Oleh: hurahura | 12 Mei 2012

Daftar Komunitas Peduli Sejarah dan Budaya

1. Komunitas Historia Indonesia (KHI) – Jakarta

KHI didirikan oleh beberapa mahasiswa jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jakarta (UNJ)—dulu IKIP Jakarta—dan mahasiswa Jurusan Sejarah Universitas Indonesia (UI) pada 22 Maret 2003. Nama semula adalah Komunitas Peduli Sejarah dan Budaya Indonesia (KPSBI-Historia). Komunitas tersebut kini lebih dikenal sebagai Komunitas Historia Indonesia (KHI).

Inspirasi dibentuknya KHI bermula dari buah pemikiran, inisiatif, dan prakarsa Asep Kambali (sang pendiri, mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah UNJ) yang ketika itu menjabat sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Jurusan Sejarah UNJ yang menggelar Lomba Lintas Sejarah bagi siswa SMA se-Jabodetabek.

Dalam kegiatan itu para siswa melakukan napak tilas dan amazing race ke beberapa museum dan situs sejarah yang berhubungan dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia selama satu hari penuh. Kegiatan yang didukung oleh semua museum tujuan dan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI ini ternyata mendapat respon positif dari berbagai pihak dan sangat dinikmati oleh para peserta lomba.

Alamat Sekretariat KHI: Jl. Pejompongan Baru No. 15A, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat 10210, nomor kontak 021.3700.2345, 021.574.2389, 0818.0807.3636, website: komunitashistoria.org

2. Komunitas Jelajah Budaya (KJB) – Jakarta

Komunitas Jelajah Budaya (KJB) adalah sebuah komunitas independen yang peduli pada seni, budaya, bangunan tua serta peninggalan sejarah bangsa. KJB didirikan pada 17 Agustus 2003 oleh beberapa mahasiswa dan alumni perguruan tinggi di Jakarta sebagai bentuk keprihatinan terhadap kurangnya perhatian dan apresiasi masyarakat terhadap warisan budaya bangsanya, baik berupa bangunan bersejarah yang telah menjadi Bangunan Cagar Budaya (BCB) maupun kesenian tradisional.

Kegiatan KJB meliputi Jelajah Kota Toea, Night Time Journey at Museum, Diskusi sejarah & budaya serta launching produk perusahaan. Saat ini KJB diketuai Kartum Setiawan.

Alamat Sekretariat KJB: Jl. Lapangan Stasiun No. 1 Jakarta-Kota, nomor kontak 0817 9940 173, email: kartum_boy@yahoo.com, dan blog Jelajahbudaya.blogspot.com

3. Komunitas Jelajah (Komjel) – Jakarta

Komunitas Jelajah merupakan komunitas yang menaruh minat terhadap peristiwa, tempat, dan bangunan yang memiliki nilai sejarah. Komunitas ini bertujuan menumbuhkan rasa cinta terhadap sejarah, budaya dan sains, termasuk peristiwa, tokoh, tempat, dan peninggalannya.

Komunitas Jelajah diprakarsai oleh Hamdani Masil (Dhani), dan resmi didirikan pada 15 Agustus 2010 oleh C. Musiana Yudhawasthi (Ina). Berangkat dari kecintaan pada topik sejarah dan budaya serta kegemaran melakukan perjalanan, kecintaan tersebut diwujudkan dalam berbagai kegiatan yang awalnya diselenggarakan bersama beberapa rekan, Febrian Alam Vedaxena (Ian), Sabila Evaswantry (Lala) dan Anisa Padang Pelangi (Angi).

Dalam perjalanannya, berawal dari keprihatinan terhadap proses belajar, komunitas membangun jaringan untuk memasyarakatkan learning expeditions yang dikemas dengan nama Jelajah (Jejak Langkah Sejarah). Jelajah merupakan class without class. Jelajah mengemas standar kompetensi sekolah dalam bentuk penelitian langsung di lapangan secara terpadu.

Sejak 2012 Komjel menyelenggarakan Anugerah Purwakalagrha (Museum Awards) untuk museum-museum di Jakarta. Selain itu memberikan penghargaan pengabdian sepanjang hayat (lifetime achievement) kepada tokoh permuseuman, kesejarahan, dan kepurbakalaan.

