Oleh: hurahura | 8 September 2010

Candi Borobudur Dibangun Oleh Nabi Sulaiman?

Sudah sejak lama Candi Borobudur dipandang sebagai candi Buddha yang dibangun oleh wangsa Syailendra sekitar abad ke-8 Masehi. Ciri-ciri Buddha banyak terdapat di dalamnya, misalnya bentuk stupa, ujud arca, dan relief cerita yang terpahat.

Namun sekelompok orang dari Lembaga Studi Islam dan Kepurbakalaan menyatakan akan menggugat hak atas kepemilikan Candi Borobudur. Lembaga itu bernama Dzikrul lil Aalamiin (DLA), pimpinan KH Fahmi Basya, dosen Matematika Islam UIN Syarif Hidayatullah.

Mereka menyatakan bahwa Candi Borobudur didirikan oleh tentara jin dan setan Nabi Sulaiman. Candi Borobudur juga memiliki hubungan dengan Ratu Boko. Dalam hal ini Ratu Boko diklaim sebagai Ratu Balqis dan istananya dipindah menjadi bagian teratas Candi Borobudur. Sementara patung-patung di Candi Borobudur yang selama ini dikenal sebagai patung Buddha, dikatakan sebagai patung model bidadara surga.

Diakui bahwa penelitian tersebut hanya menggunakan satu metode, yaitu Matematika Islam, sebuah cabang ilmu baru yang diciptakan sendiri oleh KH Fahmi Basya. Dalam teori itu dihubung-hubungkan pula kata Sleman dipercaya berasal dari kata Sulaiman dan Jawa dari kata Jews (Yahudi). Bahkan menurut Fahmi, satu-satunya nabi yang termaktub dalam Alqur’an, yang menggunakan nama depan Su hanya Nabi Sulaiman dan negeri yang beliau wariskan ternyata diperintah oleh keturunannya yang juga bernama depan Su, yaitu Sukarno, Suharto, dan Susilo.

Sedangkan bukti arkeologis yang diajukan adalah lempengan emas yang ditemukan di dekat situs Kraton Boko, yang menurut mereka berarti “Bismillahirrahmaanirrahiim”, tetapi tidak dikatakan bentuk tulisan dan bahasa apa yang tertulis. Padahal, menurut para arkeolog lempengan emas itu bertuliskan pujian pada dewa Siwa.

Hasil ‘penelitian’ mereka banyak di-posting di internet. Malah dalam sebuah blog dikatakan, relief yang berada di Borobudur juga menceritakan Nabi Daud dan Nabi Sulaiman, walaupun ayat pendukungnya belum ketemu.

Dalam sebuah kesempatan, menurut berbagai sumber di internet, KH Fahmi Basya mengatakan bahwa setelah mengajukan bukti-bukti, pihaknya akan menggugat ke Mahkamah Konstitusi untuk mengklaim Borobudur sebagai milik umat Islam. Setelah itu semua buku sejarah dan literatur yang berhubungan dengan Borobudur, harus dikoreksi.


Talk Show

Akhir Juli 2010 lalu talk show “Misteri Candi Borobudur” pernah diselenggarakan di Jakarta. Selain KH Fahmi Basya, tampil sebagai pembicara Dr. Agus Aris Munandar, dosen arkeologi UI. Dalam kesempatan itu Dr. Agus tidak mengatakan benar atau salah, tetapi memberikan pandangan dari sisi sejarah dan arkeologis. Namun pada prinsipnya Dr. Agus membantah teori Fahmi tersebut.

Teori Fahmi juga banyak mendapat tentangan di Kaskus. Salah seorang berpendapat begini: Misal seluruh penduduk Malaysia mengklaim reog adalah budaya murni Malaysia, apakah itu berarti benar? Belum tentu bukan..Intinya apa? Silakan saja umat Islam mengklaim Buddha adalah Nabi, tapi apakah itu benar?

Saya rasa tidak karena Buddhisme sangat berbeda dengan agama samawi yang berlandaskan Theosentris. Paham Buddhisme lebih cenderung ke Non-Theism. Jadi bagaimana bisa klaim kesamaan dengan landasan ajaran yang berbeda? Itu adalah fakta.

Lainnya menulis demikian: Klaim-klaim yang dilakukan sungguh tidak masuk akal, dengan pembodohan mengatakan A = B. Contoh sederhana: SEPATU = APEL, karena SEPATU punya KULIT dan APEL juga punya KULIT. Inilah teknik pembodohan dan sayangnya orang harus membayar untuk ini.

Terhadap hasil talk show, ada komentar begini: Kendati datang telat, sempet juga mendengar uraian narasumber tentang Borobudur ini.
Kalau dari segi teori Pak Kyai tentang hitung-hitungan di Borobudur, dibilang betul sama Pak Agus Aris Munandar. Tapi begitu masuk esensi pembabaran soal Borobudur dan lainnya, itu yang salah kaprah.
Contoh yang paling gampang saya ingat adalah soal Arupadhatu. Dibilang sama Pak Fahmi saat ditemukan adalah bagian yang tidak hancur. Padahal dari foto yang disajikan oleh Pak Agus, jelas Arupadhatu juga rusak berat saat pertama ditemukan.

Yang juga bikin penasaran penjelasan soal batu yang bergerak melebihi cahaya, yakni batu di Istana Ratu Boko dengan batu di Arupadhatu Borobudur. Pak Fahmi menyebut bahwa batu di Borobudur memiliki kembang segi enam seperti sudah dimasak. Sementara yang di Ratu Boko segi enamnya masih sempurna. Hal ini dibantah oleh Pak Agus (secara tidak langsung karena diskusi dibagi dua sesi) bahwa kembang segi enam terlihat masih utuh karena ditemukannya baru-baru ini. Selama ini memang terpendam di dalam tanah. Sementara di Borobudur karena dalam posisi terbuka dan puluhan tahun terkena panas dan hujan, sehingga terjadi proses abrasi.

Waktu Pak KH talking talking in d show, malah pada banyak yg diem. Ntah kamsudnya mengamini, atao setuju, atow mangkel atow apa gt ntah lah. Yang jelas talking nya malah lebih hidup waktu dosen senior arkeolog dari UI yg memaparkan berdasarkan pengalaman beliau menjadi team peneliti Borobudur dan bbrp candi di Indonesia lainnya. Taaappiiiii, krn Pak KH ada kesibukan lain, waktu pak dosen arkeolognya memaparkan, pak KHnya pamit undur diri krn ada kesibukan lain. Jdnya ya gitu deh, ehehhehe……

Beberapa pertanyaan yg smpt diajukan oleh teman2 peserta berkenaan bbrp paparan pak KH:
1. relief yg mengukir tongkat sulaiman yg sebesar jari telunjuk (versi KH), menurut pak dosen itu adalah relief melukiskan seutas tali, krn pada masa itu, saat meditasi mereka melilitkan diri dengan tali.
2. patung unfinished buddha. Yang ternyata pada penggalian2 berikutnya ditemukan lagi 2 buah patung unfinished budha. sooo…. patung2 itu mmg patung yg tidak selesai saja dikerjakan.
3. memang belum diketahui waktu pasti kapan didirikan dan kapan selesainya kecuali mengacu kpd 2 prasasti. namun diduga waktu pembangunan berlangsung selama 4 generasi kerajaan.
4. di zaman majapahit pun candi ini masih sering dikunjungi walau tidak secemerlang masa2 sebelumnya. bahkan di kitab2 kuno spt serat centini pun masih disebut ttg candi ini
5. bahwasanya kerusakan candi terhebat justru terjadi di zaman kolonialisme belanda dimana batu2 candi banyak digunakan sbg bantalan rel KA.
6. dan bahwasanya teknik2 pemugaran candi yg dilakukan oleh belanda justru banyak “menyakiti” bangunan candi tersebut. jg apa yg dilakukan setelah era kemerdekaan, metode penyambungan dengan angkur malah merusak batu.
7. sehingga akhirnya para arkeolog kini menggunakan metode lama warisan leluhur yaitu menyusun tumpukan2 batu itu yg terbukti aman gempa

Komentar-komentar di Facebook juga bernada geram:

“Aku pernah ikut seminarnya. Pesertanya kebanyakan dari ‘dunia lain’, seperti tukang jual beli jin, jimat, susuk, dll. Sayangnya pas habis presentasi sang Kyai langsung cabut. so doi ngga mendengar uraian Pak Agus Aris Munandar yang menjelaskan dari sudut pandang ilmu arkeologi”.

“Gak usah digubris, dia itu cuma cari sensasi, dan berbau klenik. Kasarnya ya ingin menyesatkan banyak orang dengan mencampuradukkan agama”.

“Logikanya begini dah, kalo Candi Borobudur itu diklaim sebagai ‘peninggalan Islam’ atau Nabi Sulaiman, di bagian kaki Candi Borobudur yang dulu pernah tersingkap dan sekarang ditutup lagi yang berisi relief Karmawibhangga, terdapat inskripsi-inskripsi singkat dalam huruf Jawa Kuna. Kalau itu diklaim dibangun oleh Nabi Sulaiman beserta pasukan Jin, paling tidak inskripsi itu ditulis dalam bahasa Ibrani. Kalau ditulis dalam huruf Arab sepertinya tidak mungkin juga, karena Nabi Muhammad SAW saja satu-satunya nabi yang diturunkan di tanah Arab. Dasar Kiyai ngawuurrrr”.

“Kasian, nama UIN jadi tercoreng”

“Gue curiga sang kiyai ini antek Zionis (Yahudi) yang ingin menyebarkan Zionisme di pulau Jawa, karena menyamakan “Jawa” dengan “Jews (Yahudi)”. Gue juga nggak rela dibilang “orang Jawa keturunan Yahudi”. Karakter Zionisme adalah ingin mengaburkan ajaran agama, terutama Islam, dengan mengaburkan kebenaran tidak lagi tampak sebagai kebenaran”.

“Daripada dibilang keturunan Yahudi, mending dibilang keturunan ‘Solo Man’ alias manusia purba ‘Homo Soloensis’, iya toh… ! Sudah tahu di dalam agama Islam tidak diperbolehkan penggambaran makhluk hidup, apalagi manusia, dalam wujud arca/patung, eh, ini pendapatnya malah nyeleneh, Candi Borobudur yang banyak arcanya diklaim sebagai peninggalan masa Islam. Wah, bener-bener melecehkan nalar manusia nih kiyai”.

“Kemungkinan besar KH Fahmi Basya ini terinspirasi oleh cerita rakyat ‘Loro Jonggrang’. Bandung Bondowoso (Nabi Sulaiman) mengerjakan proyek membangun candi (Prambanan) dalam sehari dengan bantuan pasukan dedemit, genderuwo, dsb, demi cintanya terhadap Loro Jonggrang (Ratu Balqis)…, he..he..he…, mirip juga ye….”

Penelitian tentang Candi Borobudur memang belum tuntas benar. Seyogyanya ada penelitian menyeluruh yang melibatkan banyak disiplin ilmu.***

(berbagai sumber di internet)

About these ads

Responses

  1. salam pak,
    akhir nya sampai juga ke telinga arkeolog..hihihi…
    kira kira kalau sampai digugat ke MA apa jadi nya yah?
    apa para sejarahwan dan erkeolog merasa terleceh kan dengan ada nya teori fahmi ini?

    • hmmm kyanya mnurut sy situ degh yg ngawur…krna yang didapatkan dari susunan huruf oleh situ hanya mendiskreditkan seseorang yang mengkaji…lucunya kajian situ bukan tentang topik yang dikaji..tetapi tentang pembunuhan karakter…jadi yang jelas susunan huruf situ tidak lebih baik daripada yang situ jatuhkan…malah lebih buruk lagi…karena bedanya si dia mencoba mengkaji dan meneliti…situ sibuk urusan kosong…itu menurut saya loch…KOSONG…

      • ingat lho konon orang terdahulu juga banyak yang mengingkari, tapi malah sedikit orang yang selamat dari mulai kaum nuh sampai nabi sesudahnya

    • setelah saya ikuti vidio ini dan dari keterangan pak Yai Fahmi , keliatannya ada yg kurang sesuai dari penjelasannya adapun yang saya ketahui keterangan dari video ini
      1. Borobudur di bangun oleh jin yg diperintah oleh n sulaiman dan di awasi sampai ia wafat dan tak ada yg mengetahui, kemudian ia pun tau N Sulaiman wafat dari rayap yang memakan tongkatnya dan ia pun terjungkal
      2. Nabi sulaiman wafat kemudian para jin lari untuk meninggalkan pekerjaannya sehingga kurang satu archa yg belum jadi
      3. Arsy saba di pindah dr ratu boko kemudian di taruh di atas borobudur
      4. Ratu boko berkunjung dan tercengang pada saat melihat singgasananya
      dari cerita itu yang kelihatannya kurang sesuai
      yaitu
      1. Pada saat di pindahnya arsy ratu saba, borobudur belum di bangun, padahal tempat arsy ratu boko terdapat di tempat yg paling atas candi borobudur, sedangkan masa pembuatan candi boro budur sampai Nabi sulaiman wafat
      2. Bagaimana sebuah bangunan bisa terbentuk apabila yg bawah aja belum jadi tetapi yg atas sudah ada.

      • ingat lho konon orang terdahulu juga banyak yang mengingkari, tapi malah sedikit orang yang selamat dari mulai kaum nuh sampai nabi sesudahnya hati2 mas bro

  2. kyai stress

    • cocok

  3. Pak Kyai perlu belajar lagi sejarah. Dan bagaimana “perasaan” Umat Buddha terhadap ceritera pak Kyai ini?

  4. kita tidak tahu pasti sejarah di indonesia (borobudur) mengingat 300 thn lebih bule/yahudi ZEONIS ada di nusantara..saudara tahu kan WASIAT ORANG JAWA” wolak walek grembyang”pelajarilah budaya jawa dengan juwis ..mulai ritual hanukah dan ritual2 jawa seperti ritual pengantin ala jawa memang ada kesamaan..dan ingatkah tentang PROMISE LAND tanah yang di janjiakan di BIBLE..kita akan lebih stress lagi kalau kita baru dengar pemaparan2 KH BASHAlangsung menghakimi stress dan salah..semua masih serba mistery dan kita juga berhak tuk mencari ilmu yang tersembunyi di balik itu ..itukan kerangka ilmu yang memang baru di kenal public(MATEMATIKA QUR ANI)..masalah benar salahnya hanya ALLOH YANG TAHU..saya anda semua dan para arkeologi juga berdasarkan ANALISA KEMUNGKINAN2 ..lebih baik mari bersama2 diskusi dengan ilmu …termasuk ilmu meta .

    • Sepakat & itu lebih bijak berpandang ….. “Sesungguhnya keilmuan manusia itu hnya setetes dlm lautan luas” & terus kita cari ilmu ?

    • yup….saya setuju…sekarang saja banyak ilmuan yang menggunakannya sebagai bahan referensi untuk memebuktikan kebenaran sebuah teori….
      ‘belajarlah walaupun sampai kenegri china’ kalimat ini sudah tidak asing lagi bagi kaum muslim,bukan berarti kita harus menjadi orang cina atau sebaliknya…hanya karena mau belajar…
      “bacalah” ayo…sama-sama kita belajar!

      • Hehe komen dikit mas/mbak.
        Saya pernah dengar rasul pernah bilang :
        “Belajarlah hingga ke negri ‘syain’.”
        Kita berpandangan syain yg dikatakan rasul itu china (baca english: chain).
        Menurut keterkaitan waktunya pada saat itu china sedang mengalami perang saudara. Kecil rasanya kemungkinan rasul menyuruh kita belajar ke tempat yg sedang kacau.
        Negri Syain yg dimaksud disini mungkin negri Syailendra (Indonesia sekarang). Karena pada saat itu wilayah Indonesia sedang makmur dan jaya2 nya.
        Jika di bandingkan dgn masa sekarang, mustahil org bijak menyarankan kita belajar hingga ke Palestina (lagi berperang). Pasti negri yg disarankan utk belajar itu negri yg sedang makmur dan maju, contohnya Amerika Serikat.
        Maaf ya, bukan maksud menggurui, cuma ingin berbagi :)

    • sepatu… sepakat dan setuju.. ^_^

  5. ha ilmu matematika islam dia ciptain sendiri, isinya utak atik angka dan maksa. EMANG STRESSS

    Analisa kemungkinan yang cuma 0.001%

    Bahkan semua landasan teori kyai ini sudah dihancurkan di kaskus

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5084288

    entah masih bisa ngomong apalagi dia

  6. sejujurnya, ada rasa penasarn juga, jangan2 bener tuh teori. meski akal dan nalar gw 99,99% yakin, nih kiai mungkin kurang gaul, kurang baca ilmu sejarah,, bahkan malah lebih melecehkan islam dan khususnya melecehkan nabi sulaiman as.
    gimana gak ngelecehin nabi sulaiman as,, sama aja klo bilang borobudur itu buatan nabi sulaiman as, berarti ngatain nabi sulaiman pembuat berhala….. moso dalam islam dilarang buat patung, malah nabai sulaiman membuatnya. sudah bertentangan tuh teori ma hukum islam yang sudah jelas….

    tapi gw mau ngikutin, ceritanya terus deh.

    salam sayang aja buat KH Fahmi Basya,,

  7. Yang aku tahu di Borobudur itu ada Transaksi Mesum, dan Rokok. Dan Menjadikan Borobudur Sebagai Tuhan adalah Masalah Fatal.

  8. Candi Borobudur why? untuk apa di ributkan toh yang untung itu orang luar negeri jadi low bisa kita pelihara lah sisa peninggalan jaman dulu sebagai kekayaan kebudayaan nenek moyangkita yang harus di lestraikan kita harus bangga karena di negara Indonesia terdapat salah satu yang termasuk dari 7 keajaiban dunia. jangan malah berebut pendapat dan ingin merasa jadi pahlawan kesiangan ……… maaf p Ky Fahmi Basya, law bisa jangan membuat suatu argumen kebenaran saya ingin nanya bapak KH Fahmi Basya itu lahir tahun berapa? nah apa melihat waktu pembuatan Candi Borobudur tersebut? kayanya jawaban ga jauh dari saya perkirakan pasti cuma menghubungkan nama nama yang ada. seperti halnya suatu naskah film yang biasa ditulis maaf nama dan tempat bila mirip atau sama itu cuma kebetulan aja heeeeeeeeeeeeeee…….. bukan saya menyalahkan pa ky . saya tidak menyalahkan kepada pihak mana pun saya menyalahkan diri saya sendiri kenapa pada waktu itu atau pada waktu candi di buat saya belum ada coba law ada pasti saya akan memberikan komentar yang sebenarnya. tapi kalau masih ada kalimat ” mungkin, barang kali, bisa jadi ” itu semua belum pasti. Tapi saya Insaallah akan selalu mengikuti perkembangan Obyek obyek peninggalan bersejarah yang ada di Negara Indonesia itu adalah semua emang sangat menarik
    salam buat pa KH Fahmi Basya

  9. asalnya menarik membaca artikel ini…….tp akhirnya ancur…
    seharusnya ketika memaparkan apapun harus berada pada posisi “0”.
    jd tidak membela sisi yg mana
    tidak membenarkan sisi yg mana
    jadi biar kita yg baca yang menilai….

    kecuali nulis di diary sendiri….ditulis sendiri, dibaca sendiri dinilai sendiri…
    tp klo sudah memaparkan utk umum maka harus bisa netral…jgn mempengaruhi opini pembaca…

    • setuju ni

    • kh it ngawur. dia py niat buruk dibalik klaim2 kayak qtu.

  10. sing bener bae sih, kiyai ko ngono, itu sih kiyai sutreeeeeeeeeeeeeeeeeeeessssssss

    • Maaf sejauh mana sih ilmu Anda sampai menjelekkan kiai begitu rupa?Terlepas dari bener nggaknya berita itu. Kalau Anda mmg pny bukti yg menunjukkan bahwa yang dsampaikan itu keliru, ya Anda bikin dong artikelnya bahwa teori Fahmi Basya itu salah. Jgn cuma kritik sj tanpa ada pembuktiannya.

  11. Salah satu karakter orang yahudi “selalu bertanya yg sebenarnya adalah ejekan” seperti kisah dialog Nabi Musa dg kaum yahudi dlm penyembelihan sapi betina.

    Dlm kontek ini katakanlah permisalan : KH Fahmi Basya sbg Nabi Musa AS dan orang2 “baru” yg menyangkal teori beliau sbg kaum yahudi. Ya seperti itulah keadaan org2 yg tidak beriman kpd Allah melalui kitab-Nya.

    Satu lagi kaitan tentang orang jawa adalah (salah satu) keturunan ras jews/yahudi adalah berawal dari keturunan Nabi Ibrahim AS melalui isteri yg ketiganya yaitu Siti Keturah, beliau adalah wanita timur jauh (mungkin Asia), dan disinyalir Nabi Daud/Nabi Sulaiman adalah keturunanya. Wallohu-alam.

    Tentang Siti Keturah r.a. coba cari tahu via gugel, salah satunya spt ini :

    http://akhzaman.blogspot.com/2009_11_01_archive.html

    http://ebooksdownload.110mb.com/Rahasia-Terbesar-Bani-Jawi.PDF

    http://khalifah.forum.st/forum-sembang-f1/bacalah-wahai-bani-jawi-t246.htm

  12. benar tidaknya itu Allah aja yang tau…………..tapi insyaallah benar iya…..cuman penjelasannya emang sulit dinalar……..jadi kita kembalikan ke keyakinan masing-masing aja…..

  13. mungkin gk sebegitu salahnya kali kyai itu, krna zaman trsebut islam belum ada dan larangannya hanya jangan menyembah patung, bukan membuatnya..seperti kebiasaan orang zaman dulu untuk menyampaikan pesan yang bagus ya dengan gmbar, kalo semua di tulis, mana cukup tuh jutaan pesan ke kita? kan dari 1 gambar menghasilkan berjuta pesan…right? jadi ya gk bisa dibilang salah juga…(menurut saya)

    • setuju..saya. malah bangga bahwa di negri kita juga ada seorang Nabi yg besar seperti Nabi sulaiman bukan cuman di jazirzh arab sono..

    • maaf mas, saya kurang setuju. Islam tidak hanya melarang menyembah patung. Namun melarang juga untuk membuatnya. itulah mengapa Allah memerintahkan Nabi Ibrahim menghancurkan patung patung yang telah dibuat oleh ayahandanya.

  14. Memang teori yg aneh, tp q itu benar…hhe. Karena kuyakin kapanpun r dimanapun agama tauhid tu ada, karena Allahlah pencipta dan pemilik alam semesta ini. Tak ada yang tk mungkin didunia ini.

  15. 100% benar… borobudur adalah karya nabi sulaiman, dengan demikian umat islam wajib datang dan beribadat d borobudur… saluuuut pak kyai, kami dukung sepenuhnya

    • gila tu.. pernyataanmu..
      apa maksud lo…
      umat islam wajib ibadah di borobudur…
      mau nyembah patung…
      haram tau…
      kalu percaya “kemungkinan” adanya kenabian pada yang di anggap sebagai budha itu masih bisa ditolelir… tapi selebihnya tidak….
      karena selebihnya adalah kesalahannya pengikut yang terlalu mengkultuskan kemuliaan akhlak budha…

  16. Kalau boleh saya minta sumber penulisannya pak. Maturnuwun

    • Tulisan ini bersumber dari diskusi di Facebook. Berita hasil seminar bisa di-searching lewat google dengan kata kunci ‘borobudur nabi sulaiman’.

  17. saya setuju dengan mas ali..yg NETRAL donk dlm menilai ssuatu.monggo berpendapat tentnag ssuatu..dan biarkan orng laen juga memaparkan pemikiran’y. toh itu juga bagian dari ILMU..kalopun dalam diri gak berkenan..g perlu juga mengatakan orng lain yg munkin blom tenntu bermaksud demikian..trus dkata@ macem2..nauzzubillah..

    • Semua orang boleh berpendapat ttg Candi Borobudur…blog ini hanya sebagai fasilitator

  18. semua itu wallahu a’lam,,,
    semua juga bisa berkemungkinan,,,
    Nabi yang mempunyai mu’jizat yang para nabi sebelum dan sesudahnya tidak punya adl nabi sulaiman,,
    terkait juga dengan prabu angling darma yang bisa berbicara dengan semua hewan, dan itu di yakini oleh cerit2 rakyat,,
    padahal hanya satu manusia di bumi yang punya mu’jizat itu,,
    so…aku jadi bingung,,hehehe

  19. sudah,,,,,kalo niatnya baik ya kita hargai,,,,
    toh masih penelitian ,,nanti juga ada bukti2 dan fakta baru,,
    g usah mencela,,,mencela itu kaumnya orang yang menyangkal para utusan ALLAH SWT,,,,,

  20. apa yang di ungkapakan kyai h fahmi ada benarnya karena dia meneliti dengan metoda al quran…namun mungkin bagi orang awam (muslim) yang tidak pernah mengkaji al quran memeang tidak akan percaya karen kebodohan mereka sendiri yang tidak pernah mau memahami al quran …………….bagi kami umat muslim al quran adalah referensi terbaik dan apa yang di katakan dalam al quran pasti benar .
    jika kalian ingin tahu bagai mana cara yang di lakukan untuk membuktikan bahwa candi borobudur milik agama islam pahami dulu al quran……………….

    • ya kebanyakan mrk yg tdk faham akan spontan menyalahkan !!,,
      siapa yg prnah ke borobuddur dsni ??,,,,kl ada yg prnah ke candi itu tentu mata kalian akan memperhatikan gambar relief2 di candi itu !!
      tlng jelaskan akan arti gambar2 orang yg di lemparkan dr perahu besar itu ?
      trus relief org2 berjanggut tanpa kumis ?
      trus trus relief seorang yg duduk dgn di kelilingi oleh burung2 kecil ?
      selanjutnya ada relief seorang wanita yg melangkah diatas media yg seperti kolam ber air dan tampak ada ikannya,,kemudian org tsb seakan mengangkat pakaiannya ?
      sya lanjutkan lg…dan msh bnyk lg gambar dr relief2 di candi itu yg tdk sama sekali ada hubungannya dgn ajaran agama budha yg sya tahu….

      dan yg saya tahu dr hasil dialog dgn ulama yg faham akal tafsir alqur’an di majalaya….di zaman nabi sulaiman tsb blm ada syari’at larangan dlm membuat patung ataupun gambar sebagaimana yg ada di zaman nabi muhammad ini…yg ada adalah larangan menyembah patung dan menuhankannya…..trus tahukan kalian semua secara ilmu arkeologi tehnik pahatan di zaman pembuatan candi itu tdk lah mungkin relief2 yg begitu sempurna [ tingkat kehalusan ukirannya ]
      bsa di buat begitu rupa……..jd itu bukan hasil ukiran alat ukir tangan tp tampak tehnik cetak [ sebagai mana cetakan semen atau beton patung/motif tiang pada gafura2 bergaya bali yg bnyk di temukan di daerah ] luar bali terutama patung2 dan gafura yg ada di lampung,,sekali lg saya tegaskan relief2 itu terlalu sempurna atau terlalu halus untuk di kategorikan sbg relief atau patung hasil pahatan tangan,,,tp yg lbh tepat itu adalah hasil cetakan pada media keras [ berbahan batu yg di lebur ]……dan tehnik peleburan batu itu blm prnah ada di tehnologi sejarah umat manusia tempo dlu bahkan skrg…
      jd kesimpulan sya itu bkn relief kerja tangan manusia tp besar kemungkinan mahluk2 selain manusia…
      sebagai mana dlm alqur’an kta tahu bahwa kisah kejadian pemindahan istana ratu bilqis beserta proses pembuatan candi dan relief2nya bkn di lakukan oleh manusia tapi oleh bangsa jin sbg rakyat nya nabi sulaeman saat itu !……………..

  21. Orang paling bodoh jika nyangkut2n islam..
    sebelum ada nabi muhammad, agama yg benar namanya bukan islam, bgitu juga tuhan kita namanya juga bkn Allah,,bgtu juga nabi sulaiman nama aslinya juga belum tentu sulaiman,,hanya alqur’an turun di arab maka semuanya diterjemahkan mnggunakan bhs arab,,bgtu jg kitab zabur(nabi daud ayah nabi sulaiman) bhsnya sesuai dgn wilayahnya,,
    tidak akan di hukum suatu kaum jika belum di utus rosul terhadapnya,,
    jd setiap wilayah di bumi ini pasti sudah ada utusan diantara 25 rosul

  22. jangan bikin sensasi untuk mengacaukan keadaan yang sudah aman. apa lagi mengatasnamakan allah…..heran saya apa beriman

    • Lo kali pangacaunya

    • biasalah teroris mang qtu

  23. saya cuma mau meluruskan sedikit.

    tentang bahasa arab dan tulisan arab… itu sudah ada sejak nabi adam, apalagi bagi umat islam ajaran nabi adam adalah tauhid kata “basmallah” (keesaan allah dan lahirnya nabi penutup) adapula surah “yasin” terdapat bagaimana penciptaan langit dan bumi.

    jadi walaupun ada bahasa dan tulisan; tulisan islam, zaman, paku, mesopotamia, akadia, ibrani dsb.

    saya tetap yakin dengan bahasa islam nabi adam adalah yang tertua. (sekarang disebut arab)

  24. Terima kasih atas infonya

  25. hanyya allah yang mngetahui mana yang benar and yang salah’nya,

    • Sebenarnya dari ciri2 fisik sudah jelas candi Buddha, sebagaimana disampaikan para pakar ikonografi, arsitektur, agama, arkeologi, sejarah, filsafat, dsb

      • Seperti di zaman galileo bahwa ciri fisik bumi itu datar padahal, menurut galileo bahwa bumi itu bulat, pasti zaman dulu juga ada kontroversi semacam sekarang, tapi lebih keras zaman dahulu kalo tidak percaya bahwa bumi itu datar akan dihukum mati

  26. menurut buku sejarah, candi borobudur & kompleks candi boko dibangun pada masa mataram kuno sekitar abad 8-10 zaman setelah Nabi Isa (abad 1) & Nabi Muhammad… sedangkan jaman Nabi Sulaiman & ratu Bilqis kan ada sebelum kedua nabi tersebut… gmn kedua zaman yg berbeda itu dpt nyambung???

    • Bagus sangat intelek jawaban anda………………………Gunakan nalar dan pikiran yang realistik ……jangan nyari sensasi………………bisa bisa .teman teman kita nanti mujahiddin pula berebut candi Borobudur yang notabene nyakitin ummat Buddha sedunia…………………..Indonesia mulai bangkit……………dari rezim korupsi…jangan diperkacau lagi keadaan…………..kalau memang pintar carilah solusi dan pandangan…..mengapa NKRI…………… masih ada rakyat yang hidup dalam garis kemiskinanan……………. SOLUSI bukan SENSASI……………………………………

    • maaf mas bro,,untuk mengidentifikasi umur suatu artefak/bangunan atau sesuatu bukti fisik dlm ilmu arkeologi itu salah satunya adalah dgn tehnik uji karbon itu bnr !….dan itu msh blm akurat….ingat umur bumi,,tua nya batuan dsb msh blm pasti dgn tehnik uji karbon itu para ahli msh berbantah2an mengenai ke akuratan hasilnya,,,,inti nya tehnik uji karbon pun msh blm akurat untuk menetapkan umur sesungguhnya dr suatu benda sejarah.
      tp memang sampai saat ini blm ada ilmu/tehnik yg lbh detil dr tehnik itu……kesimpulan bahwa borobudur di buat pada abad 7-8 masehi itu lbh berdasarkan spekulasi para ahli sejarah yg bersifat semntara [ berdasarkan perkembangan ilmu saat ini saja ],, dan lbh dicocokan pula dgn fakta berdiri nya kerajaan2 budha di nusantara saat itu………….jd kesimpulannya blh jd borobudur itu memang sdah ada jauh ribuan tahun sebelum yg diketahui oleh para ahli saat ini…hanya para ahli saat ini msh blm menemukan metode penetapan penanggalan yg lbh akurat dr tehnik uji karbon sampai saat ini……..
      ……………………..
      ……………………………..
      ingat !!……..ilmu itu tdk tetap karna yg paling akurat dizamannya,,itu tak akan demikian kian lg untuk zaman yg akan dtg…namun satu yg tak bsa di pungkiri,,,, ia bsa salah namun tak akan bsa bohong….itulah sifat ilmu manusia

      salam buat admin

      nice blog !

    • Ah kata siapa? kata arkeolog pun juga belom tentu benar alias masih hipotesa doank kecuali mereka melihat dengan mata kepala sendiri dibangunnya candi borobudur, bukti artefak, prasasti, atau semacamnya itu pun belom cukup menjadi patokan kalo itu benar

  27. Gini, gini, gini.

    Singkat cerita, sejak peristiwa banjir besar dunia yang pertama di jaman Nabi Nuh AS terjadilah penyebaran manusia yang kedua ke seluruh dunia setelah jaman Nabi Adam AS sang manusia pertama yang hidup +/- 5000 tahun SM. Dalam penyebarannya sampailah pada Nabi Sulaiman AS yang hidup +/- 1.500 SM. Nabi Sulaiman AS menikah dengan Ratu Saba penguasa daratan Nusantara yang masih bersatu (sebelum tenggelam oleh banjir besar kedua menjadi 17.000 pulau Indonesia kini) yang disebut daratan atau kerajaan Saba. Saba artinya tempat berkumpul orang dari mancadaerah, yang menunjukkan di wilayah ini dulunya pernah menjadi pusat peradaban dunia. Stelah ditaklukan oleh Nabi Sulaiman AS secara damai melalui pernikahan dengan Ratu Saba, kerajaan Nabi Sulaiman dan Ratu Saba ini makin bersinar berkat ragam kemampuan Nabi Sulaiman AS yang dikaruniai Allah sebagai mukzizat baginya, yakni : kemampuan menaklukan besi, hukum alam, teknologi, bahasa binatang dan para jin. Dengan kemampuannya itu, Nabi Sulaiman mampu memindahkan istana Ratu Saba dari sekitar Candi Prambanan ke wilayah Borobudur kini dan menyempurnakannya hingga menjadi bangunan Candi Borobudur yang tinggi dan megah serta dikelilingi oleh patung-2 dengan manjadikan sang Nabi sebagai modelnya. Dalam penyempurnaan Candi Borobudur sebagai bagian dari istana Ratu Saba yang berhasil ditaklukan secara damai dan kemudian menjadikannya sebagai isterinya itu dilengkapi dengan satu kubah besar di pusatnya yang mencirikan tempat ibadah cusi umat islam pada umumnya. Sedangkan keberadaan sejumlah patung yang dalam Al-Quran disebut dengan mihrab-2 di sekeliling puncak Candi Borobudur itu diduga hanyalah berfungsi sebagai pelengkap istana Ratu saba isteri Nabi Sulaiman AS untuk menghormati suaminya yang dihormati sebagai raja baru sekaligus nabi utusan Allah yang membawa ajaran Islam yang hanya menyembah kepada Allah SWT semata sebagai Tuhan Yang Maha Esa. Di jaman kerajaan Nabi Sulaiman bersama Ratu Saba ini pulalah berkembang peradaban dan teknologi maju, bahkan oleh manusia modern saat ini pun belum mampu dibuat, yakni pesawat berbentuk piring terbang yang mampu melesat dengan kecepatan kurang lebih 240 kali kecepatan perjalanan normal. Dalam kitab suci Al-Quran disebut sebagai lamanya perjalanan Nabi Sulaiman AS di waktu pagi sama dengan lama perjalanannya selama sebulan. Namun setelah Nabi Sulaiman wafat, generasi penerus kerajaan beserta rakyatnya diisyaratkan menjadi kafir (membangkang terhadap ajaran Nabi Sulaiman AS untuk menyembah hanya kepada Allah). Akhirnya Allah SWT pun menjatuhkan azab yang keras kepada rakyat kerajaan peninggalan Nabi Sulaiman AS ini dengan banjir besar yang menenggelamkan sebagian besar daratannya hingga kini tersisa kurang lebih 17.000 buah pulau besar dan kecil yang kita sebut sebagai kepulauan Nusantara yang didiami bangsa Indonesia. Disinyalir proses banjir besar tersebut bukan semata karena datang banjir, melainkan terjadinya berbagai gempa bumi besar yang disusul dengan berbagai letusan gunung-2 berapi yang banyak terdapat di wilayah nusantara ini yang kemudian baru disusul tsunami raksasa yang menenggelamkan sebagian daratan nusantara. Ketika peristiwa banjir tersebut terjadi, diduga sebagian besar rakyat kerajaan Saba ini berhasil menyelamatkan diri dengan terbang ke wilayah daratan Asia lain seperti India, Chuina dan jepang, bahkan Afrika dan Eropa dan kemudian berdiaspora, berbaur dan kawin campur dengan masyarakat setempat hinga berketurunan menjadi berbagai bangsa-bangsa di dunia saat ini. Di wilayah Asia, diduga rakyat kerajaan Saba yang selamat dari bencana banjir hebat kedua ini kemudian memadukan keyakinan asal yang diajarkan Nabi Sulaiman AS dengan budaya masyarakat setempat sehingga lhirlah keyakinan-2 baru yang berbeda namun masih mencirikan keyakinan asalnya, yakni menyembah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Demikian salah satu pemikiran logis yang bisa menggambarkan benang merah antara Candi Borobudur sebagai bangunan yang dibangun oleh Nabi Sulaiman AS yang mengajarkan syariat kini telah disempurnakan dalam Islam dengan Candi Borobudur sebagai bangunan suci agama lain. Namun demikian, akhirnya semua kita kembalikan kepada Allah SWT sebagai Sang Empunya Pengetahuan dan Kebenaran.

