Oleh: hurahura | 18 Juli 2010

Patung Sudirman & Rumah Jawa Kuno di Kampung SBY Dilelang!

Patung Jenderal Sudirman di Pacitan

Belum lekang dari ingatan kita beberapa waktu lalu ada sebuah situs yang menjual atau melelang beberapa pulau di Indonesia. Kali ini ada lagi yang berniat menjual dan melelang benda bersejarah di Indonesia.

Sebuah blog http://lelangbendaantik.blogspot.com dan http://dilelang.multiply.com melelang sebuah patung Jenderal Sudirman dan rumah jawa kuno bersejarah, Sabtu (17/7/2010).

Dalam blog http://lelangbendaantik.blogspot.com tertera tulisan ‘Dilelang’ rumah jawa kuno dan patung perunggu bersejarah. Dalam situs itu tertulis kalau patung Jenderal Sudirman ini merupakan monumen Jenderal Sudirman yang dibangun dan dibiayai sendiri oleh almarhum Roto Suwarno, di Bukit Gandrung Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Ada gambar patung Jenderal Sudirman yang diposting Sabtu, 29 Mei 2010. Ada 2 pembaca yang berkomentar kalau patung tersebut menarik. Di bawah tulisan tersebut, masih ada gambar patung Jenderal Sudirman dengan keterangan berbahasa Belanda.

Di sebelah gambar tersebut tertulis ‘Dijual secara lelang, patung perunggu bersejarah setinggi 8 meter. Patung karya seniman Saptoto tersebut saat ini berdiri megah di kawasan wisata bertaraf internasional di Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan. Kepada peminat bisa silahkan mengirimkan penawaran melalui email : bungasejati@gmail.com.’

Tidak ada nomor telepon yang tercantum di situs tersebut. Sedangkan di blog http://dilelang.multiply.com terpajang gambar rumah jawa kuno dan patung Sudirman.

Kedua gambar tersebut diposting tanggal 13 Juli 2010. Tampak sebuah rumah jawa limasan kuno dengan halaman yang cukup luas ditanami rumput nan hijau.

“Kami jual beserta pekarangan seluas 5000 M2 dan segala isinya yang terdiri dari benda benda bersejarah perjuangan terbentuknya Republik Indonesia,” kata pelelang yang ada di situs tersebut.

Dalam keterangannya, rumah itu terdiri dari dua unit bangunan berbentuk limasan ukuran 9 meter kali 12 meter. Masih sama dengan situs sebelumnya, situs ini juga tak mencantum nomor telepon yang jelas. Hanya email bungasejati@gmail.com untuk menghubungi pihak pelelang (gah/wln)

(surabaya.detik.com/17 Juli 2010)

About these ads

Responses

  1. kenapa benda2 sejarah sampai di jual, emang udah ngak ada benda lain yang sepantasnya bisa dijual tanpa harus melukai para pejuang kita,…benda sejarah merupakan bukti perjuangan yang sudah seharusnya kita abadikan untuk mengenang jasa-jasanya.

  2. abadikan benda2 peninggalan pahlawan kita,!!!hanya itu yang bisa kita berikan untuk membalas jasanya!!!

  3. katanya nasionalisme……
    katanya cinta tanah air…..
    katanya sayang bapak…..
    kok tempat tinggal bapaknya sendiri mau dijual? ?

  4. klo sampe benda brsjarah tsb. di miliki negara lain…………APA KATA DUNIA,,,,…?????????

    Ahli waris hrs brpikir 1000x lg untk menjual peninggalan para pahlawan tsb.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.721 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: