Oleh: hurahura | 22 Juni 2012

Kompetensi: Tenaga Cagar Budaya Disertifikasi

KOMPAS, Sabtu, 16 Juni 2012 – Sebagai tahap awal sertifikasi kompetensi sumber daya manusia di bidang kebudayaan akan diberlakukan pada bidang cagar budaya. Pertimbangannya, posisi petugas perlindungan cagar budaya paling rawan dan terancam karena kerap bersinggungan dengan persoalan hukum.

”Misalnya, petugas di situs-situs cagar budaya yang bertabrakan dengan kepentingan industri pertambangan atau perkebunan,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti seusai menandatangani nota kesepahaman bersama antara Kemdikbud dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Jumat (15/6), di Jakarta.

”Ancaman terbesar ada di cagar budaya di berbagai daerah. Pemerintah daerah harus dibantu untuk menyelamatkan situs- situs cagar budaya,” ujarnya.

Wiendu menekankan sertifikasi kompetensi akan diberikan kepada SDM yang mampu membaca nilai penting suatu cagar budaya antara lain benda, situs, atau monumen, termasuk artefak di museum.


Pengakuan keahlian

Ketua BNSP Andjat Daradjat mengatakan, sertifikasi ini merupakan produk hukum legitimasi pengakuan keahlian seseorang. Tugas BNSP adalah menjamin dan memastikan kompetensi tim ahli tetap terpelihara. Caranya, dengan sertifikat kompetensi melalui uji kompetensi berdasarkan standar kompetensi.

”Ini hanya sinyal terakhir bahwa seseorang itu memang ahli dan mendapat pengakuan,” kata Andjat.

Kini tim ahli nasional cagar budaya berjumlah 13 orang dengan latar belakang profesional dan akademik yang beragam. Pembentukan tim ahli ini sesuai UU No 11/2010 tentang Cagar Budaya. (LUK)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.686 pengikut lainnya.