  28. Melanjutkan argumentasi di atas, sangat masuk akal jika Candi Borobudur yang dibangu oleh Nabi Sulaiman yang mengajarkan syariat Islam itu kemudian setelah wafatnya itu kemudian dianggap sebagai bangunan suci agama lain, karena selain berkurangnya rakyat Saba yang mempertahankan ajaran Nabi Sulaiman setelah wafatnya juga jarak waktu antara jaman Nabi Sulaiman AS yang hidup di sekitar tahun 1500 SM dengan kelahiran ajaran agama lain yang muncul belakangan itu terpaut kurang lebih 500 tahunan. Jadi wajar saja ketika kerajaan Nabi Sulaiman AS menjadi bubar (ditingalkan sebagian rakyatnya mengungsi ke tempat-2 lein yang lebih aman di daratan Asia akibat banjir besar kedua yang menenggelamkan sebagian besar wilayah kekuasaannya di daratan Nusantara yang awalnya masih bersatu (belum tenggelam dan kemudian menyisakan kurang lebih 17.000 buah pulau besar dan kecil yang didiami bangsa Indonesia kini) sudah tidak dipertahankan lagi itu kemudian berpindah tangan pada penguasa lain yang menganut ajaran lain yang berkembang kemudian, seperti Budha yang baru muncul dan berkembang sekitar tahun 500 SM atau 500 tahun kemudian.

  29. wah….. ternyata rumit jga ea prsoalan ttag candi borobudur.,,, jadi binun nechhhhh

  30. kalau saya jd pemerintah/penguasa negara ini,lebh baik borobudur saya ratakan dengan tanah jika begini terus….
    Hal seperti ini lh yg akan membuat Indonesia menjadi negara dengan kemajuan terbelakang,karena apa? Karena kita tidak memandang tempat suci agama lain….
    Hendaknya pak Kiyai berpikir bagaimana perasaan umat Buddha,dengan pernyataan pak kiyai bahwa Borobudur adalh milik islam…..
    Pak kiyai juga harus berpikir bhwa dengan pernyataan pak kiyai ini akan menimbulkan masalah agama di negara kita ini……
    Pak Kiyai GBU…

    • good…………………………Nyakitin agama laen dengan penemuan yang gak masuk akal..dan ada pula orang yang mau diakal akalin…………….mENGKUATIRKAN……………PERPECAHAN
      AGAMA bakal melanda Indonesia…………………….Biarlah…………keadamaian tercipta..dibumi nusantara ini…………….jangan jangan Kyai……………nanti ngeluarin teori……yang naik hajji cukup ke rBorobudur aja……………..bikin marah ummat Islam dari Negara Arab…………….Teman gua yang dari Bahgdad bilang……………..tHIS Person/Kyai Fahmi is very dangerous. person…..with the FALSE statement…………….make FALSE Teory about Holly Qur`an…………Better Quarantine him before make another mistake for muslim follower………………. Pikirkanlah ummat islam Malaysia, Libya……….sangat tersinggung dengan…………Insulted to the Muslim…………………………..

      • sudahlah

      • naek haji nya tidak perlu biaya banyak n nunggu kuota. Maju terus pak kyai!!!

    • anda jga hrs bijak bro,,,,ingat bgaimana masjidil aqsa yg kini menjadi milik kaum mukmin ketika di klaim oleh org yahudi di seluruh dunia mrk anggap sbg hikal sulaiman itu !!
      bukankah kah anda sbg org kristen pun membenarkan nya bahkan anda2 yg non muslim ini terang2an menyalahkan org islam dlm hal ini…hehehe
      najashy,,najran = ular
      jgn jd ular donq !

      belajar adil dan bijaklah dkit eheheh

    • Jika umat Buddha khawatir dan tersinggung dgn pernyataan bpk Fahmi Basya, maka perlu di pertanyakan keyakinan beragama mereka.
      Beliau tidak memaksa kita mempercayainya. Beliau hanya mengemukakan pendapat dan penelitiannya selama berpuluhtahun.
      Di negri ini, kalau berpendapat saja sudah tidak ada kebebasan sudah kelewatan dong.
      Lagian tidak di katakan Borobudur itu peninggalan islam (islam sendiri lahir di zaman nabi Muhammad), tapi peninggalan sulaiman.
      Sulaiman itu siapa ? Mungkin aja yg di anggap Sidartha Gautama oleh umat Budha. Karena ada kemiripan dalam karakteristik mereka.
      Di Budha ada istilah dewa/dewi (mungkin itu tentara jin nabi Sulaiman).
      Budha juga amat penyayang dengan binatang, sama hal nya dengan Sulaiman. Bahkan dalam kalender Cina, tahun berganti tahun di gambarkan dengan binatang (shio). Jadi kita kembalikan dengan keyakinan kita masing2. Karena bisa saja ‘satu nama, lain cerita’.

  31. ngawur tenan
    asal ngomong thok

  32. ora tahu moco siroh
    mosok candi di bangun nabi
    kyai opo kyai kuwi
    mending bukak praktek klenik neng ngomah

    • jangan koment ngawur mas

    • Kowe kuwi tho sing rak ngerti opo2, assal njeplak rak dipikir, memangh uripmu wis mulyo opo?

  33. setidaknya saya ingin menetralisir terlebih dahulu pemikiran saya dari berbagai pendapat tsb.
    1. Siapakah sebenarnya manusia yang lebih tahu tentang borobudur? maka jawabnya, tidak ada yang paling tahu, krn kita tidak hidup dizaman tersebut atau terlalu banyak lompatan sejarah untuk diketahui. Intinya… bahwa tidak ada yang paling tahu.
    2. Lalu bagaimana bisa mengetahuinya? tentu dengan bukti-bukti pendukung, baik sejarah, materi, cerita, dan lainnya.
    3. Lalu kalau ada yang mengklaim bahwa saya tahu, berdasar…. itulah hipotesa… silahkan rangkum serpihan-serpihan bukti untuk meyakinkan orang.
    4. Lalu saya menyimpulkan bahwa…. ada salah satu yang benar, dan ada salah satu yng salah, atau semuanya salah…
    5. Sepanjang manusia mencoba mengajukan bukti??? maka sah-sah saja… karena hipotesis sebenarnya adalah teori kecil… dan ilmu sejarah juga sama menggunakan hipotesis.
    6. Tapi bukan kemudian bahwa jika sdh beranggapan spt ini, bukan kemudian tidak bisa terbantahkan. dalam filsafat ilmu ada istilah revolusi ilmiah, bisa saja satu teori kemudian dibantah bahkan dijungkir balikkan oleh teori lain.

    Sy masih netral dan menyimak, karena saya tidak memiliki bukti untuk dibantahkan pada kedua-duanya (baik arkeolog maupun K. FB).

    tetapi pada keduanya,,, sy memberikan apresiasi karena sdh berupaya menyingkap permasalahan-permasalah yang memiliki lompatan jaman yang sangat jauh, semuanya merupakan hasil karya penelitian patut dihargai. (selagi tidak terdapat kepentingan yang sifatnya subyektif.

    • good comment.. like this

    • Saya nggak beragama Islam nggak juga Buddhist. Mau Borobudur jadi milik yg mana ya terserah sana lah.
      Tapi pernyataan anda yg “tidak punya bukti apa2″ itu kok ya aneh. Itu sama saja anda bilang anda itu “tidak tahu-menahu tapi ikut2an nimbrung”.
      Kalau para pendukung pak Kiai itu meninggikan “spiritual” dan merendahkan “arkeologi-iptek”, ya saya komennya juga dari segi “spiritual” saja:
      – gimana bro dan sis, para Muslimin dan Muslimah, pada rela nggak beribadah di Borobudur? Dikelilingi adegan2 porno di lantai bawah, trus patung2 berhala di sekitar kalian saat mengaji? (Maaf ya sodara2 Buddhist, saya ngerti kok yg disebut “adegan porno” itu sebenarnya tentang apa)

      • Sebenarnya Nabi Sulaimankan bukan beragama Islam, demikian juga halnya dgn Nabi Isa, Musa dan Ibrahim, jadi Borobudur bukanlah situs peninggalan Islam, org Islam yg beranggapan Borobudur akan di klaim ummat islam adalah orang yg sampe detik ini gak tau siapa Rasul pembawa agamanya. dan nonmuslim merasa itu akan diklaim sebagai milik ummat Islam adalah tidak pada tempatnya, kenapa tidak gereja saja yg diklaim? kan Nabi Isa juga nabinya ummat Islam, atau tempat ibadahnya agama org Yahudi di Jarrusalem ( Nabi Musa) sana saja yang sejarahnya masih jelas dan lebih tertelusur, jadi saran saya jangan berlebih lebihan

  34. betul,tul,tul, kaya tuyul. Borobudur dibangun suleman,wong sleman. Relief patung telanjang/hanya memakai kain sedikit, ini diinspirasikan oleh nabi dawud, “dawuda” (pada wuda). Seperti diketahui, nabi sulaiman lahir jauh sebelum muhamad lahir. Karena sulaiman dan muhamad adalah sama2 nabi Alloh ya memiliki ajaran sejajar, dan kebetulan sulaiman orang jawa, maka wajar saja bila kata2 dalam al qur’an juga mengandung pengertian bahasa jawa. Misal untuk memulai sesuatu sebaiknya ada bismilah, artinya kobis dan mie diolah. Ini dimakan cukuplah buat sarapan. Lebih bagus lagi menggunakan “sipat rongpuluh” maksudnya nasi kupat, terong, kimpul, waluh, ini cukup kenyang bila dimakan. Buat memulai aktivitas jadi cukup kuat. Monggo!

    • wong edan asal njeplak rak dipikir, uripmu rak di pajeki po?

    • mulutmu kaga punya plajaran asal mangap aj

  35. KLO INGIN MENGENAL SEJARAH DUNIA MAKA PELAJARI SEJARAH PARA NABI DAN ANDA AKAN TAHU DIMANA ADANYA PENYIMPANGAN AJARAN TAUHID (ISLAM). ZAMAN BATU, MEGALITIKUM, PALEOTIKUM ITU SEBUAH KEBOHONGAN BESAR YANG INGIN MERUSAK AJARAN TAUHID.

    • SAYA SETUJU PAK INDRA.. ka’bah juga isinya batu hitam. Kalo batunya dipindah ke jawa warnanya mungkin kaya batu borobudur. Pokoknya tauhid banget gitu deh

  36. Jika melihat bentuk huruf2 jawa kuno yg mirip huruf2 arab; kemungkinan besar bangsa arab merupakan keturunan dari orang2 jawa pada ribuan tahun yang lalu, may be yes ; may be no

    • i said are you joking? ga ada sama sekali hubungan ras antara bangsa arab sama indo. bangsa arab tinggi, badan besar, putih dan hidungya mancung. apa org jowo py ciri2 qtu? wallah…bahasa inggris bilang you can change your religion but you can’t hide your face.

  37. NB (biar tambah rame): Memperhatikan bentuk aksara Pallawa kuno, Jawa kuno dan aksara Kawi yg sangat mirip dgn huruf2 arab; maka hampir dapat dipastikan jika bangsa Arab merupakan keturunan asal jawa!! (kemungkinan besar nenek moyang kita asal Jawa ber-imigrasi sampai ketimur tengah pada ribuan tahun yg lalu)

  38. nabi sulaiman dan angling darma itu gimana hubungannya
    kan sama sama py kelebihan mengerti bahasa hewan
    juga sama sama raja

  39. Membaca semua uraian diatas sya hanya mengucap segala sesuatunya mungkin saja wong TEORI itu ya sah-sah saja….. benar tidaknya ya hanya ALLAH SWT yang tahu kebenaranya….tapi membaca teori KH Fahmi Basya saya jadi teringat “sesuatu” yg selama ini menggelitik fikiran saya kebetulan ada teman yg menurut istilah ilmu pengetahuan modern / saint teman tsb adalah INDIGO atau secara sepisificnya ia memiliki jalur kemampuan untuk bercakap-cakap dengan salah satunya maklhuk alam maya……begini ceritanya (sebenarnya sudah lama 1993nan) teman tsb mempunyai kebiasaan mendatangi makam/kuburan tokoh daerah setempat atau petilasan2 yang telah berumur ratusan tahun / yg telah lama meninggal nah kebetulan saat teman tsb mendoakan sebuah makam yg berada di sebuah areal perkebunan tebu ( jauh dari pemukiman ) didaerah MADIUN Jawa Timur….makluk dari salah satu penunggu makam tsb muncul (seekor macan putih) dan menceritakan bahwa di situ sebenarnya bukan makam/kuburan tapi hanya TETENGER /MONUMEN/PETILASAN bahwa disitulah dahulu dirinya diangkat sebagai SENOPATI PERANGNYA NABI SOLEIMAN Nah waktu saya mendapat cerita tsb saya juga heran gak ketemu gatok karena diri ini yg sangat BODOH dan LEMAH tapi setelah dipikir2 apa yang tidak mungkin, semu kan tahu to dari kitab suci….. nabi soleiman itu kan di beri kemampuan SANGGUP mengadakan perjalanan paginya aja sama dengan perjalanan yg memakan waktu selama 1 bulan jadi dengan kemampuan “berjalan seperti angin” ya kalo menurut logika saya ya mungkin saja beliau melakukan ANJANG SANA KE BERBAGAI WILAYAH DAN BELAHAN BUMI DI SELURUH DUNIA (TERMASUK NUSWANTORO) SAMA SAJA KALO ANDA PUNYA UANG YANG TIDAK MUNGKIN ABIS 7 TURUNAN…KALO MEMUNGKINKAN YA TOUR WISATA AJA TIAP TAHUN SEKALI DENGAN UANG ANDA YG TAK AKAN HABIS ITU KE BERBAGAI BELAHAN TEMPAT WISATA DUNIA……..INTINYA BELAJAR DAN MENYELAMI SEGALA SESUATU TIDAK HARUS DARI YG TERSURAT (SYARE’AT) YANG HANYA BENTUK WUJUDIAH SAJA NAMUN LEBIH KEPADA YG TERSIRAT (RUH – MA’RIFATNYA) Saya tidak membenarkan apa yg KH Fahmi Basya kemukakan namun SEYOGYANYALAH sebelum kita memberi komentar…. berfikirlah yang jernih yg sifatnya apabila kita tidak sepaham nantinya tidak memberatkan / menyudutkan pihak2 yg tidak sepaham dengan kita…..SEBENARNYA MASIH ADA CERITA SAYA YG LAIN JUGA DARI TEMAN YG LAIN DARI SUMATRA TENTANG Beliau NABI SOLEIMAN yg menerut teman saya yg lain dari SUMATRA tersebut Nabiyullah Soleiman pernah datang ke bumi ANDALAS tsb namun kiranya cukup sekian sahajalah Coment dari saya

  40. Semua itu serba mungkin ini sifatnya penelitian jadi berikan kesempatan mereka meneliti dengan seksama,,,kalau memang diakui agama Budha nggih monggo agama Hindu nggih monggo,,,namanya juga penelitian sifatnya mencari kebenaran berdasarkan bukti bukti yang otentik,,,secara logika bila dikaitkan dengan cerita bandung Bondo(Harta) Woso(Berkuasa) dengan jonggrang Putri Boqo(Bilqis) sangat masuk akal didunia tak ada yang tidak mungkin karena pulau jawa jg bumi Alloh tidak musti di tanah arab sana(Yaman) begitu jg nama Wanasaba dan Sleman jg sangat dekat kaitan dengan ratu saba dan sulaiman

  41. TO INDRA OMONGAN ENTE KAYA ORANG BENER AZA

  42. SEKARANG TINGGAL PILIH MAU HANCUR ATAU MAKMUR,,,JIKA PILIH HANCUR PILIH KUFUR DZALIM MUSYRIK,,,KARENA DISTUPA BOROBUDUR ADA PERTANDA KIAMAT 20-12-2012 MENURUT KIMATOLOGI DR LAODE JIKA INGIN SURVIVE MAKA HARUS KEMBALI KEPADA SATU TUHAN

    • Sekarang sudah taun 2013 mas

  43. MENURUT PARA AHLI JUGA BAHWA INDONESIA ADALAH ATLANTIS YG HILANG BERDASARKAN PENELITIAN PARA AHLI DR CARA BERCOCOK TAMAN SAMPAI DENGAN IKLIM INDONESIA ADALAH CIRI ATLANTIS YG HILANG

  44. gua punya mesin waktu, kalo mau tau kebenarannya ikut sama gua kita balik ke zaman dulu wkwkwkwkwk..

  45. Ternyata banyak juga orang setelah jadi orang pinter malah kebablasan jadi orang gila……..obatnya ya harus bertobat dan kembali pada jalan keimanan yang benar

  46. Maaf g ikut nimbrung,….
    kalo tetang masalah agama islam khususnya saya masih dangkal, tapi bila saya dasari dengan nalar dan pikir, apa yang dikatakan pak kiai ada benarnya juga.
    karena masa dulu siapa yang tahu, dan lagi juga siapa yang tahu apa sebenarya agamanya nabi sulaiman.
    kalo nabi sulaiman saya rasa bisa saja memeluk ajaran lain yang pasti bukan islam. bila di lihat dari sudut pandang agama.
    Alangkah baiknya, mari kita ciptakan bahwa candi borobudur adalah suatu sumber devisa negara bagaikan mekah yang ada di arab. dan jadikanlah budaya yang luhur itu sebagai warisan yang tak ternilai dan harus serta perlu kita jaga keberadaannya (bukan untuk dibuat perdebatan yg tak berujung pngkal)

  47. Smoga cpt terwujud, pembahasan Candi borobudur Sbg Bangunan yg Di bangun Oleh Nabi Sulaiman AS. atas apa yg Tlh terurai dan tersirat dlm suatu bentuk Arca serta Patung,

  48. “sampurasun” setuju sama mas (jagulsyet). tdk ada yg bisa memastikan kpn borobudur dibangun.dan tidak pula ada yg bisa memastikan 100% siapa yg membangun…apabila benar bahwa Nabi sulaiman/sleman yg membangun itu..harusnya kita bangga sebagai bangsa nuswantara ini..bukan mencela dan menuduh yg bukan2 tanpa mikir..dan bila anda islam yg mengimani Al-Qur’an, anda harus ingat seluruh cerita/sejarah yg termaktub dlm al-qur’an harus ada bukti peninggalannya yg nyata , apabila tdk anda harus mengkaji lg Iman dan al-qur’an anda..bukan sibuk mencela hasil riset seseorang..yg mencerminkan betapa kosongnya iman anda itu(jahiliyah kene)”OM Santi, Santi, Santi”

  49. “Kulo nuwun melu omong” Kalo menurut sy semua teori diatas yg Islam/Budha sama2 benar walau mkn sama2 salah. Biasanya sejarah itu tergantung penulisnya kemana kiblat si penulis tsb, jadi ya gak usah pada ribut, klo memang Pak Kyai bs meyakinkan dunia bahwa teori Kyai yg benar sy mendukung, karna kebenaran sejarah borobudur tegantung siapa .klo penulis orang Islam pasti merujuk pada Alqur an, tapi kalo si penulis beragama lain ya pasti merujuk pada agama/keyakinan yg dia anut.Jadi yang pada ribut di atas “REBUT BALUNG TANPO ISI”.

  50. jaman modern sekarang ada ga ya insinyur yang bisa membangun semacam borobudur?! bisa jadi teori FB benar adanya, bahwa yang membangun borobudur bukanlah manusia tetap jin-jin yang telah dikuasai oleh manusia yang diberi kelebihan oleh Allah SWT. bukankah yang menjadi rujukan adalah Al Quran? coba simak baik-baik penjelasan FB dari awal sampai akhir..

  51. saya tak tahu harus mempercayai yang mana ? antara benar atau tidaknya sejarah ini.satu Golongan mengatakan A dan yang satu golongan lagi mengatakan B. Sampai kapan hal ini akan selesai dan kita bisa berdamai antar agama atau individu,maaf saya tidak memihak pada satu golongan namun hanya ingin menggaris bawahi saja. biarkanlah yang lalu menjadi sejarah dan mengambil pelajaran dan hikmak atas kejayaan nenek moyang kita dan saat ini kita berusaha agar kejayaan nenek moyang dapat kita wujutkan pada abad ini, bukankah hal ini lebih baik dan lebik membagun dari pada memdebatkan sejarah,kapan kita bisa berkembang dan bisa bersaing dengan negara lain ? semisal jika salah satu golong ini menang dengan bukti-bukti yang ada, namun butuh waktu berapa puluh tahun sehingga bukti-bukti terkumpulkan dan golongan lain bisa menerimanya ? sedangkan negara lain sudah bisa membangun 100 kali lebih bagus dari borobudur.mengapa kita tidak berusaha jika nenek moyang kita bisa membuat bangunan yang kokoh dengan bahan secukupnya, mengapa kita tidak bisa ? selagi ada usaha dan tekat kuat bisa jadi kita dapat menciptakanya , ditambah bahan-bahan sekarang sudah mudah didapatkan di belahan dunia sekalipun.masa lalu adalah kenangan dan masa depan,sekarang adalah ukikiran untuk meraih kesuksesan atau malah akan menjadi kandasnya peradaban yang sudah baik.dengan kerendahan hati paling dalam saya meminta maaf bukan bermaksud untuk menyinggung salah satu golongn namun saya hanya ingin kita bersatu dan menciptakan kerukunan baik antaragama,individu,maupun golongan serta kita buktikan pada dunia kita adalah manusia sukses disegala bidang.Amin…….. ! ^_^

  52. af’ sbnarnya ratu bilqis brasal dari negara mana?

  53. Mmg ada kmiripn krteristk ksh antra Sulaiman Ptr Daud dg R Balqis VS Raja B. Bondowoso Ptr R. Pngging dg Rr. Jonggrang R. Boko.
    Ksh Sulaiman trmktub dlm Alkitab (Alqur’an s. an-naml), sdgkn crt R. Bondowoso brsumber dr Legenda Jawa (Zmn Mtrm Hindu). 2 versi ini mana yg lbh kuat/benar?. tentu prlu kajian lg. Di smpg itu, tak ada 1pun Hadits shokih Rslulloh yg mngaskn bhw krjaan Sulaiman istana Sulaiman brada di Israil. Dlm Alkitab Sulaiman adlh Rajanya org Israil, bkn istananya di Israil. Israil Jawa jg ada

  54. Sejauh ini kt msh trbuai dg pola pikir barat (Yahudi+), yg lihai dlm mmbolak balikkan sjarah dunia dg ilmu riset & metodologinya yg slalu di agul2kan sprti : Arkeologi, Astrologi,Astronomi, dll. Di sinilah kemenangn mrk dlm mmbuat suatu steatmen utk mrubah pradabn dunia, yg pd akhirya kt sbg Bs. yg mustinya unggul pd akhirnya mnjadi Bs. yg MBEBEK dg pmikiran YAHUDI+. Bs. Yahudi itu adik dbawah kt jauh, aplg Arab, Amerika, Inggris dsb, smua adik2 kt. Krn nenek moyang mrk dr kita (Nusantara) yaitu ADAM.

  55. Sangat2 salah kaprah kalo Candi Borobudur itu pninggalan/milik satu kelompok agama trtentu (Hindu/Budha), aplgi milik Islam.
    Candi Boro Budur, Prambanan, Pawon dsb itu adlh pninggaln nenek moyang kita (Nusantara) yg saat itu menganut faham Ketuhanan (Tauhidisme) atau kjawennya dsbt ajaran ADI LUHUR yg brarti ADI = Pertama, LUHUR = Tinggi/Mulia.
    Jd ga bnr kalo situs di Nusantara ini milik 1 kmnts agama.
    Krn Hindu, Budha, Krstn & Islam smua ini adlh ajrn br. Dan Islam dbw olh Rsl Muhammad sbg pnymprna aja

    • jd apa yg anda ketahui ttg islam dan tauhid mas ?
      kl anda tau toh cma islam yg beragama tauhid cma islam saja….

      agama pean opow ??….
      kejawen opow mbah subur hohooho

  56. Smua situs Pradabn & Budaya di Bmi Nsntra ini adlh mlk Bs. Indnsia & umt mnusia di dunia. Entah itu Candi, Batu, Punden dsb. Sprti candi Borobudur, Prmbann, dst.
    Bs saja mrk klaim, krn pd saat itu di Nusantara Mayoritas Hindu, akhrnya ini mlk Hindu, slnjtnya Budha dtg, ini milik Budha, trs Islam dtg ah ga’! tkt musyrik. Trs Krstn dtg, ah ntar dulu.
    Nah, smua ini adlh bntk klaim waris. Ta’ ubhnya Yahudi di Plstna, main sikat aja, meski sjarahnya dbuat-buat.
    Kemiripan sjarah/legnda adlh kearifan kt brsama.

  57. @nurkholis kyai …
    Ajaran tauhid (monotheisme) itu ada di bumi sebagai petunjuk dr ALLAH SWT melalui nabi2 n wali2, ada yg diturnkan di india, arab, cina, nusantara dll tp tetap bahwa tuhan itu satu yaitu ALLAH. Dan ALLAH mengajarkan kita utk tidak ashobiyah/fanatisme golongan. Ga masalah budaya siapa yg paling maju dahulu kala yg penting kita bangun umat islam n bangsa indonesia menjadi maju n sejahtera.

    • Nah ini baru betul

  58. kasian generasi selanjutnya jika sejarah diputarbalikan oleh manusia yg tak bertanggung jawab … hal ini sama saja menghancurkan kebudayaan dan kebanggaan bangsa indonesia sendiri….sangat memprihatinkan manusia jaman sekarang.

  59. percaya ama hal yang belum ada buktinya : Dosa
    mencela pendapat orang laen : Dosa
    Yang ga tau Dosa berarti diragukan punya agama apa gaknya ?

  60. Mendingan Candi Borobudur Dirubuin aja, gandi jadi sawah biar ada hasilnya. Daripada jadi bahan keributan …..

  61. Mendingan Candi Borobudur Dirubuin aja, ganti jadi sawah biar ada hasilnya. Daripada jadi bahan keributan …..

    • ni lagi .kebodohan yang di.internetkan…………….Candi tu peningggalan nenq moyang kita yang bisa dibanggain……..setidaknya…..Indonesia zaman dulu ada yang pinter.bisa ngebangunin Candi…….Lu………………Bangun rumah aja gak becus…………mo robohin candi………..manusia kayaq gini bikin Indonesia mundur…………….bukan maju………………….Maunya ngancurin aja…………….Otaknya aja diancurin………………..Sadarlah…………….

  62. Seluruh candi di Indonesia adalah sumber kesyirikan. Lebih baik digusur aja dijadiin Tempat yang berguna. Cuma Usul Iseng …………….

    • ini ni…………yang bikin perpecahan agama.Kalu 50 thn akan datang Indonesia dikuasai Kristen….dan ada pemimpin ginian………….Hancurin semua mesjid sarang teroris……..GIMANA ?????????? ……..mAKANYA Pikir sembelum komment…………….Duhhhhhhhhhhhhh kasian bundamy ngelahirin.anaq yang bangun rumah aja gak becus……..mo hancurin NEGARA………………………..

  63. 1. Nabi Adam
    Diperkirakan hidup pada 5872-4942 SM di sekitar wilayah yang kini dikenal sebagai India.

    2. Nabi Idris bin Yarid bin Mahlail dari keturunan Nabi Syits bin Adam
    Diperkirakan hidup sekitar tahun 4533-4188 SM.

    3. Nabi Nuh bin Malik bin Mutawashlihbin Idris dari keturunan Nabi Syits bin Adam
    Diperkirakan hidup pada tahun 3993-3043 SM dan diangkat menjadi nabi pada tahun 3650 SM.

    4. Nabi Hud bin Abdullah bin Rabah bin Al-Khulud dari keturunan Sam bin Nuh
    Diperkirakan hidup pada tahun 2450-2320 SM.

    5. Nabi Shalih bin Ubaid bin ‘Ashif dari keturunan Sam bin Nuh
    Diperkirakan beliau hidup pada tahun 2150-2080 SM dan diangkat menjadi nabi pada tahun 2100 SM.

    6. Nabi Ibrahim bin Azar bin Nahur dari keturunan Sam bin Nuh
    Beliau diperkirakan hidup tahun 1997-1822 SM dan diangkat menjadi nabi pada tahun 1900 SM.

    7. Nabi Luth bin Haran bin Azar bin Nahur dari keturunan Sam bin Nuh
    Diperkirakan hidup pada tahun 1950-1870 SM dan diangkat menjadi nabi pada tahun 1900 SM.

    8. Nabi Ismail bin Ibrahim Azar bin Nahur dari keturunan Sam bin Nuh
    Diperkirakan hidup pada tahun 1911-1774 SM dan dianggkap menjadi nabi pada tahun 1850 SM.

    9. Nabi Ishaq Ibrahim Azar bin Nahur dari keturunan Sam bin Nuh
    Diperkirakan hidup pada tahun 1897-1717 SM dan diangkat menjadi nabi pada tahun 1800 SM.

    10. Nabi Ya’qub bin Ishaq bin Ibrahim
    Diperkirakan hidup pada tahun 1837-1690 SM dan diangkat menjadi nabi pada tahun 1750 SM.

    11. Nabi Yusuf bin Ya’qub bin Ishaq bin Ibrahim
    Diperkirakan hidup pada tahun 1745-1635 SM dan diangkat menjadi nabi pada tahun 1715 SM

    12. Syu’aib bin Mikail bin Yasyjar bin Madyan bin Ibrahim
    Diperkirakan hidup pada tahun 1600-1490 SM dan diangkat menjadi nabi pada tahun 1550 SM.

    13. Nabi Ayyub bin Amwas bin Zarih dari keturunan Ibrahim
    Diperkirakan hidup pada tahun 1540-1420 SM. Dan diangkat menjadi nabi pada tahun 1500 SM.

    14. Nabi Zulkifli bin Bisyr bin Ayyub dari keturunan Ishaq bin Ibrahim
    Diperkirakan hidup pada tahun 1500-1425 SM dan diangkat menjadi nabi pada tahun 1460 SM.

    15. Nabi Musa bin Imran dri keturunan Ya’qub bin Ishak
    Diperkirakan hidup pada tahun 1527-1408 SM dan diangkat menjadi nabi pada tahun 1450 SM.

    16. Nabi Harun bin Imran dri keturunan Ya’qub bin Ishak
    Diperkirakan hidup pada tahun 1531-1408 SM dan diangkat menjadi nabi pada tahun 1450 SM.

    17. Nabi Daud bin Aisya bin Awid dari keturunan Yahuza bin Ya’qub
    Diperkirakan hidup pada tahun 1041-971 SM dan diangkat menjadi nabi pada tahun 1010 SM. Beliau

    18. Nabi Sulaiman bin Daud bin Aisya bin Awid dari keturunan Yahuza bin Ya’qub
    Diperkirakan hidup pada tahun 989-931 SM dan diangkat menjadi nabi pada tahun 970 SM.

    19. Nabi Ilyas bin Yasin bin Fanhas dari keturunan Harun bin Imran
    Diperkirakan hidup pada tahun 910-850 SM dan diangkat menjadi nabi pada tahun 870 SM.

    20. Nabi Ilyasa’ bin Akhtub dari keturunan Yusuf bin Ya’qub
    Diperkirakan hidup pada tahun 885-795 SM dan diangkat menjadi nabi pada tahun 830 SM.

    21. Yunus bin Matta dari keturunan Bunyamin bin Ya’qub
    Diperkirakan hidup pada tahun 820-750 SM.

    22. Nabi Zakaria bin Dan bin Muslim dari keturunan Rahbaam bin Sulaiman
    Diperkirakan hidup pada tahun 91-31 SM dan diangkat menjadi nabi pada tahun 2 SM.

    23. Yahya bin Zakaria bin Dan bin Muslim dari keturunan Rahbaam bin Sulaiman
    Diperkirakan hidup pada tahun 1SM – 31M dan diangkat menjadi nabi pada tahun 28M.

    24. Nabi Isa bin Maryam binti Imran dari keturunan Sulaiman bin Daud
    Diperkirakan hidup pada tahun 1SM-32M dan diangkat menjadi nabi pada tahun 29M.

    25. Nabi Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muttalib dari keturunan Ismail bin Ibrahim
    Diperkirakan hidup pada tahun 571M-632M

  64. Setelah saya ikuti vidio ini dan dari keterangan pak Yai Fahmi , keliatannya ada yg kurang sesuai dari penjelasannya adapun yang saya ketahui keterangan dari video ini
    1. Borobudur di bangun oleh jin yg diperintah oleh n sulaiman dan di awasi sampai ia wafat dan tak ada yg mengetahui, kemudian ia pun tau N Sulaiman wafat dari rayap yang memakan tongkatnya dan ia pun terjungkal
    2. Nabi sulaiman wafat kemudian para jin lari untuk meninggalkan pekerjaannya sehingga kurang satu archa yg belum jadi
    3. Arsy saba di pindah dr ratu boko kemudian di taruh di atas borobudur
    4. Ratu boko berkunjung dan tercengang pada saat melihat singgasananya
    dari cerita itu yang kelihatannya kurang sesuai
    yaitu
    1. Pada saat di pindahnya arsy ratu saba, borobudur belum di bangun, padahal tempat arsy ratu boko terdapat di tempat yg paling atas candi borobudur, sedangkan masa pembuatan candi boro budur sampai Nabi sulaiman wafat
    2. Bagaimana sebuah bangunan bisa terbangun apabila yg bawah aja belum jadi tetapi yg atas sudah ada.