Alamat Sekretariat Komjel: Puri Sriwedari Cibubur Blok A-19, Harjamukti, Cimanggis, Depok 16954, Telp./Faks. 021-84598128, 08161845072; email: komunitasjelajah@gmail.com atau inadhani@gmail.com

4. Klub Tempo Doeloe (KTD) – Jakarta

KTD adalah sebuah klub para pecinta sejarah dan budaya, terutama sejarah dan budaya Indonesia. Klub ini berdiri pada 10 April 2010.

Visi KTD adalah Mewujudkan Sejarah dan Budaya Untuk Seluruh Masyarakat. Sementara misi KTD membangkitkan sejarah dan budaya Indonesia kepada masyarakat.

Alamat Sekretariat KTD: Jl. Sumur Batu Raya A3 No.11B, Kemayoran, Jakarta Pusat 10460, email: klub_tempodoeloe@yahoo.com, blog: klubtempodoeloe.blogspot.com, nomor kontak: 0856.9766.4542, 0818.0857.5525, dan 0813.8104.6352

5. Pesona Jawa – Jakarta

Pesona Jawa adalah sebuah komunitas jalan-jalan dengan kegiatan (1) mengajak berpetualang dan menjelajah, (2) peduli akan keindahan dan eksotisme Nusantara, dan (3) menikmati kekayaan sejarah dan keragaman budaya di Indonesia.

Pesona Jawa dibentuk pada awal November 2009 oleh beberapa arkeolog. Pada awalnya jalan-jalan yang dilakukan baru sebatas mengunjungi situs-situs arkeologi di Jawa Barat. Setelah itu berkembang dengan mengunjungi tempat-tempat yang mempunyai nilai eksotis dan budaya menarik. Dari situlah nama Pesona Jawa muncul. Pesona Jawa juga menyediakan jasa guide dalam bidang Arkeologi/Sejarah, Sosial & Budaya, dan Adventure/Camping/Hiking.

Komunitas Pesona Jawa beralamat Jl. Lapangan Stasiun No. 1 Jakarta-Kota, kontak: Marsad 0813 8480 5996, (021)940 07 574 dan Doreng 0856 9503 9909, (021)326 87 343, email: marsad_ark@yahoo.com, dan http://pesonajawanusantara.wordpress.com

Sahabat6. Sahabat Museum (Batmus) – Jakarta

Merupakan komunitas masyarakat pecinta museum Indonesia yang berbasis di Jakarta. Diprakarsai oleh Ade Purnama. Kegiatan utama komunitas ini adalah menjelajahi berbagai museum di Indonesia dengan tujuan untuk melestarikan budaya dan mengenalkan sejarah kepada masyarakat umum. Dalam kunjungannya ke berbagai museum, selain dipandu oleh Ade Purnama, terkadang juga dipandu oleh ahli sejarah profesional, baik dari dalam maupun luar negeri.

Kontak: Adep (0818-949682), adep@cbn.net.id, Milis: SahabatMuseum-subscribe@yahoogroups.com, Website: sahabatmuseum.com atau batmus.com, dan Facebook: http://www.facebook.com/SahabatMuseum

DHC7. Depok Heritage Community (DHC) – Depok

Komunitas ini berdiri pada 5 Juli 2011, bertujuan mengangkat cerita dan peninggalan Depok tempo doeloe yang sudah nyaris tergerus modernisasi. Kini DHC memiliki 160 anggota.

Aktivitas DHC lebih ke pelestarian, bukan jalan-jalan. Diharapkan nantinya aset-aset berusia tua di kawasan Depok menjadi cagar budaya.

DHC bercita-cita mengembangkan Kota Tua Depok di wilayah Jalan Pemuda menjadi seperti Kota Tua Jakarta yang sudah terkenal sebagai tempat wisata.

DHC bisa dihubungi di https://www.facebook.com/groups/178778325521326/?fref=ts atau Ratu Farah Diba (08159904987).

Print8. Komunitas Bhumi Muda – Jakarta

Sebuah komunitas pecinta budaya dan seni yang memiliki kepedulian untuk memberikan kontribusi nyata bagi pelestarian budaya dan seni Indonesia kepada kalangan muda, dari anak usia sekolah dasar sampai dengan anak usia sekolah tingkat atas.

