Naskah ini mengisahkan konsep kepemimpinan Jawa masa itu yang bisa dipelajari sekarang,” ucapnya.

Selain itu, naskah kuno juga banyak membahas obat-obatan. ”Setidaknya, ini bisa jadi acuan atau bahan penelitian dunia kedokteran,” kata Oman. (TOP)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.686 pengikut lainnya.