    • Tahu dari mana ente? emang ente dah pernah lihat dengan mata kepala ente sendiri duluan mana boko dan borobudurnya, kalo ente cuma berdasarkan perkiraan arkeolog ma itu tidak bisa juga dijadikan landasan emang ente yakin pembangunannya di abad ke 8 M, emang ente lihat dengan mata kepala ente sendiri waktu di bangunnya? Kalo tahu dari buku “katanya” sih jangan cerita

  65. mungkin finishing nya dr atas ke bawah :)

  66. Assalamu’alaikum.wr.wb..
    Membaca komentar-komentar yang telah ditulis, terlihat nad2 yang krg sopan, menghujat, menghina dll…. saya tidak begitu yakin yang menghujat dan menghina itu termasuk orang2 yan g baik dilihat dr segi agama kita Islam… seorang yang baik maka ucapan, tindkan, dan akhlaknya tentu saja baik. mengapa forum diskusi menjadi ajang menghujat seseoarng. Memang jika teori yang diutarakan benar akhidah kita menjadi berubah???? kita tepa Muslim, menyembah Allah, mengakui Rasul Muhammad SAW. iniilah bebalnya pikiran yang mereka sandang persis ketika dulu Galileo mengungkapakan sebuah teori bahwa bumi itu bulat dan tidak datar dan saat itu banyak ditentang??? NILAI KEBENARAN ITU TIDAKLAH MUTLAK. TENTU YANG MAHA BENAR HANYA “ALLAH swt” kita diberi akal, pikiran seharusnya digunakan untuk berpikir dan menghargai pendapat … apa kalian yang berkomentar itu lebih pandai dari KH. Fahmi Basya saya yakin secara ilmu empiris saja tidaklah Prof. itu ilmu yg jelas sudah diterima di muka bumi ini. Tetapi pendapat dan hujatannya seolah2 lebih pandai dan pintar dari KH. Fahmi Basya..Belum lagi fitnah yang dilontarkan bahwa KH Fahmi Basya adalah agen yahudi. (TENTU SAYA LEBIH MENDUKUNG KYAI HAJI FAHMI BASYA dari pada yang yang komentar negatif, mungkin sholat saja belum tentu) jadi alangkah jika tidak setuju lebih baik diam, wong anda diam saja juga tidak rugi???apa jika teori ini benar Islam terus tidak ada??? apoa terus ada nabi terakhir stlh Muhammad SAW, atau ada jgn2 anda yang komentar negatif ini sebenarnya hnya tidak tahu apa2…. dan belajar sejarah sejarah hanya sepotong2 dan katanya???? pesan saya santunlah anda berkomentar jika anda orang Indonesia, orang beradab jika tidak jgn2 anda lahir di Indonesia namun beraklak dari bangsa lain … yang tak beradab tentu bukan Indonesia!!!!! semoga Allah selalu memberi petunjuk pada kita.aaamiinnn yang ingin sharing saya tunggu di no hp saya 089671418116 aria jogja

    • SEJARAH BATAK – I

      Permulaan Generasi Pertama Manusia

      Tersebutlah dalam kitab-kitab suci bangsa Timur Tengah bahwa Adam, yang dianggap sebagai manusia pertama dan Nabi pertama, mulai mengembangkan generasinya bersama Siti Hawa, Nenek Moyang Manusia yang ditemukan kembali setelah didamparkan di daerah India dari Surga.
      Generasi berikutnya mulai melahirkan beberapa kelompok Bangsa.
      Bangsa Semetik kemudian menurunkan Bangsa Arab dan Israel yang selalu berperang. Khabarnya perpecahan kedua bangsa ini dimulai sejak Nabi Ibrahim.
      Bangsa Syam yang kemudian dikenal sebagai ras Aryan, menurunkan Bangsa Yunani dan Roma yang menjadi cikal bakal Eropa (Hitler merupakan tokoh ras ini yang ingin memurnikan bangsa Aryan di samping Bangsa Braminik yang chauvinistik dan menjadi penguasa kasta tinggi di agama Hindu), Nordik, Patan, Kaukasian, Slavia, Persia (Iran), dan India Utara (semisal Punjabi, Kashmir dan Gujarat) berkulit putih serta bule-bule lain sebangsanya.
      Bangsa Negroid menurunkan bangsa Afrika dan beberapa bangsa berkulit hitam lainnya di dunia seperti Bangsa Dravidian (India berkulit Hitam), Papua, Samoa, Aborigin di Autralia, Asmat, dan bangsa lain yang hidup di kepulauan Polinesia, Samudera Pasifik.
      Bangsa Tatar menurunkan Ras Mongoloid yang terdiri dari bangsa Mongol; Cina, Korea, Uzbek, Tazik, Kazakh, Kazan di Rusia, bangsa Nomad penghuni Kutub Utara dan Selatan bermata sipit, Hokkian yang menjadi Konglomerat dan Mafia di Indonesia serta Bangsa Maya, Suku Indian, dan lain sebagainya yang menjadi penduduk asli benua Amerika dan yang kedua; Ras Austronesia, yang menyebar di Madagaskar, Afrika, Batak; Proto Malayan dan Neo Malayan; Melayu, Jawa dan lain-lain.
      Penyebaran populasi manusia terjadi paska “Tsunami” pertama atau dikenal sebagai Banjir Bah di jaman Nabi Nuh AS. Di jaman ini pula ada sebuah komunitas manusia yang konon mempunyai tinggi badan 15-30 meter punah ditelan banjir karena kesombongannya. Peneliti antropologi Amerika di awal abad 20 menemukan kembali bangsa ini di pedalaman Afrika, namun lokasinya dirahasiakan oleh pihak militer yang tertarik untuk mengambil sampel komunitas ini untuk rekayasa gen tentara AS. Penelitian juga diarahkan untuk menghidupkan kembali Bangsa Dinosaurus, sejenis binatang purba, yang juga mati tenggelam karena tidak sempat dan tidak ‘muat’ dimasukkan di kapal Nabi Nuh.
      73.000-30.000 SM
      Penduduk nomaden mendiami sekitar pegunungan Batak, yang meledak membentuk danau Toba, keberadaan mereka berdasarkan penggalian sejarah.
      3000-1000 SM (Sebelum masehi)
      Bangsa Batak yang merupakan bagian dari Ras Proto Malayan hidup damai bermukim di perbatasan Burma/Myanmar dengan India. Beberapa komunitas tersebut yang kemudian menjadi cikal-bakal bangsa adalah kelompok Bangsa Karen, Toradja, Tayal, Ranau, Bontoc, Meo serta trio Naga, Manipur, Mizoram. Tiga yang terakhir ini sekarang berwarga negara India. Adat istiadat mereka dan aksesoris pakaian yang dimiliki sampai sekarang masih mirp dengan pakaian Batak, misalnya pernik dan warna ulos.
      Sifat dominan dari ras ini adalah kebiasaan hidup dalam splendid isolation di lembah lembah sungai dan di puncak-puncak pegunungan. Mereka sangat jarang membuat kontak bersifat permanen dengan pendatang yang berasal dari komunitas lainnya misalnya komunitas yang berada di tepi pantai, pesisir, yang saat itu banyak dipengaruhi oleh ideologi yang berbeda dengan mereka, misalnya Hinduisme (Yang disinyalir sebagai ajaran turunan dari agama Nabi Nuh AS), Zoroaster, Animisme gaya Yunani dan Romawi, dan juga paham-paham baru seperti Buddha, Tao, dan Shintoisme
      Sifat tersebut masih membekas dan terus dipertahankan oleh orang-orang Batak hingga abad 19M. Sampai saat ini, diperkirakan suku bangsa yang berasal dari ras ini masih mempertahankan kebiasaan ini, terutama Bangsa Tayal, bangsa pribumi di Taiwan, Orang-orang Bontoc dan Batak Palawan penghuni pertama daerah Filipina.
      1000 SM
      Bangsa Mongol yang dikenal bengis dan mempunyai kemajuan teknologi yang lebih tinggi berkat hubungan mereka yang konsisten dengan berbagai bangsa mulai bergerak ke arah Selatan. Di sana, keturunan mereka menyebut dirinya Bangsa Syan dan kemudian menciptakan komunitas Burma, Siam (Thai) dan Kamboja yang kemudian menjadi cikal-bakal negara.
      Ras Proto Malayan mulai terdesak. Ketertutupan mereka menjadi bumerang karena teknologi mereka tidak up to date. Sebagian dari mereka kemudian mulai meninggalkan daerah-daerah tersebut, menempuh perjalanan untuk mencari daerah baru bahkan ke seberang lautan, di mana mereka akan menikmati hidup dalam ‘splendid isolation’ kembali.
      Bangsa Bontoc bergerak ke daerah Filipina, Bangsa Toraja ke Selatannya, di Sulawesi. Di Filipina, Batak Palawan merupakan sebuah suku yang sampai sekarang menggunakan istilah Batak. Saudara mereka bangsa Tayal membuka daerah di Kepulauan Formosa, yang kemudian, beberapa abad setelah itu, daerah mereka diserobot dan kedamaian hidup mereka terusak oleh orang-orang Cina nasionalis yang kemudian menamakannya Taiwan.
      Yang lain, Bangsa Ranau terdampar di Lampung. Bangsa Karen tidak sempat mempersiapkan diri untuk migrasi, mereka tertinggal di hutan belantara Burma/Myanmar dan sampai sekarang masih melakukan pemberontakan atas dominasi Suku Burma atau Myanmar yang memerintah.
      Selebihnya, Bangsa Meo berhasil mempertahankan eksistensinya di Thailand. Bangsa Naga, Manipur, Mizo, Assamese mendirikan negara-negara bagian di India dan setiap tahun mereka harus berjuang dan berperang untuk mempertahankan identitas mereka dari supremasi bangsa Arya-Dravidian, yakni Bangsa India, yang mulai menduduki daerah tersebut karena over populasi.
      Bangsa Batak sendiri, selain terdampar di Filipina, sebagian terdampat di kepulauan Andaman (sekarang merupakan bagian dari India) dan Andalas dalam tiga gelombang.
      Yang pertama mendarat di Nias, Mentawai, Siberut dan sampai ke Pulau Enggano. Gelombang kedua terdampar di muara Sungai Simpang. Mereka kemudian bergerak memasuki pedalaman Pulau Andalas menyusuri sungai Simpang Kiri dan mulai mendirikan tempat di Kotacane. Komunitas ini berkembang dan membuat identitas sendiri yang bernama Batak Gayo. Mereka yang menyusuri Sungai Simpang Kanan membentuk Komunitas Batak Alas dan Pakpak. Batak Gayo dan Alas kemudian dimasukkan Belanda ke peta Aceh.
      Mainstream dari Suku bangsa Batak mendarat di Muara Sungai Sorkam. Mereka kemudian bergerak ke pedalaman, perbukitan. Melewati Pakkat, Dolok Sanggul, dan dataran tinggi Tele mencapai Pantai Barat Danau Toba. Mereka kemudian mendirikan perkampungan pertama di Pusuk Buhit di Sianjur Sagala Limbong Mulana di seberang kota Pangururan yang sekarang. Mitos Pusuk Buhit pun tercipta.
      Masih dalam budaya ‘splendid isolation’, di sini, Bangsa Batak dapat berkembang dengan damai sesuai dengan kodratnya. Komunitas ini kemudian terbagi dalam dua kubu. Pertama Tatea Bulan yang dianggap secara adat sebagai kubu tertua dan yang kedua; Kubu Isumbaon yang di dalam adat dianggap yang bungsu.
      Sementara itu komunitas awal Bangsa Batak, jumlahnya sangat kecil, yang hijrah dan migrasi jauh sebelumnya, mulai menyadari kelemahan budayanya dan mengolah hasil-hasil hutan dan melakukan kontak dagang dengan Bangsa Arab, Yunani dan Romawi kuno melalui pelabuhan Barus. Di Mesir hasil produksi mereka, kapur Barus, digunakan sebagai bahan dasar pengawetan mumi, raja-raja tuhan Fir’aun yang sudah meninggal. Tentunya di masa inilah hidup seorang pembawa agama yang dikenal sebagai Nabi Musa AS.
      1000 SM – 1510 M
      Komunitas Batak berkembang dan struktur masyarakat berfungsi. Persaingan dan Kerjasama menciptakan sebuah pemerintahan yang berkuasa mengatur dan menetapkan sistem adat.
      Ratusan tahun sebelum lahirnya Nabi Isa Al Masih, Nabi Bangsa Israel di Tanah Palestina, Dinasti Sori Mangaraja telah berkuasa dan menciptakan tatanan bangsa yang maju selama 90 generasi di Sianjur Sagala Limbong Mulana.
      Dinasti tersebut bersama menteri-menterinya yang sebagian besar adalah Datu, Magician, mengatur pemerintahan atas seluruh Bangsa Batak, di daerah tersebut, dalam sebuah pemerintahan berbentuk Teokrasi.
      Dinasti Sorimangaraja terdiri dari orang-orang bermarga Sagala cabang Tatea Bulan. Mereka sangat disegani oleh Bangsa Batak di bagian Selatan yang keturunan dari Tatea Bulan.
      Dengan bertambahnya penduduk, maka berkurang pula lahan yang digunakan untuk pertanian, yang menjadi sumber makanan untuk mempertahankan regenerasi. Maka perpindahan terpaksa dilakukan untuk mencari lokasi baru. Alasan lain dari perpindahan tersebut adalah karena para tenaga medis kerajaan gagal membasmi penyakit menular yang sudah menjangkiti penduduk sampai menjadi epidemik yang parah.
      Perpindahan diarahkan ke segala arah, sebagian membuka pemukiman baru di daerah hutan belukar di arah Selatan yang kemudian bernama Rao, sekarang di Sumatera Barat. Beberapa kelompok di antaranya turun ke arah Timur, menetap dan membuka tanah, sekarang dikenal sebagai Tanjung Morawa, daerah di pinggir Kota Medan.
      Satu kerajaan lain yang berdiri di era ini adalah Kerajaan Hatorusan yang didirikan oleh Raja Uti di Sianjur Mula-mula. Pusat kerajaan kemudian dipindahkan ke Barus dan Singkil. Raja Uti adalah cucu langsung Si Raja Batak dari anaknya Guru Tatebulan.
      200 SM-150 M
      Orang-orang Mesir (masa Ramses) mengunjungi tanah Batak, tepatnya, Barus untuk membeli kapur barus. Sumber-sumber sejarah Yunani, misalnya dari Ptolomeus abad ke-2 SM mengatakan bahwa kapal-kapal Athena telah singgah di kota Barus pada abad-abad terakhir sebelum tibanya tarikh Masehi.
      Ptolomeus membicarakan Barus sebanyak lima kali di dalam laporannya dengan pandangan negatif terhadap penduduk pribumi Sumatera, khususnya orang Batak yang dikatakannya sebagai orang-orang kanibal (Wolters hal. 9; Krom h. 57-59).
      Begitu pula rombongan kapal Fir’aun dari Mesir telah berkali-kali berlabuh di Barus antara lain untuk membeli kapur barus (kamper), bahan yang sangat diperlukan untuk pembuatan mummi. Mereka adalah orang-orang Arab pra-Islam Funisia, Kartago yang sekarang menjadi Libya dan Mesir, Afrika Utara.
      100 SM
      Sementara itu di pedalaman Batak, Sianjur Mula-mula, beberapa kerajaan huta telah berdiri. Tahun 100 SM Kerajaan Batahan Pulo Morsa eksis. Kerajaan ini memakai sistem raja na opat atau raja berempat yang terdiri; Pulo Morsa Julu, dengan Raja Suma Hang Deha, Pulo Morsa Tonga, Raja Batahan Jonggi Nabolon, Pulo Morsa Jau dengan Raja Situan I Rugi-rugi dan Pulo Morsa Jae dengan Raja Umung Bane. Kerajaan ini bertahan selama 24 keturunan.
      450 M
      Daerah Toba telah diolah dan dikelola secara luas oleh rakyat kerajaan tersebut. Mereka yang dominan terutama dari kubu Isumbaon, kelompok marga Si Bagot Ni Pohan, leluhur Annisa Pohan, menantu SBY, Presiden pilihan langsung pertama RI. Di daerah ini bermukim juga kaum Tatea Bulan yang membentuk kelompok minoritas terutama dari marga Lubis.
      Sebagian dari Lubis terdesak ke luar Toba dan merantau ke Selatan. Sebagian lagi menetap di Toba dan Uluan hingga kini. Keturunannya di Medan mendirikan banyak lembaga sosial terutama Pesantren Modern Darul Arafah di Pinggiran Kota Medan.
      Di daerah Selatan kelompok marga Lubis harus bertarung melawan orang-orang Minang. Kalah. Perantauan berhenti dan mendirikan tanah Pekantan Dolok di Mandailing yang dikelilingi benteng pertahanan.
      Mereka kemudian berhadapan dengan bangsa Lubu, Bangsa berkulit Hitam ras Dravidian yang terusir dari India, melalui Kepulauan Andaman berkelana sampai daerah muara Sungai Batang Toru. Bangsa Lobu tersingkir dan kemudian menetap di hutan-hutan sekitar Muara Sipongi. Bila di India Bangsa Arya meletakkan mereka sebagai bangsa terhina, ‘untouchable’; haram dilihat dan disentuh, maka nasib sama hampir menimpa mereka di sini. Saudara Bangsa Lubu, Bangsa Tamil migrasi beberapa abad kemudian, dari India Selatan, membonceng perusahaan-perusahaan Eropa dan membentuk Kampung Keling di Kerajaan Melayu Deli, Medan.
      497 M
      Para pengikut parmalim menyakini bahwa tahun 497 M atau 1450 tahun Batak, merupakan tahun kebangkitan pemikiran keagamaan di kepemimpinan Raja-raja Uti. Raja Uti dinobatkan sebagai Tokoh Spiritual Batak dan Rasul Batak
      502-557 M
      Orang-orang Cina datang ke Barus. Orang Cina mengenal Barus dengan istilah P’o-lu-shih yang berarti pelabuhan peng-expor kapur. Sebuah itilah yang berasal dari kata Cina yang berarti harum: “P’o-lu” (Drakard 1993:3). Dalam teks-teks Cina pada zaman Dinasti Liang (502-557), saat itu, kapur dikenal dengan nama “obat salap dari P’o-lu atau Barus” atau P’o-lu-shih.
      600-700 M
      Pada abad ke-7, utusan dagang kerajaan Barus Hatorusan berangkat dari Barus menuju ke Cina membicarakan perdagangan bilateral antara Sumatera dan Cina (Wolters 33).
      600-1200 M
      Komunitas Batak di Simalungun memberontak dan memisahkan diri dari Dinasti Batak, Dinasti Sori Mangaraja di pusat. Mereka mendirikan Kerajaan Nagur. Mereka ini keturunan Batak yang bermukim di Tomok, Ambarita dan Simanindo di Pulau Samosir. Di kemudian hari Kerajaan Nagur di tangan orang Batak Gayo mendirikan kerajaan Islam Aceh.
      Simalungun merupakan tanah yang subur akibat bekas siraman lava. Siraman lava dan magma tersebut berasal dari ledakan gunung berapi terbesar di dunia, di zaman pra sejarah. Ledakan itu membentuk danau Toba. Orang Simalungun berhasil membudidayakan tanaman, selain padi yang menjadi tanaman kesukaan orang Batak; Pohon Karet.
      Hasil-hasil pohon karet tersebut mengundang kedatangan ras Mongoloid lainnya yang mengusir mereka dari daratan benua Asia; orang-orang Cina yang sudah pintar berperahu pada zaman Dinasti Swi, 570-620 M. Di antaranya Bangsa Yunnan yang sangat ramah dan banyak beradaptasi dengan pribumi dan suku bangsa Hokkian, suku bangsa yang dikucilkan di Cina daratan, yang mengekspor tabiat jahat dan menjadi bajak laut di Lautan Cina Selatan.
      Kolaborasi dengan bangsa Cina tersebut membentuk kembali kebudayaan maritim di masyarakat setempat. Mereka mendirikan kota pelabuhan Sang Pang To di tepi sungai Bah Bolon lebih kurang tiga kilometer dari kota Perdagangan. Orang-orang dari Dinasti Swi tersebut meninggalkan batu-batu bersurat di pedalaman Simalungun.
      Di daerah pesisir Barat, Barus, kota maritim yang bertambah pesat yang sekarang masuk di Kerajaan Batak mulai didatangi pelaut-pelaut baru, terutama Cina, Pedagang Gujarat, Persia dan Arab. Pelaut-pelaut Romawi Kuno dan Yunani Kuno sudah digantikan oleh keturunan mereka pelaut-pelaut Eropa yang lebih canggih, dididikan Arab Spanyol. Islam mulai diterima sebagai kepercayaan resmi oleh sebagian elemen pedagang Bangsa Batak yang mengimpor bahan perhiasan dan alat-alat teknologi lainnya serta mengekpor kemenyan komoditas satu-satunya tanah Batak yang sangat diminati dunia.
      Islam mulai dikenal dan diterima sebagai agama resmi orang-orang Batak di pesisir; khususnya Singkil dan Barus.
      600-700 M
      Sriwijaya menjajah Barus. Sementara itu laporan Cina yang lain mengatakan bahwa Sriwijaya pada abad ke-7 dan 8 merupakan kerajaan ganda satu diantaranya ialah Barus (Wolters 9). Diyakini lokasi strategis Barus dan volume perdagangan di wilayah tersebut membuat kerajaan Hatorusan terlibat dalam pertikaian politik dengan kerajaan Sriwijaya dari Sumatera Selatan dan Jawa, sehingga saling menganeksasi.
      Hubungan Barus dengan Sriwijaya dibicarakan di dalam kitab Sunda lama “Carita Parahyangan” yang mengatakan bahwa Barus merupakan daerah taklukan dari Raja Sanjaya, raja Sumatera dari Sriwijaya yang berkuasa di Jawa dan mendirikan candi Borobudur (Krom 126).
      850 M
      Kelompok Marga Harahap dari Kubu Tatea Bulan, bekas populasi Habinsaran bermigrasi massal ke arah Timur. Menetap di aliran sungai Kualu dan Barumun di Padang Lawas. Kelompok ini sangat hobbi berkuda sebagai kendaraan bermigrasi.
      Karena ini, dalam jangka waktu yang singkat, sekitar dua tahun, mereka sudah menguasai hampir seluruh daerah Padang Lawas antara Sungai Asahan dan Rokan. Sebuah daerah padang rumput yang justru sangat baik untuk mengembangbiakkan kuda-kuda mereka.
      Sebagian dari kelompok marga ini, melalui Sipirok, menduduki daerah Angkola dan di sini tradisi mengembala dan menunggang kuda hilang, mereka kembali menjadi komunitas agraris. Sementara di Padang Lawas mereka menjadi penguasa feodalistik dan mulai memperkenalkan perdagangan budak ke Tanah Batak Selatan.
      851 M
      Laporan Sulaiman pada tahun 851 M membicarakan tentang penambangan emas dan perkebunan barus (kamper) di Barus (Ferrand 36).
      Ahli sejarah menemukan bukti-bukti arkeologis yang memperkuat dugaan bahwa sebelum munculnya kerajaan-kerajaan Islam yang awal di Sumatera seperti Peurlak dan Samudera Pasai, yaitu sekitar abad-9 dan 10, di Barus telah terdapat kelompok-kelompok masyarakat Muslim dengan kehidupan yang cukup mapan.
      900 M
      Marga Nasution mulai tebentuk di Mandailing. Beberapa ratus tahun sebelumnya, sejak tahun-tahun pertama masyarakat Batak di sini, disinyalir saat itu zaman Nabi Sulaiman di Timur Tengah (Buku Ompu Parlindungan), perbauran penduduk dengan pendatang sudah menjadi tradisi di beberapa tempat, khusunya yang di tepi pantai.
      Penduduk dataran tinggi, para pendatang di pelabuhan Natal dan Muaralabu (dikenal dengan sebutan Singkuang atau Sing Kwang oleh ejaan Cina), dan terutama elemen-elemen bangsa Pelaut Bugis dari Sulawesi, yang singgah sebelum berlayar berdagang menuju Madagaskar, telah berasimilasi dengan penuh toleransi dengan bangsa Batak.
      Para pendatang tersebut dengan sukarela interaksi dan menerima adat Dalihan Natolu agar dapat mempersunting wanita-wanita setempat setelah puluhan tahun di tengah laut. Datu Nasangti Sibagot Ni Pohan dari Toba, seorang yang disegani saat itu, menyatukan mereka; campuran penduduk peribumi dan pendatang tersebut, membentuk marga Nasution.
      Sementara itu perebutan kekuasaan terjadi di Pusat Pemerintahan Kerajaan Batak, martua Raja Doli dari Siangjur Sagala Limbong Mulana dengan pasukannya merebut wilayah Lottung di Samosir Timur. Percampuran keduanya membentuk kelompok Marga Lottung Si Sia Marina, yang terdiri atas; Situmorang, Sinaga, Nainggolan, Pandiangan, Simatupang, Aritonang dan Siregar.
      Ibnu Rustih, mengunjungi Barus kurang lebih pada tahun 900 M, menyebut Fansur, nama kota di Barus, sebagai negeri yang paling masyhur di kepulauan Nusantara (Ferrand 79).
      902 M
      Ibn Faqih, mengunjungi Barus, melaporkan bahwa Barus merupakan pelabuhan terpenting di pantai barat Sumatera (Krom 204).
      1050 M
      Karena minimnya peralatan medis, epidemik melanda daerah Lottung kembali. Masyarakat Lottung Si Sia Marina berhamburan ke luar dari wilayah tersebut menuju daerah yang “sehat”. Akibatnya, kelompok Marga Siregar terpecah dua menjadi Siregar Sigumpar dan Siregar Muara, keduanya bermukin di Toba.
      1070-1120 M
      Kemasyhuran Barus juga mengundang imigran asing bermukim dan berdagang serta menjadi buruh di beberapa sentral industri. Sebuah inskripsi Tamil bertarikh 1088 M dari zaman pemerintahan Kulottungga I (1070-1120) dari kerajaan Cola menyebut Barus terletak di Lobu Tua, dan banyak orang Tamil tinggal di kota ini sebagai saudagar dan pengrajin (Krom 59-60).
      Guru Marsakkot Pardosi, Salah satu Dinasti Pardosi di Barus menjadi Raja di Lobu Tua, Barus. Nenek moyangnya berasal dari Tukka, Pakkat di Negeri Rambe yang datang dari Balige, Toba.
      Pada permulaan abad ke-12, seorang ahli geografi Arab, Idrisi, memberitakan mengenai eskport kapur di Sumatera (Marschall 1968:72). Kapur bahasa latinnya adalah camphora produk dari sebuah pohon yang bernama latin dryobalanops aromatica gaertn. Orang Batak yang menjadi produsen kapur menyebutnya hapur atau todung atau haboruan.
      Beberapa istilah asing mengenai Sumatera adalah al-Kafur al-Fansuri dengan istilah latin Canfora di Fanfur atau Hapur Barus dalam bahasa Batak dikenal sebagai produk terbaik di dunia (Drakard 1990:4) dan produk lain adalah Benzoin dengan bahasa latinnya Styrax benzoin. Semua ini adalah produk-produk di Sumatera Barat Laut dimana penduduk aslinya adalah orang-orang Pakpak dan Toba.
      1200-1285 M
      Kerajaan Nagur tetap eksis di hulu sungai Pasai. Marah Silu, Raja huta Kerajaan Nagur, mantan prajurit/pegawai Kesultanan Daya Pasai saat itu, masuk Islam dan mengganti namanya menjadi Sultan Malik Al Shaleh. Di atas puing-puing kerajaan Nagur tersebut, sang Raja, yang asli Batak Gayo, berhasil melakukan ekspansi dan mendirikan Kerajaan Samudera Pasai sekaligus menjadikannya sebagai Sultan pertama.
      Kerabat Sultan Malik Al Shaleh, yakni Syarif Hidayat Fatahillah merupakan tokoh yang mendirikan kota Jakarta dan menjadi Sultan Banten (Emeritus) dan ikut serta mendirikan Kesultanan Cirebon. Dia, yang dikenal sebagai Sunan Gunung Jati, adalah tokoh yang berhasil menyelamatkan penduduk pribumi dari amukan bangsa Portugis.
      Sultan Malik Al Shaleh sendiri lahir di Nagur, di tanah Batak Gayo. Dia adalah mantan prajurit Kesultanan Daya Pasai, sebuah kerajaan yang berdiri di sisa-sisa kerajaan Nagur atau tanah Nagur. Nama lahirnya adalah Marah Silu. Marah berasal dari kata Meurah yang artinya ketua. Sedangkan Silu adalah marga Batak Gayo.
      Sepeninggalannya (1285-1296) dia digantikan oleh anaknya Sultan Malik Al Tahir (1296-1327). Putranya yang lain Malik Al Mansyur pada tahun 1295 berkuasa di Barumun dan mendirikan Kesultanan Aru Barumun pada tahun 1299.
      Dinasti Batak Gayo di Kesultanan Aru Barumun adalah sebagai berikut:
      1. Sultan Malik Al Mansyur (1299-1322)
      2. Sultan Hassan Al Gafur (1322-1336)
      3. Sultan Firman Al Karim (1336-1361), pada era nya banyak bertikai dengan kekuatan imperialis Jawa Majapahit. Di bawah panglima Laksamana Hang Tuah dan Hang Lekir, pasukan marinir Aru Barumun berkali-kali membendung kekuatan Hindu Majapahit dari Jawa.
      4. Sultan Sadik Al Quds (1361). Wafat akibat serangan jantung.
      5. Sultan Alwi Al Musawwir (1361-1379)
      6. Sultan Ridwan Al Hafidz (1379-1407). Banyak melakukan hubungan diplomatik dengan pihak Cina
      7. Sultan Hussin Dzul Arsa yang bergelar Sultan Haji. Pada tahun 1409 dia ikut dalam rombongan kapal induk Laksamana Cengho mengunjungi Mekkah dan Peking di zaman Yung Lo. Dia terkenal dalam annals dari Cina pada era Dinasti Ming dengan nama “Adji Alasa” (A Dji A La Sa). Orang Batak yang paling dikenal di Cina.
      8. Sultan Djafar Al Baki (1428-1459). Meninggal dalam pergulatan dengan seekor Harimau.
      9. Sultan Hamid Al Muktadir (1459-1462), gugur dalam sebuah pandemi.
      10. Sultan Zulkifli Al Majid. Lahir cacat; kebutaan dan pendengaran. Pada tahun 1469, kesultanan Aru Barumun diserang oleh Kesultanan Malakka, atas perintah Sultan Mansyur Syah yang memerintah antara tahun 1441-1476. Kota pelabuhan Labuhanbilik dibumihanguskan dan Angkatan Laut Kesultanan Aru Barumun dimusnahkan.
      11. Sultan Karim Al Mukji (1471-1489)
      12. Sultan Muhammad Al Wahid (1489-1512). Gugur dalam pertempuran melawan bajak laut Portugis.
      13. Sultan Ibrahim Al Jalil (1512-1523) ditawan dan diperalat oleh Portugis.
      1292-1302 M
      Sultan Marah Pangsu Pardosi naik tahta, memerintah di Barus Hulu yang mencakup beberapa negeri diantaranya Negeri Rambe, menggantikan ayahnya Sultan Mualif Pardosi, (700-710 H). Kakeknya Sultan Kadir Pardosi merupakan turunan pertama, dari Dinasti Pardosi, dari Tukka, yang masuk Islam.
      Dinasti Pardosi sejak dahulu kala sampai abad ke-19 adalah:
      1. Raja Kesaktian (Bermarga Pohan di Toba)
      2. Alang Pardosi pindah ke Rambe dan mendirikan istana di Gotting, Tukka
      3. Pucaro Duan Pardosi di Tukka
      4. Guru Marsakot Pardosi di Lobu Tua
      5. Raja Tutung Pardosi di Tukka, berselisih dengan Raja Rambe di Pakkat.
      6. Tuan Namora Raja Pardosi
      7. nnnXXXXnnnn…. Ada gap yang lama, beberapa raja di fase ini tidak terdokumentasi
      8. Raja Tua Pardosi
      9. Raja Kadir Pardosi (Pertama masuk Islam)
      10. Raja Mualif Pardosi
      11. Sultan Marah Pangsu Pardosi (700-an Hijriyah)
      12. Sultan Marah Sifat Pardosi
      13. Tuanku Maharaja Bongsu Pardosi (1054 H)
      14. Tuanku Raja Kecil Pardosi
      15. Sultan Daeng Pardosi
      16. Sultan Marah Tulang Pardosi
      17. Sultan Munawar Syah Pardosi
      18. Sultan Marah Pangkat Pardosi (1170 H)
      19. Sultan Baginda Raja Adil Pardosi (1213 H)
      20. Sultan Sailan Pardosi (1241 H )
      21. Sultan Limba Tua Pardosi
      22. Sultan Ma’in Intan Pardosi
      23. Sultan Agama yang bernama Sultan Subum Pardosi
      24. Sultan Marah Tulang yang bernama Sultan Nangu Pardosi (1270 H).
      1292 M