Membawa langsung budaya, seni, dan sejarah langsung kepada para pemuda dari tingkat sekolah dasar sampai dengan menengah atas. Mengemasnya dengan menarik, komunikatif, dan mendidik.

Visi:
Menanamkan kebanggaan akan kebudayaan Indonesia sehingga terbentuk generasi muda yang memiliki jiwa toleransi yang berintegritas.

Misi:

  1. Mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada anak usia Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah atas (SMA).
  2. Menambah wawasan mengenai kebudayaan asing yang ada kepada anak usia Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA).

Arti Logo:

  • Gunungan: melambangkan bumi, tanah, dan dunia.
  • Matahari terbit: menggambarkan semangat muda
  • Warna kuning dan orange pada matahari: mencerminkan pemikiran dari para pemuda yang cemerlang
  • Coklat tua: mengibaratkan tanah tempat berpijak
  • Putih: kedamaian

E-Mail: bhumimudacommunity@gmail.com
Facebook: Komunitas Bhumi Muda
Twitter: Bhumi_Muda
Alamat: Jl Cempaka Putih Barat XI No. 13 E, Jakarta Pusat 10520

Logobaru-kpmi9. Kelompok Pencinta Museum Indonesia (KPMI)

Pembentukan Kelompok Pencinta Museum Indonesia (KPMI) diawali dari minat yang sama untuk mengunjungi museum-museum di Jakarta. Untuk mewadahi kesamaan ide dalam mencintai dan memasyarakatkan museum, maka dibentuklah kelompok ini yang pengurus dan anggotanya berasal dari berbagai komunitas. Kelompok Pencinta Museum Indonesia secara resmi didirikan di Jakarta pada 4 Juli 2013.

Visi Kelompok Pencinta Museum Indonesia adalah “Melalui Museum Melestarikan Budaya Bangsa”. Sementara Misi Kelompok Pencinta Museum Indonesia antara lain:

  1. Memperkenalkan dunia permuseuman kepada segenap kalangan masyarakat.
  2. Memberi masukan mengenai tata kelola permuseuman kepada pihak museum.
  3. Membantu program pemerintah dalam bidang permuseuman agar museum dapat menjadi objek pendidikan, objek kebudayaan, serta objek pariwisata yang berkualitas.

Alamat: Jalan Percetakan Negara Gang III No. 19, RT 005 RW 01, Kel. Rawasari, Kec. Cempaka Putih, Jakarta Pusat – 10570
Telepon: 0812 8233 0909
Email: pencinta.museum@gmail.com atau kelompok.pencinta.museum.ind@gmail.com
Facebook: Museum di Hatiku

(Mohon kirim info komunitas peduli sejarah dan budaya yang ada di kota Anda)

About these ads

Responses

  1. Reblogged this on www. Budaya.com.

  2. mau nanya.. wisata budaya itu sama dengan wisata sejarah ga? tau bisa disamakan wisatabudaya dan sejarah

  3. Batik is Amazing!!! apalagi kalo udah punya baju atau batik sendiri.

    agan/sist yg terhormat, kami dari pemegang merk dagang Batik aqila Menyediakan berbagai Produk BATIK murah dan berkualitas.

    BATIK – ANEKA batik-BAJU batik – KEMEJA batik – kaos BATIK – batik SARIMBIT- TOPI batik – CELANA batik – BLOUSE batik – JAKET batik – JUAL batik – batik MURAH – GROSIR batik – PAKAIAN batik – ACCESSORIS batik – batik PEKALONGAN
    JUAL ANEKA macam BATIK, TOPI, KAOS, BAJU, KEMEJA, CELANA, PAKAIAN, HARGA MURAH DAN GROSIR, terima PARTAI BESAR DAN KECIL

    silahkan kunjungi kami di toko online kami http://www.kaosbatikpekalongan.wordpress.com
    Batik Aqila For Smart Fashion
    Kepuasan Anda berbelanja di tempat kami, adalah kebanggaan bagi kami.

  4. Salam kenal !
    Pertanyaan :
    Adakah komunitas pencinta seni-budaya Indonesia yang
    bersifat lintas agama dan mencakup segala usia ?
    Terima kasih.

    Ibu Santy Chr.

    a

  5. kalau komunitas seperti ini di jogja ? apa ada ?

  6. Kirimnya kemana?
    Komunitas ku bisa dimasukin ga?

    Yayasan Riau Heritage


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.725 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: