Oleh: hurahura | 23 Mei 2010

Pakar Arkeologi Islam Uka Tjandrasasmita Meninggal Dunia

Sabtu, 22 Mei 2010 – Bogor (ANTARA News) – Pakar arkeologi Islam Dr Uka Tjandrasasmita meninggal dunia dalam usia 80 tahun, Sabtu.

Almarhum yang tinggal di Cemplang Baru RT04/RW 10 Kelurahan Cilendek Barat Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar), meninggal dunia pukul 10.20 WIB setelah mengalami sakit kanker usus yang cukup lama.

Uka Tjandrasasmita yang lahir di Kuningan 8 Oktober 1930 itu terakhir aktif sebagai dosen Program Pasca Sarjana Studi Sejarah Peradaban Islam UIN Syarif Hidayatullah.

Ia menyelesaikan kuliah S-1 di Fakultas Sastra Universitas Indonesia (UI) jurusan Ilmu Purbakala dan Sejarah Kuno tahun 1960.

Arkeologi Islam merupakan bidang yang ditekuninya dan ia sempat cukup lama menjadi dosen di jurusan Arkeologi Universitas Indonesia, di samping kesibukannya di Ditjen Kebudayaan Depdikbud.

Di tahun 1980-an ia sempat menjadi Direktur Direktorat Perlindungan dan Pembinaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala Ditjen Kebudayaan, dan banyak melakukan penelitian khususnya di situs-situs peninggalan Islam di Indonesia.

Sejumlah buku telah ditulisnya, bahkan hingga usia senja ia masih meluangkan waktu menulis sebuah buku mengenai Arkeologi Islam.

Buku terakhirnya berjudul “Arkeologi Islam Nusantara” itu merupakan kumpulan tulisannya. Buku berisi 23 naksah karya Uka dibagi dalam tiga bab, yakni Arkeologi Islam dan Dinamika Kosmopolitanisme, Arkeologi Islam dan Dinamika Lokal di Nusantara dan Arkeologi Islam dan Penaskahan Nusantara.

Menurut Ketua Program Studi S1 Arkeologi UI Dr Nini Susanti, almarhum merupakan figur yang penuh dedikasi terhadap ilmu arkeologi.

“Bahkan ketika dia sakit, masih tekun dan bisa menulis sebuah buku,” kata Nini Susanti yang juga pernah menjadi murid dari Dr Uka.

“Memang sudah cukup lama beliau tidak mengajar di UI lagi, tapi kami tetap mengenalnya sebagai pribadi yang baik. Beliau tidak pernah berhenti menuangkan pikirannya di bidang arkeologi Islam,” tambahnya.(T004/A035)

About these ads

Responses

  1. Saya sebagai salah seorang yang sering membaca buku pak Uka dan sangat senang dengan setiap bukunya, turut berduka cita atas meninggalnya bapak Uka Candra Sasmita, semoga amal ibadahnya diterima disisi Allah SWT, dan semoga segala karangannya baik berupa bukunya yang lain bisa menjadi sadaqah jariyah bagi setiap pembacanya, dan mendapat pahala dari Allah SWT…….Amin…

  2. baru hari ini ,22/4/2012 saya tahu bahwa bapak Uka Tjandrasasmita telah meninggal dunia, Saya pernah ikut kuliah beliau waktu saya studi feografi di jur. Geografi Univ. Padjadjaran yang di Jakarta.Saya teman seangkatan Ika Duriati, kemanakan almarhum. Saya menyampaikan rasadukacita yang dalam pada keluarga alm. termasuk Ika. Saya sejak tahun 1964 melanglang buana. Indonesia telah kehilangan ahli sejarah dan arkeoloog yang tangguh dan berdedikasi!
    Farida A. Ishaja

  3. saya menjadi mahasiswa jurusan sastra dari tahun 2005-2009 di universitas pakuan bogor yang dulu di kenal dengan unbo… dan selama saya kuliah itu pula saya mengenal beliau sebagai dosen saya… hingga detik detik beliau wafat.. saya rasa di saat saat terakhir beliau, beliau masih aktif mengajar di Universitas Pakuan Bogor..


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.710 pengikut lainnya.