  67. bnyax kejanggalan dalam teori kiayi tersebt…….
    seperti islam kan gx boleh bwt patung knapa disana bisa ada patung?
    truz knpap patung yg di buat patung buda?
    dan bukti lempengan emans yg di temukan juga bertuliskan dewa siwa

  68. sumpah, sya gak setuju sebagai penganut agama budha, emang budha apaan? maen di rebut aja, bilang aja gak kreatif. nanti lama lama ke yang laen wiharalah, gerejalah, semua aja sekalian

    • PENDAPAT ITU SAH2 SAJA BRO DALAM DUNIA AKADEMIS,,,PEAN PUNYA PENDAPAT KALO PANTAT” LIBERTY ITU MILIK KAMU JUGA GAK PA2,,,TENTUNYA HARUS DI UJI SECARA AKADEMIS DULU NANTINYA …DEWASALAH DALAM MEYIKAPI SST,,,OK

    • kaga begitu jga kali….

    • Jgn GR ya mbak. Kita umat beragama gak boleh ke depan kan ego dan sensitif.
      Ada bahasa ‘merebut’. Apa yg direbut dan siapa yg merebut?
      Kita disini semua berpendapat.
      Sampai dimana keyakinan anda terhadap Tuhan anda, kalau cuma perkara begini anda sudah ‘panas’ ?
      Apa bedanya kita dgn umat tak beragama cuma krna ingin di pandang ?
      Apakah ini ajaran Budha yg katanya tidak mengejar duniawi ?
      Kalau anda memang seorang Budha, cerminkanlah prilaku Budha yg luhur.
      Bagiku agamaku, bagimu agamamu.

  69. saya juga bisa pake akal akalan saya, bisa aja saya bilang mesjid itu milik budha, kyai aja bisa kenapa saya gak bisa

    • he mba klu lu mau ngomong gtu ..lu harus bikin penelitian dlu..sma nulis buku..jangan asal jeplak aja tu mulut….

  70. sori aja yah atas komentar saya, lagian siapa suru kayak gitu

    • bismillaah.. Maaf mbak kristina, saya muslim dan saya tidak termasuk yg setuju dg pendapat bapak FB. Dan saya yakin masih begitu banyak saudara2 saya seiman yg juga tidak menyetujui pendapat bapak FB. mohon jangan salahkan Islam. Salahkan saja pembuat teori ini yaitu bapak FB.
      tetimakasih

    • elu mba ngomen nya bikin yg laen marah…yg bermasalah cuma satu orang..jdi klu mo protes langsung ke bp fahmi…sbg muslim kami marah dengan ucapan mba..

      • SAMA AJA LU JGA IKUT NGOMPOR2IN …BIKIN YG LAEN MARAH…

    • DIA KYK GTU KARNA PENELITIAN…NGGAK KYAK LU ASAL MANGAP…

  71. teori ngawur.menyesatkan umat

    • alah sok tahu ente

      • bettulll

  72. saya islam,dan saya blg itu tdk relevan. plajari batu2an nusantara jenisnya pngaruh budaya dan kultur lingkungan dan alamnya dan tahun pmbuatan candi. gaya arsitektur dan pngaruh langgam2nya,jangan ASAL kaya gtu. saya malu sama umat BUDHA dan saya atas nama ISLAM dan pribadi minta maaf atas klaim org2 bodoh ini

    • TIDAK PERLU MINTA MAAF BROW,,, PENDAPAT DALAM DUNIA AKADEMIS ITU BIASA ….MAKANYA ADA SEMINAR ILMIAH ,BEDAH BUKU DLL ITU BIASA D DUNIA AKADEMIS ,,,

    • Lu kali yang bodoh jangan suka bodoh2in orang padahal lu nya sendiri juga belom tentu pinter

  73. ratu bilqis dan rakyatnya menyembah matahari dan ada kemiripan design borobudur dengan sistem tata surya, krn menyembah tuhan yang salah maka Nabi Sulaiman meluruskan hal tersebut. tetang letak bekas kerajaan saba dimana kita semua tidak tahu pasti, dan tentang nabi sulaiman tidak menutup kemungkinan bisa kemana saja berkunjung diseluruh muka bumi ini termasuk di nusantara karena mempunyai kendaraan angin, perjalanan pagi dan sore sama dengan 2 bulan perjalanan sekarang. sementara borobudur bisa jadi peninggalannya ratu bilqis…bisa jadi bukan bgt jg nabi Sulaiman, dan tetang kemajuan teknologi masa lampau tidak ada yang tidak mungkin dimana kemajuan yang dicapai saat ini hanya berkisar antara 300-400 tahun saja sudah bisa semaju seperti ini, sementara antara zaman Nabi Adam sampai Nabi – nabi yang lain mencapai ribuan tahun, dan pasti ada suatu zaman yang sangat maju saat itu termasuk zaman nabi Sulaiman dan ratu bilqis. Kemajuan teknologi masa lampau yang luarbiasa hebat menjadikan manusia sesat dan lupa akan Tuhannya sehinga dibinasakan, menjadi peringatan masa sekarang…begitu juga pada masa sekarang jika manusia sudah jauh dengan Tuhannya, jauh tersesat, bangga dengan kemusrikan, angkara murka tidak mau lagi diperingatkan ya tunggu saja azabnya, tetang kisah Kisah Nabi Sulaiman dan ratu bilqis yang bisa dipetik adalah tentang penerimaan ketauhidan ratu bilqis, yang semula tersesat menyembah matahari sebagai tuhan, dan kembali menyembah Alloh yang Maha segala maha…tentang siapa yang membangun borobudur tidak perlu dipertentangkan, islam bukan agama yang memaksakan kehendak, agamamu agamamu, agamaku agamaku….,hanya menyampaikan dan mengingatkan saja, semua akan dipertanggung jawabkan masing masing setiap manusia dihadapan Tuhan…maafkan bila ada kata yang tidak berkenan trmksh

  74. apapun yang hebat dan luar biasa selalu menjadi milik islam……sekalian aja bilang patung liberty orang islam yang buat hahahahaaaaaaaa dasar bego
    kok masih ada yang dukung teori itu PAKE LOGIKA DONG DASAR DUNGU

    • PENDAPAT ITU SAH2 SAJA BRO DALAM DUNIA AKADEMIS,,,PEAN PUNYA PENDAPAT KALO PANTAT” LIBERTY ITU MILIK KAMU JUGA GAK PA2,,,TENTUNYA HARUS DI UJI SECARA AKADEMIS DULU NANTINYA …DEWASALAH DALAM MEYIKAPI SST,,,OK

  75. berdasarkan data yang ada candi borobudur dibangun abad ke 8-9 Masehi, sedangkan kita umat islam meyakini bahwa Nabi Besar Muhammad SAW dilahirkan di abad 6 (571 M). Hla nabi Sulaiman AS jauh diatas nabi Muhammad SAW. Gimana nyambungnya kyai ????????

