Oleh: hurahura | 7 November 2010

Purbalingga Sentra Industri Zaman Purba

metrotvnews.com, Kamis, 4 November 2010 – Arkeolog Profesor Doktor Hary Truman Simanjuntak dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional menyatakan, Purbalingga menjadi sentra industri pada zaman purba sejak 3.500 tahun lalu atau sekitar 1.490 sebelum Masehi.

“Purbalingga terutama di daerah Limbasari, Tipar Ponjen, dan Onje, pada 3.500 tahun yang lalu ternyata adalah sebuah sentra industri yang cukup maju untuk memproduksi aksesoris seperti gelang batu, kemudian alat-alat rumah tangga seperti beliung dan tembikar batu,” kata Hary saat memberikan paparan di depan puluhan guru sejarah dalam Sosialisasi Arti Penting Warisan Budaya di Aula Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Purbalingga, Kamis (4/11).

Menurut dia, hal itu diperkuat dengan penemuan banyak gelang, beliung, dan tembikar yang terbuat dari batu. Bahkan, Hary menyatakan kagum dengan kemajuan teknologi penutur Austronesia yang menjadi penduduk Purbalingga zaman itu. Saat memasuki zaman logam, kata dia, penduduk Purbalingga masa itu juga sudah melakukan imitasi seperti membuat bajak dari batu yang terinspirasi bajak dari logam.

“Meskipun banyak artefak yang ditemukan di Purbalingga, hingga saat ini tidak satupun fosil manusia purba yang ditemukan,” katanya. Terkait hal itu, Hary mengatakan, para peneliti untuk sementara berkesimpulan bahwa lapisan tanah di Purbalingga terlalu asam sehingga mampu menghancurkan segala fosil organik baik manusia maupun hewan.

“Kendati demikian, saya tetap berkeyakinan suatu saat fosil-fosil tersebut pasti akan ditemukan. Hanya saja dibutuhkan keuletan untuk menggalinya,” kata Hary Truman. (Ant/DOR)

About these ads

Responses

  1. bos
    di kampung saya ada batu besarnya kira2 dua kali lebih besar dari ukuran rumah,, dan diatas batu terdapat banyak jejak kaki purbakala,,, yang paling mencolok adalah ada satu jejak manusia di situ padahal yang lain seperti jejak binatana,,, coba di telusuri

    almat = dusun karanggude, desa krangean, kec. kertanegara, purbalingga

  2. iya bnr, dulu aku pernah jalan2 ma anak2 smp 1 kertanegara liat batu gede tersebut. itu jejak beneran ato pahatan manusia perlu diteliti lebih lanjut.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.656 pengikut lainnya.