  76. arkeolog yg memahami ilmu dari barat yg membohongi segala penemuan penemuan bangunan besar yg ada di nusantara.. arkeolog dlm negri yg hanya manut dengan teori konspirasi arkeolog barat. perhatikan dan liat lebih jelas lagi apa makna dari stupa stupa yg kecil..menggelilingi stupa yg paling besar sendiri. bukankah nabi ibrahim dlm pencarian akan TUHAN selalu mencari n menganggap Tuhan setiap yg beliau liat…hingga akhirnya menemukan Tuhan yg paling tinggi ..yg tidak terbit n tidak terbenam. dlm literatur budha yg berasal dari india katanya…demikian pula sang budha,keluar dari istana pun mencari Tuhannya….dan saya yakin nabi Ibrahim dan Sidharta gautama adalah orang yg satu….kebenaran adalah milik ajaran ibrahim.jadi sulaiman membuat borobudur tak lain adalah sebuah perintah Allah untuk kita telaah dan kaji sebagai sebuah kitab besar. ingat sulaiman ada sebelum nabi musa ..nabi isa…nabi muhamad blum ada yahudi..nasrani..islam…trimaksih

  77. saya jadi tambah penasaran dengan “BOROBUDUR”, saya berharap kebenaran akan cepat terungkap,,semoga lebih banyak lagi para ahli di berbagai disiplin ilmu untuk meneliti borobudur…. kalo kisah borobudur terungkap,tentu akan ada manfaaf untuk kita semua sebagai bangsa indunesia,, dan sekiranya pemerintah dapat campur tangan lebih jauh lagi dalam penelitian tersebut,,,jangan hanya korupsi saja yang diributkan….
    semoga saja misteri borobudur dapat cepat terungkap,.
    dan semoga indonesia tetap menjadi bangsa besar yang bersatu dari banyak perbedaan yang ada….terimakasih

  78. Sebuah hadis sahih daripada Ibnu Abbas menjelaskan bahawa Rasulullah SAW pernah ditanya seseorang, yang bermaksud: “Apakah Saba’ itu nama negeri atau nama seseorang?” Nabi menjawab, “Dia adalah manusia beranak 10. Enam tinggal di Yaman dan empat di Syam. Yang di Yaman ialah Mudzhij, Kindah, Alazad, Asa’ariyum, Anmar dan Himyar. Yang di Syam adalah Lakham, Judzam, Amilah dan Ghassan”.

  79. mengutip dari commenti di web Anakbukitgantang in Putrajaya

  80. boleh2 galau bebas, sebagai umat kita tak boleh berpecah belah karena berita tersebut selalu bersatu, berita tentang komissioner:tugas org yang menghancurkan agama ditakutkan tujuannya seperti itu, kerjaan org yahudi.
    semoga tak seperti itu tujuannya sipppppp

  81. ambil hikmahnya dan renungakan sambil menyelam dan sambil minum air
    Indonesia bersatu campuran agama, budaya yg asli Indonesia, makanan sampai ada namanya es campur kenpa gak berpikir dari es campur isinya bersatu, manis, lezat masih banyak lg saya malas ngetiknya, org indonesia itu manis, bersatu, lezat kalau dipandag terutama yg ngetik yah itu saja terima kasih wkowkwkowk

  82. namanya islam kalau ga asal jeplak asal cuap bukan islam,,mereka dah murtad artinya,,makanya semakin asal semakin islami

  83. Galileo Galilei juga pernah dibantah dan dianggap sinting, pun begitu dengan Einstein dan Thomas Edison. Borobudur itu bukan punya Islam, pun Nabi Sulaiman bukan cuma disebut oleh Islam (teapi juga Nasarani dan Yahudi, dengan menyebut Solomon). Kita hanya percaya satu Tuhan sebagaimana Ketuhanan Yang Maha Esa, kalo ternyata utusan-utusan Tuhan itu ‘nyambung’, mungkin memang demikian adanya.

    • Ya saya cocok tuh, memang benar Nabi Sulaiman diakui oleh 4 agama besar ( Zabur, Taurat, Injil dan AlQur’an ). Lalu kerajaan apa yang pada waktu itu bisa menandingi kebesarannya Kerajaan Sulaiman. Kalo Syailendra yang kemudian memanfaatkan dan melakukan tambahan artefak dan relief-relief,… yang mungkin saja. Setahu kita itu Borobudur peninggalan Syailendra adalah klaim Oreientalis Belanda yang kala itu menjajah kita. Berhubung waktu itu Indonesia masih dijajah/bodoh, kita semua manut saja. Kita harus ingat bagaimana tragedi Galilei Galileo dipancung gara-gara mengeluarkan teori Bumi & planet-planet mengelingi matahari. Itu keaiban/kepicikan orang Eropa terhadap iptek. Jadi tolong kepada para arekeolog Indonesia yang hebat-hebat, tuh ada proyek menantang untuk membuktikan yang sebenarnya. Tolong dicari rujukannya dimana ada tertulis Syailendra itu kerajaan besar. Saya ingin ada buku otentik/asli yang umurnya minimal setua Al Qur’an yang berisi tentang sejarah bangsa-bangsa sejak nabi Adam.
      Ya kalo Al Qur’an dibuka rahasia dan tabirnya maka gerahlah banyak orang yang merasa pendapatnya mulai terbantahkan.
      Semoga temuan Borobudur tidak menjadikan kita terpecah belah, malah seharusnya bersyukur Indonesia masuk wilayah komunitas dan keturunan para Nabi.

  84. Jangankan Agama Budha atau Hindu yang umurnya puliuhan ribu tahun, atau juga Kristen (2000 tahun). Islam yang umurnya 1400 tahun saja dengan Alqura’an yang bahasa asli saja, ajarannya banyak yang menyimpang.

  85. Untuk Orang-orang yang pada kaget…an
    Kalo ada seorang yang melakukan penelitian lalu penelitiannya (tentang Borobudur peninggalan Sulaiman) ditentang orang …. itu namanya dengki. Kalo bisa yang dengki-dengki itu buat penelitian yang setingkat dengan Pak Fahmi Basya, keluarkan dalil-dalilnya, nah baru itu namanya gentle.
    Lha ini baru juga Sarjana jadi arkeolog, baru dengar talkshow dan perang wacana saja. wuah komentarnya seperti orang yang kehilangan jimat saja.
    Sesama orang Indonesia tidak usahlah saling sikut-sikutan. Borobudur tidak akan diakui sebagai milik orang Islam kok, tapi milik orang Indonesia. Orang Budhanya sendiri tidak gerah, eh yang kelenger kok para komentator yang suka bangunnya saja kesiangan.
    Saya salut sama Pak KH Fahmi Basya, teruskan saja penelitian Bapak dengan team. yang penting kita membina toleransi. Saya yakin Pak Fahmi Basya masih tetap rela jika Borobudur dipakai untuk acara orang-orang Budha beribadah, Islam itu membawa kedamaian, bukan permusuhan. Biasa lah kalo yang menentang itu takut kalo kebenaran yang sebenarnya cepat terbukti.
    Bagi yang mencerca Pak Fahmi, silahkan anda keluarkan ajian sungsang kek ajian kumbang melenceng kek. Yang penting coba cari korelasinya dengan Borobudur, seberapa banyak korelasi anda dibanding korelasi peneliti lain.
    Buat yang punya blog, anda sudah hebat (???) ….. mengumpulkan komentator kelas kacangan. Coba dong tampilkan teori-teori anda jangan bangga dengan almamater doang, terus buat media jelek-jelekan orang. Yang pinter sejarah itu bukan hanya arkeolog, tapi orang yang menghargai karya orang-orang terdahulu dan mengambil manfaat dan teladannya untuk dimanfaatkan bagi masyarakat banyak.

    • Dan setau gw orang2 buddha atau hindu kalo mengunjungi borobudur juga bayar tiket masuknya kok seperti pengunjung yang lainnya, kalo yang ini gw liat dengan mata kepala gw sendiri

  86. Setuju dengan KH.Fahmi Basya. Allah tidak menciptakan bermacam agama, tapi meregenerasi agama. Dari kitab Taurat menjadi Al-Quran. Bukan tidak mungkin Borobudur adalah Aras, toh Ka’bah dan Borobudur tidak jauh, bandingkan dengan Isra’miraj juga hanya semalam.

  87. Assalamu’alaikum.wr.wb.
    Untuk Saudaraku yang mulia hatinya, dan sangat bijak.
    Kita boleh setuju boleh tidak, tetapi belajarlah sedalam2 nya tentang ISLAM, JAWA, YAHUDI dan pahami nilai2nya … apa jika anda belajar yahudi anda jadi kafir???
    Hidayah itu hak ALLAH …. Nilai2 yang telah diajarkan nenek moyang kita orang Jawa (jawa itu tidak hanya yang ada di pulau Jawa mohon digaris bawahi) termasuk Yahudi (juga bukan hanya Issrael) karena semua itu kaitannya dengan Genetis. Jika anda pahami nilai2 budaya Jawa itu sangatlah Adi Luhung (Mulia) dan sesuai sekali dengan ajaran Islam itu jika anda “Paham” ajaran2 Jawa. Jika anda merasa Jawa (bukan hanya yg tgl di Jawa krn orang Batak, Bugis, Madura, Papua) itu juga Jawa karena Jawa itu dulu disebut Jawi-Jawa Dwipa-Nuswantoro kekuasaannya sampai Thailand, Malyasia, Kamboja dll. Nilai Jawa itu sebenarnya tidak bertentangan dengan Islam, bahkan ajaran sebenarnya sudah melaksankan nilai2 Islam itu sendir seperti: andap asor, tepo sliro, ngalah, gotong royong, hormat menghormati, halus (sikap, tutur kata, perilaku) tubo sito, musyawarah, nyumbang, sodaqoh itu nilai apa jika bukan Islam. Itu semua baru sebagaian bagian yang lebih dalam lagi masih byk yg mgkin kita saat ini belum ketahui …. Bahasanya: Bahasa paling lengkap dan jangkep, Budaya: menghormati alam, menghormati seluruh makhluk dll, Sistem penanggalannya: Komplet semua diperhitungkan dg ilmu2 yg saat ini kita itu banyak yg belum kita pahami lagi. Seni: nada yang ada bukan do re mi fa sol la si do, tapi pelok slendro … apa ada di dunia ini yg punya nada music sendiri selain Jawa. Jika anda mau berpikir dan memahami itu sebenarnya tanda bahwa Bnangsa kita sudahlah cukup Tua di muka bumi ini. Termasuk belum lama seorang arkeolog menemukan fosil manusia tertua di dunia dan itu ditemukan di Indoensia.
    Anda harus faham bahwa Borobudur itu dibangun pada zaman sebelum Muhammad SAW maka dibangun dg corak yang berbeda dengan ISLAMini. Smg Anda itu paham anda itu keturunan bangsa besar ….apa ada bangunan tahun 2013 ini yang melebihi Borobudur dan Prambanan secara artsitektur dan kualitasnya … jika ada mohon tunjukkan??? Padahal zaman dulu teknologi mesin dsb belum ada, jika ada harusnya alat pembuatnya juga ditemukan??? Nah itu semua siapa yang membangun??? Ya nenek moyang anda ini orang Nusantara-Jawa-Indonesia bukan orang amerika atau inggris??? Artinya nenek moyang kita memang sudah pandai tentu dg ilmu yg mgkin saat ini mulai hilang yg kdg dibilang syirik, musrik itu, padahal yang menyebut itu karena belum tahu dan faham. Orang dulu tiu lebig dekat dengan Tuhannya … tidak spt saat ini. Kita itu telah terdikte oleh ilmu2 yang dikembangkan oleh orang Barat (amerika dan Yahudi) ini ada hubungannya dengan penjajahan bangsa ini, jika anda tahu mereka dating dulu TIDAK HANYA MENJAJAH. Tetapi punya misi mengahncurkan bukti2 kejayaan bangsa kita, jika anda tahu BELANDA ynag Yahudi itu mereka punya konspirasi besar dan jangka panjang mengapa dulu menjajajh dan kembali ingin menjajah??? Tidak hanya rempah2 atau minyak yang selama ini dikatakan dalam buku sejarah. Sebenarnya lebih dari itu. Belanda pernah memugar Borobudur (jika ingin tahu silakan dtg ke museum Borobudur di Magelang) anda akan melihat foto2 saat dulu dipugar, dan anda tahu tujuannya??? Dalam situs yg ada pd tembok Borobudur itu ada kisahnya, namun oleh Belanda kisah itu diputus, maka jika anda naik ke Borobudur itu harus sesuai petunjuk namun di tengah jalan cerita itu tdk nyambung??? Padahal jika itu terungkap maka banyak hal yang akan kita ketahui dan bagaimana sebenarnya kehidupan di Bumi Nusantara ini. Semoga kelak anda dan saya sama2 paham tentang ini, semua itu hanya menunggu waktunya …
    jika anda bingung jawab saja Borobudur itu dibangun oleh siapa dan zaman kapan??? Siapa itu sidarta Gautama??? Jgn2 anda menyebut satu tokoh dengan nama yang berbeda sepeti Soekarno= ada yg memanggil Bung Karno, Pak Karno, Sang Proklamator, Putra Sang Fajar, dll padahal itu satu manusia. Sam dengan Sidarta Gautama, ini semua hanya penyebutan org sekarang yg tidak tahu sejarah karena memang telah banyak yang dikaburkan oleh penjajah yg dtg ke negeri ini. Budha dan Hindu itu agama muncul kapan dan siapa nabi yang membawanya??? Mungkin di dalam pikiran anda mereke menyembah patung2 yg ada di candi itu??? Padahak setahu saya tidak mereka menyembah sang hyang widi>>> dalam Islam itu ALLAH swt, sama seperti anad memanggil bung karno, pak karno, sang proklamator, hanya orang Islam itu langsung diberi tahu namanya ALLAH swt, mgp orang Hindu dan Budha smp bias memanggil seperti itu, ini karena dulu ada bencana yng sangat besar, lihat gunung berapi di Nusantara ini brp jumlahnya dan sejak kapan kira2 itu ada??? Karena dulu gunung itu meletus maka banyak manusia yg mati, termasuk peradapan yg hilang…. Nah ketika kehidupan mulai ada anak turun itu kehilangan ajaran yg dibawa nabi nya dulu Silaiman. Sulaiman membawa ajaran Islam sebelumnya dan menyembah ALllah swt. Tapi karena bencana yang besar itu ajaran2 itu menjadi tidak ada yang meneruskan sehingga orang2 baru yg muncul kemudian hanya mendapat cerita yg simpang siur dr manusia yg tersisa shingga munculah ajaran2 yang baru itu Hindu dan Budha. Anda bisa bayangkan sekarang saja yg zaman modern brp ajaran baru muncul?????? Apalagi dahulu?? Ketika ajaran itu tidak ada kemunculannya sgt segera harus ada. Sedang dalam Alqur’an agama yg saya ketahui itu 4 : Nasrani, Yahudi, Majusi dan Islam (Islam dari Adam smp Muhammad SAW) semua Islam dengan syariat Ibadah yg berbeda tp tujuannya sama ALLAH swt … Yahudi dulu agama sekarang adalah genetis ??? sekarang jika kita hubungkan Islam dengan Borobudur dan Prambanan pasti pola pikir kita terus terhubung Hindu dan Budha yang sekarang ini, padahal jika saya pahami agama itu hanya 4 tadi yg ada dalam Alquran (Yahudi, Nasrani, Majusi, dan Islam) jd Budha dan Hindu tdk ada di dlammnya. Semoga ALLAh member kita pemahaman yg Benar yang bermanfaat bagi jalan yg lebih baik. Yang perlu diperhatikan dengan kita memahami bahwa semua ini peninggalan umat Islam pada zaman Sulaiman ini tidak terus mengubah aqidah kita, kita tetap Syahadat, Sholat 5 waktu, Puasa Ramadhan, Zakat, dan isnayAllah menunaikan Haji … bahkan semakin tambah iman kita … sebenarnya masih banyak ulasan saya tp keterbatasan waktu saya …. Termasuk kemudian Rosul dating menyempurnakan Akhlaknya.. termasuk hadirnya wali songo di tanah Jawa untuk mengembalikan Aqidah Islam yang menyimpang karena bencana yg besar itu …. Wassalamu’alaikum.wr.wb.

    • re for:”Nasrani, Yahudi, Majusi dan Islam (Islam dari Adam smp Muhammad SAW) semua Islam dengan syariat Ibadah yg berbeda tp tujuannya sama ALLAH swt … Yahudi dulu agama sekarang adalah genetis ??? sekarang jika kita hubungkan Islam dengan Borobudur dan Prambanan pasti pola pikir kita terus terhubung Hindu dan Budha yang sekarang ini, padahal jika saya pahami agama itu hanya 4 tadi yg ada dalam Alquran (Yahudi, Nasrani, Majusi, dan Islam) jd Budha dan Hindu tdk ada di dlammnya.”
      itu kan kalau di liahat hanya dari islam bro.. di al-quran apa di sebut tentang atlantic?? aztec?? suku maya?? ga kan?? tp bukan berarti ga ada.. sama dengan hindu dan budha.. hanya karna ga ada dalam al-quran bukan berarti mereka tidak di akui.

      • Oke masjika hindu dam Budha ada saya tanya Nabi pembawa y siapa itu saja mas …??? sebenar y tdk sesederhana ini … bila anda ingin banyak bahasa ini yuk … kita sharing ini no hp saya 089671418116 atau bertemu saya di jogja …. pikirannya jangan sempit … dan kita jangan mau dijajah dari berbagai hal bahkan sejarah kita sendiri … (jgn Bodo) … saudaraku itu org2 Pandai meski ilmu manusia memang hanya sedikit saja … monggo saya tunggu mas gabrille (jibril)

      • Tidak disebutkan bukan berarti tidak di akui

  88. Kl di borobudur ada simbol david star dan tentragamaton, baru deh claim sebagai punyanya sulaiman. yang di ukir ajah pulian” untuk siva, bukan kidung agung.
    Hadeehhh.. orang yg cuma mau merusuh di indonesia sebaiknya si deportasi ajah deh

  89. atlantis dan astec nama orang sekarang mas…. ???? sama spti indonesia, malaysia dll … itu lah tinggalan penjajah eropa memecah2 wilayah dengan nama … apa beda malysia dengan Indonesia??? wong sebenarnya juga dulu y satu … juga Singapura??? itu nama baru kemarin sore mas… mbok mikirnya yg panjang dan pinter, jgn cuma asal bantah krn tidak setuju …??? he he anda org pandai lho???

  90. Untuk mas-masnya yang saya hormati, seyogyanya kita sebagai manusia yang di beri akal tentunya untuk menyanggah hipotesa orang lain juga menggunakan hipotesa yg logis pula tidak sekedar anggapan, kalau sekedar anggapan bisa saja saya menganggap borobudur di dirikan oleh presiden sukarno atau oleh su-su yang lain, tp anggapan itu harus di sertai dengan bukti dan fakta sehingga kebenaran itu bisa di pertanggung jawabkan, tentang pemaparan bpk kyai saya bukan termasuk orang yg mudah percaya tp saya juga tidak bisa menyanggah karena tidak punya bukti sama sekali, tentang sejarah borobudur selama ini juga masih kabur, arkeolog belum bisa menjabarkan makna relief yg ada di candi tersebut dan saya juga belum pernah menemukan buku yg isinya menjelaskan makna yg ada di relief tersebut, sementara tahun berdirinya pun masih simpang siur belum ada yg bisa memastikan, tentang Islam melarang menyembah patung itu di akui oleh semua umat Islam di dunia ini tanpa terkecuali, tp bagi mas yg menuduh kyai bodoh anda seharusnya meneliti dulu Al-Qur’an seteliti-telitinya kalau memang masnya bisa baca Al-Qur’an kecuali kl emang mas baru belajar baca Al-Qur’an dan belum bisa mahaminya pak kyai emang benar-benar ngawur, di surat saba’ bisa anda cari dengan jelas sekali dinyatakan disitu bahwa nabi sulaiman membuat patung-patung yg berarti patungnya banyak tidak hanya satu tp patung itu tidak untuk di sembah, itu komentar saya selaku orang yang tidak berpengetahuan sama sekali, saya hanya berpikir melalui logika saya saja jika salah mohon dimaafkan, kl boleh saya menyarankan agar kita menunggu saja bagaimana nanti faktanya, kl memang pak kyai terbukti salah kita tidak perlu mempercayainya tp kalau benar dan kita terlanjur mencaci maki beliau apakah tidak membuat malu diri kita sendiri, trims.

  91. hnya org” buta/picex yg mngtakan borobudur pninggalan nabi sulaiman…

  92. singkat saja
    Negeri Saba’ (menempati
    wilayah yang dalam peta
    geografi modern sekarang adalah
    Yaman dan Oman)yaman selatan..BUKAN DI TANAH JAWA
    Nabi sulaiman adalh raja bni israil .
    Dn istnanya brtpan d palestina ..DAN BUKAN DI INDONESIA
    Sngt tdk msuk akal .jika boro budur adlh bngunan pninggalan nabi sulaiman..
    Hnya orang sesat yg mngtakn borobudur adl pninggaln nabi …

  93. Menurut saya langkah paling ilmiah untuk menengahi perdebatan ini adalah dengan meneliti umur batu candi borobudur. AYO DIBUKTIKAN SECARA ILMIAH…BARU PADA KOMEN….

  94. KH fahmi ama farhat sama saja mulutnya suka ceplas ceplos ngak karuan seperti org ngak berpendidikan aja atau kurang beken. cari sensasi

  95. BOROBUDUR bukan peninggalan siapa siapa itu peninggalan bersejarah yg harus kita lestarikan dan harus kita jaga seutuhnya sebagai kebanggaan bangsa indonesia

  96. muha nyawa

  97. emang bener neh cuman ngepas2in tokoh dan karakter, ane yakin ini borobudur bukan peninggalan nabi sulaiman dah

    • trus apa ente juga yakin kalo borobudur ini peninggalan sang budha??….sudah mengkaji secara ilmiah???

  98. Peninggalan Raja Syelomon (שלמן) bukan di Jawa..
    by: Java Tel ‘Aviv

  99. maaf pak yayi,kira apa untungnya kl borobudur jd mlk org islam,dan ruginya bg org islam kl borobudur tetap sprt adanya skrg,..??.ha ha ..ngawur.com

  100. maaf pak yayi,kira apa untungnya kl borobudur jd mlk org islam,dan ruginya bg org islam kl borobudur tetap sprt adanya skrg,jgn malu2in org islam lah….??.ha ha ..ngawur.com

    • nggak usah ngomong untung rugi mas…
      manusia di kasih akal pikiran untuk mencari sesuatu yg ngga tau..
      klu ngga setuju gak usah ngomong ..
      biarkan aja mereka meneliti..dan mencari kebenaran..maju trus pak kyai

  101. Memang tak ada untung ruginya borobudur itu. milik siapa bagi islam.Islampun telah punya keajaiban dunia yang luar biasa yang tak sanggup disentuh oleh ilmu agama manapun yaitu Ka’bah di Mekah.Dan islam pun tak pernah mengislamkan ajaran nabi musa nabi sulaiman atau nabi lainnya,karna ajaran islam yang yang sebenarnya adalah peraturan yang tertuliS d AlQuran dan yng d hadistkan Nabi Muhammad SAW.Semangat terus Pak Kiyai…teruslah belajar dan unkap misteri dunia ini…..

    • Teruskan ..pak kyai ..anda hebat..di blog ini YANG KONTRA kayak komentator sepak bola .bisanya cuma nyalahi, nendang bola aja ga bisa, apalagi di suruh maen..

      • setuju bangat dah…

  102. Hanya ALLAH swt yg tau…

  103. Mau peniggalan Nabi Sulaiman AS, mau peninggalan siapa, silakan adu argumen secara ilmiah dan hati yang tenang, jangan sampai hujat menghujat, caci mencaci krn itu tanda kekerdilan ilmu dan akhlak

  104. Untuk para komentator, adakah diantara kalian yang pernah hidup dijaman yang anda diskusikan ini? Jika jawabannya TIDAK, maka kita harus mengacu pada siapapun yang memiliki sumber dan referensi yang akurat! Hai BANGSA ku INDONESIA! STOP KERDIL. Jadilah orang hebat. Diskusikan berdasarkan bukti dan referensi yang anda miliki. Terima setiap KEBENARAN dari siapapun datangnya. Sejak saya ikuti ceramah KH.Fahmi lewat video, belum pernah ada statemen yang menyatakan bahwa “Penelitian yang dilakukan dalam rangka untuk mengklaim CANDI BOROBUDUR sebagai MILIK UMMAT ISLAM”. Lagi pulah bagi seorang Muslim yang beriman, jangankan Candi Borobudur atau Kabbah yang menjadi pusat KIBLAT kaum Muslim sedunia, Bahkan DUNIA INI SEKALIPUN tidaklah lebih berharga daripada Iman Kepada Allah. Pernakah saudara mendengar sebuah kisah bagaimana sikap seorang sahabat Rasul Allah Umar bin Hattab saat tawaf melintasi Hajar Aswad, dimana terdapat batu yang diinginkan oleh seluruh Muslim untuk menciumnya? katanya ” andai AKU tidak melihat Muhammad kekasih Allah mencium Hajar Aswad, maka aku pasti akan meludahinya”. Begutulah harga Kabbah dibanding KEIMANAN kepada Allah bagi seorang Umar. Buat Saudara-Ku para penganut HINDU dan BUDHA, tetaplah beribadat di tempat ini dengan aman sesuai dengan keyakinan. Jika aku berumur panjang, aku akan datang ke CANDI BOROBUDUR memanjatkan do’a ku ini” Ya Allah Tuhan semesta Alam, jadikan tempat ini sebagai pusat pemersatu bagi Bangsa menuju Indonesia Jaya, Berdaulat, Adil dan Makmur. Bagi-ku sebagai Muslim, Dunia ini boleh hancul tapi “cukuplah Allah bagi-ku. Salam 01

  105. borobudur milik indonesia, milik dunia, milik bersama :)
    saya islam, tapi saya tidak ingin yang seperti ini

    • inilah orang islam yg cari aman….anda pelajari dulu dengan ilmu…baru komentar

  106. Tulisan blog anda sangat kosong kayak orang melompong.hrsnya sebagai penulis anda bijak menjelaskan berbagai fakta yang pro dan kontra.sehingga tulisan anda berimbang.bukan hanya menyudutkan satu pihak yang membunuh karakter salad satunya.tulisan akan berbobot apabila berisi fakta pro dan kontra yang berimbang.pembaca akan tertarik berkomentar tentang pendapatnya.bkn malahan berkomentar dengan emosi.inilah jadinya debat kusir

  107. Bismillaah. Candi borobudur peninggalan nabi sulaiman? Allaahul musta’aan… Bagi saya pendapat semacam itu adalah pembodohan umat. hal spt ini yang merusak islam dari dalam. Allah telah mengabulkan doa nabi sulaiman bahwa Tidak ada kerajaan sepeninggal beliau alaihissalam yg melebihi indah dan menakjubkannya kerajaan beliau. Dan untuk teman2 saya yg beragama budha, maaf saya harus mengatakan ini. Jikalau borobudur adalah peninggalan nabi sulaiman, Maka saya katakan bahwa itu adalah kurang ‘menakjubkan’.. Seperti kita ketahui, di mesir sana, piramid juga terDiri dari tumpukan batu. Bukankah piramid adalah hamya sebuah makam? Jika sebuah makan saja semenakjubkan itu lalu bagaimana dengan istananya?

    • ente yang bodoh karena tidak paham kali?
      ente yang maunya instan doank alias gak mikir

      • menurut pendapat saya theori pa kyai sesat dan menyesatkan sangat bertentangan dg Al-Qur’an dan hadist.
        1.Masa nabi Muhammad keturunan bani jawi
        2.Masa promisland adalah negara Indonesia bukan palestina
        3.Masa borobudur buatan Nabi Sulaiman
        4.Masa bani jawa keturunan yahudi apa orang jawa mau, dan menghina nabi muhammad , kalo nabi Muhammad keturunan bani jawa berarti nabi Muhammad adalah keturunan Yahudi ?dimana logika anda pa Kyai? bertobatlah pa kyai
        Al-Quran mengatakan bahwa tidaklah Allah mengutus Rasulnya adalah kepada kaumnya dan memakai bahasa kaumnya ( bahasa arab) kalo ket jawa kenapa Al-Quran tidak memakai bhs jawa dan kenapa tdk menyeru kpd orang jawa tapi orang arab.Jangan-jangan anda ket yahudi?Kalo anda marah dikatakan ket Yahudi apalagi orang jawa dan umat islam.Rasulullah mengabarkan kpd kita bahwa di akhir zaman nanti umat islam akan berperang dg bangsa yahudi dan orang yahudi akan musnah di muka bumi.Jelas teori anda bertentangan dg Quran dan hadis nya.Mengenai borobudur kata pa kyai buatan nabi Sulaeman.Jarak nabi Sulaiman ke nabi Nuh itu ribuan tahun, pd saat borobudur dibuat pd abad 7 maka nabi Sulaeman sdh wafat . Jadi teori nya sangat tdk masuk akal,kecuali nabi sulaeman saay itu sdh bisa membuat mesin waktu yg bisa bepergian ke masa depan seperti dlm film fiksi…..hehe.

  108. coba kita berkomunikasi dgn orng yang bisu dan tuli ,kita pasti akan berbicara dgn gaya tubuh atau hal2 yg bisa dimengerti sama orng bisu dan tuli, jadi seperti itulah relif di borobudur
    nah klo kita ke borobudur apakah kita sanggup mencerna relif-relif nya,
    klo kita tidak bisa mencernanya maka kita manusia yg bisu dan tuli

  109. Saya meyakini pendapat KHFB adalah benar. Yuk kt buka jg khaSanah sejarah Dharma Wangsa, krn menurut sy ada banyak persamaan antara Nabi Sulaiman dg Dharma Wangsa. Thx

  110. Saya malah bingung.

  111. islam jaman adam pe jaman sulaiman dan musa serta Muhammad tentu berbeda aturan dan kewajibannya, sehingga ndak fair juga kalo nglihat peninggalan jaman sulaiman yg penuh penggambaran binatang dan bentuk pakaiaan yg “sekaranag ndak sesuai ketentuan syariah terus digunakan sbgai alas an bahwa itu bukan peninggalan islam,

  112. kalo sudah urusan org nyentrik islam kayak KH ini, sudah deh ……apapun itu….akan diklaim peninggalan islam.
    Teori islam ” Allah yg menciptakan semua , artinya semua milik allah….. ya…..milik islam”

  113. Tapi dalam Al-Quran surah Saba ayat 12-13 memang disebutkan tentang patung-patung. (Dan (Kami mudahkan) bagi Nabi Sulaiman angin yang kencang tiupannya, bertiup menurut kehendaknya ke negeri yang Kami limpahi berkat padanya; dan adalah Kami mengetahui akan tiap-tiap sesuatu. Golongan jin itu membuat untuk Nabi Sulaiman apa yang ia kehendaki dari bangunan-bangunan yang tinggi, dan patung-patung, dan pinggan-pinggan hidangan yang besar seperti kolam, serta periuk-periuk besar yang tetap di atas tungkunya. (Setelah itu Kami perintahkan): “Beramallah kamu wahai keluarga Daud untuk bersyukur!” Dan sememangnya sedikit sekali di antara hamba-hambaKu yang bersyukur.) Saba’ 34: 12-13)

  114. Kemudian utk Budha memang ada yg mengatakan sebagai nabi di Asia, sebab, ajaran Budha hampir mirip dengan ajaran Islam, yaitu meninggalkan hal-hal yg bersifat duniawi, berlaku seperti zuhud, melarang berjudi, meminum khamr berbuat jahat dsb. Bukankan ajaran Budha itu terlahir dari hatinya yg membenci suasana penuh keduniawian di istana tempat ia tinggal, kemudian ia pergi utk menyendiri, dan mengajarkan ajaran baru yang baik.

  115. Para nabi berbicara dan menyebarkan ajaran dengan bahasa kaumnya, jadi kaumnya bermacam-macam. Huruf hanacaraka kalo dipangku akan mati kecuali huruf jo wo artinya semua bakal mati kecuali jowo alias Tuhan, alias jahwa alias jahweh. Leluhur bangsa jawa adalah brahma coba ditelusuri ada kaitannyabtidak dgn ibrahim.

  116. banyak orang yg tau tentang sejarah melalui buku,dan pelajaran sekolah yg nyata(real),tapi di islam sendiri,menguak sejarah,kehidupan,perilaku,alam semesta dan jagat raya harus berdasarkan al-quran,karena al-quran adalah penuntun kepada kebesaran ALLAH SWT.
    dan tidak luput juga ALLAH selalu menunjukan ke logikaan nya(real)apa yg adadi al-quran.namun bagi orang orang mempelajarinya adalah orang yg di beri ilham,taufik dan hidayah(amanah).maaf para sahabat,jangan kita langsung melontarkan kata kata tercela kepada seseorang,siapa tau orang itu tergolong orang orang amanah(yg di beri ilham,taufik dan hidayah).
    jadi intinya kita ikuti saja terus penelitian yg lebih akurat,nah nanti kita akan mengetahuinya bapak kyai kita ini tergolong orang orang bid’ah atau orang orang amanah.dan kita patut ketahui sejarah nabi nuh,yg kala itu anak dan istrinya menganggap nabi nuh adalah pembual akan datangnya hujan sebegitu derasnya selama 40 hari dan 40 malam,dan pada akhirnya mereka terkena azab ALLAH,nauzubillah min dzalik…..dan apa bila terkuak benarnya penelitian dari bapak kyai kita ini,maha besar ALLAH dg segala firmannya….amien….dan berarti juga banyak orang orang amanah di negri kita indonesia.

  117. Candi Budha itu bukan hanya ada di pulau Jawa tp di negara Asia yg lain juga seperti Burma, India, Nepal, Laos, Thailand, China, Korea dan Japan.

  118. Jika mengenai siapa yang mendirikan ya allahhu a’lam gan walau banyak perspektif dari banyak pihak,,

  119. dari komentar yang bernada sinis dan melecehkan apa saudara2x yang sangat pinter di atas ini juga percaya kalo borobudur dibangun oleh sang budha, mana dalil2x nya ??? kan cuma dari relif di dinding candi juga….so sah-sah saja orang mengklaim sesuatu atas dasar penelitiannya sendiri…kenapa juga harus disebut kyai ngawur…edan dan lain sebagainya….anda2x saja yang tidak siap dengan pemikiran baru….

  120. lah baru sadar ternyata ini blog hurahura.wordpress….pantes saja isinya gak berimbang dan cendrung melecehkan pendapat baru yg sebenarnya juga berdasarkan kajian ilmiah…..oh iya….klaim yg menyatakan bahwa borobudur itu adalah peninggalan sang budha apa berdasarkan kajian ilmiah atau hanya katanya orang belanda yg menemukan candi borobudur yg tertimbun tanah pada tahun 1700 an


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.721 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: